FestivalJava Jazz Festival

MELODI DAN LIRIK YANG MANIS DARI BOBBY CALDWELL

Kalau anda ingat ‘Real Thing’, ‘Heart of Mine’, ‘What Do You Want Me for Love’ dan banyak lagi hits single tahun 80-an lainnya. Dimana yang melantunkan lagu tersebut bersuara melankolis dengan melodi & lirik yang manis, dia adalah penyanyi dan juga pencipta lagu pria bermata biru Bobby Caldwell.

Tampil dua kali pada ajang Dji Sam Soe Super Premium Java Jazz Festival 2008, yaitu pada hari pertama (07/03) di Plenary Hall dan hari kedua (08/03) di Assembly 3. Dibuka dengan tembang ‘Heart of Mine’, lagu yang ia ciptakan dan dipopulerkan oleh Boz Scaggz. Pada lagu ini ia juga memainkan pianika. Selain sebagai penyanyi dan pencipta lagu, Bobby Caldwell juga dikenal mahir bermain piano dan gitar. Dilanjutkan dengan ‘All or Nothing At All’ yang dahulunya dipopulerkan oleh Al Jarreau. Lalu ‘What you won’t do for love’, yang berhasil meraih Double Platinum di Amerika Serikat dan Gold di Jepang. Beberapa dari album yang ia keluarkan selain sukses di Amerika Serikat juga meraih sukses di Jepang. Malah melebihi kesuksesan di negara asalnya, Amerika Serikat. Contohnya adalah album ‘Cat in the Hat’ (1980) yang meraih platinum di Jepang, sedang di Amerika hanya meraih Gold.

Selanjutnya ia melantunkan ‘Real Thing’ yang disambut keriuhan penonton. Siapa yang tidak tahu lagu ini.. Seisi Plenary Hall seakan ikut menyanyi semua. Sepertinya lagu inilah yang ditunggu-tunggu penggemar Caldwell. Kebanyakan hitsnya termasuk lagu ini banyak ditemukan pada kompilasi lagu-lagu dengan tag Jazzy Tunes berlabel Smoothjazz hingga sekarang. Dilanjutkan dengan ‘Come to Me’, ‘Call Me Up’, ‘Don’t worry about me’ dan ‘In The After Life’.

Karirnya sebagai pencipta lagu bisa dibilang melebihi kesuksesannya didunia tarik suara. Lagunya justru banyak menjadi hits ketika dibawakan oleh Chicago, Boz Scaggs, Peter Cetera dan Amy Grant, Neil Diamond dan Al Jarreau.

Sayangnya penampilan Caldwell kurang begitu komunikatif terhadap penonton. Sehingga lagu demi lagu berlalu begitu saja. Padahal begitu banyak penonton yang sangat hafal setiap lagu yang dilantunkan.

Penampilannya di Plenary Hall, Caldwell didampingi Patrick lamb (Tenor Saxophone), Mark Mc.Millen (Keyboards), Carlyle Barriteau (Guitar), Johnny Friday (Drums), Jean Mc. Lain (Backing Vocal) dan Roberto Vally (Bass)

Agus Setiawan Basuni

Pernah meliput Montreux Jazz Festival, North Sea Jazz Festival, Vancouver Jazz Festival, Chicago Blues Festival, Mosaic Music Festival Singapura, Hua Hin Jazz Festival Thailand, dan banyak festival lain diberbagai belahan dunia.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
WhatsApp Perlu bantuan?

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker