Festival

Bersiap menanti North Sea Jazz festival 2009

northseajazz09-esperanza-spalding-book.jpg
Esperanza Spalding menghiasi cover buku program North Sea Jazz Festival 2009

Buat anda yang merencanakan jadwal liburan bersama keluarga dan kebetulan ke Eropa, mungkin agenda berikut ini dapat menjadi salah satu pilihan. Festival tahunan, North Sea Jazz Festival yang digelar saban minggu kedua bulan Juli, yang digelar di Rotterdam – sejak tahun 2006, akan kembali digelar pada 10 hingga 12 Juli 2009 akan datang.

Festival yang sudah memasuki usia 34 tahun penyelenggaran ini merupakan festival jazz terbesar didunia dengan rangkuman style jazz mulai dari traditional New Orleans jazz, swing, bop dan free jazz, sampai fusion, avant-garde jazz serta elektronika jazz. Dan tak hanya berhenti pada musik jazz, pecinta jenis musik lain seperti blues, gospel, funk, soul, hip hop, R&B, world beat dan  Latin akan mendapati sebagai menu andalan. Faktanya saban tahun North Sea Jazz Festival mampu menyedot 60,000 hingga 70,000 pengunjung yang datang dari berbagai belahan dunia dengan 16 panggung dan kurang lebih 180 konser setiap malamnya.

Siapa saja yang jadi andalan tahun ini?

Dalam press release yang dibagikan sekitar awal Mei lalu, penyelenggara menyebutkan sejumlah nama seperti kolaborasi musisi jazz legendaris Herbie Hancock dengan pianis klasik Lang Lang. Seperti tahun-tahun terdahulu, selalu ada Artist in Residence yang untuk edisi kali ini adalah saxophonist dan komposer John Zorn, yang akan mengerjakan beberapa proyek khusus setiap harinya.

Lalu ada tema khusus seperti  “Blue Note” yang menampilkan Aaron Parks, Avishai Cohen, Arie Hoenig dan Melody Gardot serta Sabrina Starke dari Rotterdam. Dan “Jazz dari Jepang” yang terbagi dalam sub tema seperti Japan Club Jazz dengan Quasimode, Soil and Pimp’ Sessions, Kyoto Jazz Massive dan DJ Toshio Matsura. Lalu Japan Jazz dengan Satoh Masahiko & Saifa, Fujii Satoko Ma-Do, Otomo Yoshihide Orchestra, plus Hiromi dan Akiko Yano.

Beberapa nama besar lain yang akan menghiasi festival yakni, BB King, grandmaster of the trumpet, Wynton Marsalis, founder easy listening, Burt Bacharach, multi talenta Steve Winwood, dan bintang George Benson yang akan menyajikan ‘A tribute to Nat King Cole’. Masih ada nama-nama lain sepert SMV (Stanley Clarke, Marcus Miller dan Victor Wooten), dan pianis Cecil Taylor.

Sementara anak-anak muda penuh bakat seperti Adele, Duffy, bassis Esperanza Spalding dan Jamie Cullum, termasuk bintang soul Anthony Hamilton, Erykah Badu dan Raphael Saadiq, juga tak ketinggalan. Belanda sendiri akan mempresentasikan bintang-bintang jazz terbaiknya seperti Eric Vloeimans, Benjamin Herman, Wouter Hamel, Yuri Honing, Toots Thielemans, Candy Dulfer, Greetje Kauffeld, Sabrina Starke dan the Susanne Alt trio, serta lainnya.

Pertunjukan yang digelar di Ahoy, Ahoy-weg 10, Rotterdam ini mematok harga tiket harian € 75,-, 3-dayticket: € 179,-
All-in ticket: € 335,- sementara tiket spesial shows sebesar € 15,-. kecuali untuk konser Herbie Hancock & Lang Langsebesar € 30,-

Tertarik?, tiket pertunjukan dijual secara online lewat halaman http://www.northseajazz.com/en/content/ticket_sale.aspx, sementara akomodasi disana juga dapat dilayani melalui situs tersebut. Anda tinggal mengontak biro perjalanan langganan anda untuk memastikan seat perjalanan anda tak kehabisan.

Selamat berlibur dan menonton!

Tags

Agus Setiawan Basuni

Pernah meliput Montreux Jazz Festival, North Sea Jazz Festival, Vancouver Jazz Festival, Chicago Blues Festival, Mosaic Music Festival Singapura, Hua Hin Jazz Festival Thailand, dan banyak festival lain diberbagai belahan dunia.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker