FestivalJava Jazz Festival

Isao Suzuki: Jazz Master dari Jepang

Saya seperti bangun kesiangan saja, ketika mengetahui nama – nama musisi jazz asal Negeri Matahari Terbit yang selama ini masih terpendam, meski mereka sudah eksis dalam ranah musik jazz cukup lama. Setahu saya yang paling populer di telinga adalah dari Casiopea, Jimsaku, Kazumi Watanabe, Himiko Kikuchi sampai Sadao Watanabe, Terumasa Hino dan Toshiko Akiyoshi. Tetapi belum mengenai bassis yang satu ini, Isao Suzuki.

Musisi kelahiran Tokyo 3 Januari 1933 ini dikenal sebagai salah satu master musik jazz di Jepang. Selain sebagai pemegang bass, Isao Suzuki juga juga dikenal sebagai komposer, produser, leader dan multi-instrumentalis (lebih dari 20 instrumen musik). Suzuki mulai karier profesionalnya sejak 1956 dengan bermain bass di pangkalan militer Amerika di Tokyo dan bermain bersama George Kawaguchi, Sleepy Matsumoto dan Watanabe Sadao meski dia sendiri lulusan dari Rikkyo University dalam bidang Ekonomi.

Di tahun 1970, Suzuki berkesempatan untuk pergi ke New York dan bergabung dengan Art Blakey and The Jazz Messengers. Selain itu, Suzuki sempat bermain dan membantu rekaman beberapa tokoh legendaris jazz lain seperti Thelonious Monk, Charles Mingus, Ella Fitzgerald, Wynton Kelly, Jim Hall, Ron Carter dan masih banyak lagi

Sekembalinya di Jepang tahun 1971, Suzuki kemudian mengumpulkan beberapa musisi muda Jepang dan membentuk group Oma Sound. Selama dekade 1970an, Suzuki pernah mengeluarkan sekitar 5 album yang barangkali sekarang sudah menjadi barang langka. Salah satu di antaranya berjudul “Orang-Utan” yang dikeluarkan tahun 1975. Sekarang sudah lebih dari 50 album di-release dan beberapa di antaranya berhasil mendapatkan penghargaan Japan Jazz Prize Award. Sementara kegiatannya beberapa tahun terakhir ini adalah memperdalam musik tradisional Cina dan mencoba untuk mengombinasikannya dengan jazz.

Saksikan di Assembly 1, 18.00-19.15 wib

Related Articles

One Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker