FestivalJazz Goes to Campus

THE 27th JAZZ GOES TO CAMPUS 2004 – EXPRESSING THE INEXPRESSIBLE

Jika tak ada aral melintang, ajang kebanggaan Mahasiswa UI dan pecinta Jazz Indonesia khususnya di Jakarta dan sekitarnya, kembali akan menikmati acara tahunan Jazz Goes to Campus yang memasuki penyelenggaraan kali ke 27 sepanjang sejarahnya JGTC digelar.

Tidak ada yang terlalu istimewa sebenarnya dari kegiatan yang usianya paling panjang dan konsisten diselenggarakan saban tahun oleh Senat Mahasiswa Fakultas Ekonomi UI ini. Namun bukan berarti lantas penyelenggaraannya hanya diadakan sekenanya saja.

Setidaknya tahun ini panitia telah menetapkan sejumlah kegiatan – seperti halnya tahun-tahun sebelumnya – tetap dilaksanakan seperti Jazz Workshop, Jazz Competition dan tentu saja pentas akbar Jazz Goes to Campus pada bulan Desember 2004 mendatang.

Panitia menetapkan tema untuk tahun ini adalah Expressing the Inexpressible, dan tentu saja tetap menjadi tujuan panitia untuk mensosialisasikan musik jazz kepada seluruh kalangan masyarakat dengan dimulai dari pelajar dan mahasiswa.

***

Margie Segers, Gilang Ramadhan, Donny Suhendra, Adi Dharmawan adalah para pembicara dalam kegiatan pertama yakni Jazz Workshop yang berlangsung meriah pada hari Kamis tanggal 7 Oktober 2004 kemarin.

Rencananya kegiatan ini akan disambung dengan Jazz Competition atau kompetisi band jazz pada tanggal 13-14 Desember 2004 mendatang. Kegiatan kompetisi ini merupakan rangkaian pembuka kegiatan 27th Jazz Goes to Campus 2004. Penekanan kegiatan ini adalah pada lomba atau kompetisi musik jazz bagi para musisi muda amatir dan lapisan umum, dengan tidak menutup kemungkinan bagi para mahasiswa yang merasa piawai dalam menyalurkan bakatnya dalam musik jazz.

Kompetisi jazz ini juga rencananya akan dimeriahkan dengan kehadiran bintang tamu. Hingga berita ini diturunkan kami belum mendapatkan konfirmasi dari panitia penyelenggara tentang tamu yang dimaksud. Namun yang pasti para pemenang dari kegiatan lomba ini akan berkesempatan tampil di acara puncak JGTC 2004 yang rencananya akan digelar di Pelataran parkir FE UI tanggal 19 Desember 2004 mendatang.

***

Setelah mengurangi panggung pada acara puncak JGTC tahun lalu, nampaknya panitia berencana kembali seperti penyelenggaraan JGTC tahun-tahun sebelumnya yakni dengan membuat dua panggung berbeda – yang diakui oleh panitia, penonton dan para artis – agak merepotkan dari sisi koordinasi.

Sejumlah nama-nama yang memang menjadi langganan sepertinya akan kembali tampil dalam line-up artis yang memeriahkan JGTC 2004 ini. Walaupun panitia belum berani mengkonfirmasi sejauh mana lobby dengan pihak artis dilakukan.

Tapi kita boleh menitipkan harapan kepada panitia untuk menampilkan suasana dan line-up yang sedikit berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. Hal ini penting, agar JGTC tidak menjadi ajang yang menjemukan karena performernya saban tahun itu-itu saja. Selamat bekerja kepada para panitia dan sampai berjumpa di bulan desember!.

Agus Setiawan Basuni

Pernah meliput Montreux Jazz Festival, North Sea Jazz Festival, Vancouver Jazz Festival, Chicago Blues Festival, Mosaic Music Festival Singapura, Hua Hin Jazz Festival Thailand, dan banyak festival lain diberbagai belahan dunia.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker