FestivalJava Jazz Festival

Phinisi dari Makassar – Siap Tampil di Axis Java Jazz Festival 2009

phinisi

Penampilan Phinisi, grup etnik jazz fusion dari Makassar, di JJF 2008 mengundang tanggapan yang positif dari penggemar dan pengamat musik jazz. Penampilan tersebut menjadi catatan penting bagi pengembangan jazz dimana Phinisi merupakan grup pertama dari kawasan timur Indonesia yang tampil di ajang festival jazz bergengsi tersebut. Partisipasi Phinisi di JJF memacu perkembangan jazz di kota anging mammiri sehingga animo terhadap musik jazz semakin tumbuh. Phinisi direncanakan akan tampil di Kasuari Lounge pkl. 18:00 – 19:00 tanggal 8 Maret 2009 (hari Minggu).

Pembentukan Phinisi diprakarsai oleh Hendra Sinadia, penggemar jazz yang menjadi pionir pementasan musik jazz di Makassar dengan menggelar Jazz Goes To Campus di Universitas Hasanuddin Makassar di tahun 1989 yang antara lain menampilkan Karimata band dan juga salah satu pendiri dari Makassar Jazz Society di tahun 1990. Formasi awal Phinisi yang tampil di JJF 2008 terdiri dari Burhanuddin (drums), Yogi (sax), Alex Tampi (bass), Benny Maelowa (keyboards) dan Emir (guitar) serta Imme, Nhalo dan Enho (perkusi dan instrumen tradisional). Di formasi Phinisi untuk JJF 2009 terjadi perubahan dimana Safri dan Anto mengisi posisi keyboardist dan guitaris menggantikan Benny dan Emir. Untuk perkusi, Tiar, Kamil dan Amir menangani perkusi dan instrumen tradisional Sulawesi Selatan. Sebagain besar komposisi yang dibawakan oleh Phinisi adalah instrumental. Untuk vokalis tamu, Helen Nanlohy dan Niken Asterina anggota Jakarta Broadway Singers akan tampil membawakan beberapa nomor lagu2 tradisional dari Sulsel. Phinisi mengkhususkan membawakan lagu-lagu tradisional dari bugis, makassar dan toraja yang dipadukan dengan elemen fusion jazz.

Cikal bakal kelompok Phinisi adalah grup Obsession yang juga dibentuk oleh Hendra Sinadia disekitar tahun 1995, kemudian formasi Obsession dipadukan dengan unsur-unsur musik tradisional sehingga melahirkan Phinisi band. Anggota rhytm section Phinisi seperti Bhur dan Alex merupakan session musicians yang sering tampil di berbagai pentas musik di Makassar mengiringi berbagai artis yang hadir di kota anging mammiri. Yogi yang merupakan solois andalan dari Phinisi adalah pemain saxofon yang cukup banyak pengalaman tampil dengan berbagai ragam musik dan juga berjam session dengan musisi-musisi jazz senior dari Jakarta. Pengagum Grover Washington Jr. tersebut bahkan mendapat pujian dari Bubi Chen ketika mereka tampil duet di ajang jazz beberapa tahun lalu di Makassar.

Partisipasi Phinisi di JJF tidak lepas dari dukungan pemerintah daerah kotamadya Makassar dan pemerintah provinsi Sulawesi Selatan serta dukungan dari para penggemar jazz di Makassar seperti antara lain kelompok Phinisi Jazz Net. Dengan perpaduan pengalaman pentas dan skill individu yang baik, Phinisi menjanjikan penampilan yang akan memuaskan penggemar musik jazz di Jakarta. Dengan berkaca dari semangat pantang menyerah dari pelaut-pelaut Phinisi yang melegenda, Phinisi band memiliki komitmen untuk terus “melayari” khasanah musik jazz baik di dalam maupun di luar negeri.

Tags

Related Articles

2 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker