Workshop

Workshop guitar bersama George Hess dari USA

Gitaris, komposer dan pendidik asal Amerika Serikat, George Hess akan berbagi pengalaman dan ilmunya dibidang musik khususnya Jazz untuk mereka yang tertarik mengikuti workshop yang akan digelar di 28 Juni 2008 di Farabi Musik Cempaka Mas, Mega Grosir Cempaka Mas
Blok l no. 36-37 Jakarta Pusat dan 30 Juni bertempat di Rumah Musik Harry Roesli, Jl. WR. Supratman No. 57 Telp (022) 7234152 Bandung.

George Hess yang ditemui oleh Wartajazz di apartemennya dikawasan National University of Singapore (NUS) bersama Etnomusikolog Franki Raden, membenarkan rencana tersebut. “Saya akan mencoba berbagi apa yang telah saya pelajari dan ajarkan selama lebih kurang tiga puluh tahun terakhir karir saya, untuk rekan-rekan pemusik atau mereka yang baru belajar musik di Indonesia khususnya Jakarta dan Bandung”, ujar George Hess.

Anda yang tertarik bergabung atau membutuhkan informasi lebih lanjut mengenai acara yang tidak dipungut biaya ini (untuk murid Farabi Music School) dan membayar biaya Rp. 50.000 untuk umum. Anda dapat mengontak Oka 08129054143 (Jakarta) dan Rully 0812-2153828 (Bandung).

***

George Hess merupakan gitaris yang selama kurang lebih tiga puluh tahun telah mengajar dan tampil diberbagai tempat di Amerika Serikat dan kini Asia. Latar belakang musikalnya cukup bervariasi antara lain pernah tampil bersama sejumlah bintang seperti Ryo Kawasaki, Jim Nabors, Osmonds bersaudara, David Liebman, Bob Berg, Adam Nussbaum, Randy Brecker, Frank Mantooth, Conrad Herwig, dan Rufus Reid. Ia juga kerapa tampil dan tour keliling bersama kelompongnya sendiri, selain bermain untuk orkestra dan lusinan proyek musik lainnya.

Dr. Hess saat ini menjadi pengajar di Yong Siew Toh. Conservatory di Singapura. Ia mengajar music technology dan improvisation. Sebelum datang ke Singapura, ia mengajar di Central Michigan University dan mengajarkan jazz, teknologi dan teori musik, juga memimpin eBand, sebuah ensembel yang semuanya terdiri dari alat-alat elektronik.

George merupakan lulusan dari Berklee College of Music. Disana ia belajar mengenai bagaimana mengaransemen dan komposisi bersama Michael Gibbs dan guitar bersama John Damian dan Bret Willmott. Ia kemudian menyelesaikan master dan studi doktoralnya di University of Northern Colorado, mempelajari mengenai jazz pedagogy dan composition. George juga menghabiskan lima tahun belajar bersama tokoh jazz legendaris, Johnny Smith dan pernah berpartisipasi dalam master class bersama Grant Geissman dan Barney Kessel.

George akan memberikan Jazz Workshop dan Guitar Clinic yang diberi judul, K.I.S.S. (Keeping it Simple). Mengenai workshop ini, George menjelaskan lebih lanjut, “Kadang-kadang pendidikan jazz cenderung menjadi rumit, padahal itu sebenarnya sebuah hal yang sederhana saja. Seperti kata Charlie Parker pernah berkata, “It’s just playing clean and looking for the pretty notes.” Nah, mungkin kita lebih dari sekedar hal tersebut, tapi menghabiskan waktu anda untuk memikirkan bagaimana chords, scales dan tritone subs hanya akan menghasilkan permainan seperti mesin dan membuat kepala pusing”.

Dalam workshop ini, George Hess akan menunjukkan bagaimana pendekatan yang mudah dan sederhana akan memberikan hasil apa yang anda dengar ketimbang apa yang anda pikirkan. Topik lain yang akan dibahas pula antara lain Empat scales yang anda butuhkan, Easy Altered Dominants dan mengenai chord progression yang menjadi kunci dalam setiap [lagu] jazz standard.

Agus Setiawan Basuni

Pernah meliput Montreux Jazz Festival, North Sea Jazz Festival, Vancouver Jazz Festival, Chicago Blues Festival, Mosaic Music Festival Singapura, Hua Hin Jazz Festival Thailand, dan banyak festival lain diberbagai belahan dunia.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker