FestivalJazz Goes to Campus

32nd Jazz goes to Campus – Sense of Rejuvenation

32th-jazz-goes-to-campusBerawal dari sebuah pesta musik sederhana di taman Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia, Salemba pada tahun 1978, yang digagas oleh Chandra Darusman dan kawan-kawan, The 1st Jazz Goes to Campus yang kemudian mendapat akronim populer, JGTC, memulai debutnya. JGTC diadakan setahun setelah North Sea Jazz Festival, yang menempatkan JGTC menjadi salah satu event musik Jazz tertua di dunia dan Indonesiayang diinisiasi dan diorganisir oleh mahasiswa.

JGTC kini telah memantapkan posisinya sebagai festival musik Jazz yang patut diacungi jempol karena konsistensinya. Musisi Jazz papan atas Indonesia seperti Bubi Chen, (alm) Bill Saragih, Benny Likumahua, Ireng Maulana, (alm) Jack Lesmana, Krakatau Band, Indra Lesmana, Idang Rasjidi dan banyak musisi lain telah mengumandangkan musiknya di festival ini. Musisi Internasional seperti Bob James, Dave Koz, Ron Reeves, Los Cabaleros, Coco York, Lica Cecato, Claire Martin Quintet, dan Curtis King pernah meramaikan panggung JGTC.

Tahun ini, masuk di usia ke-32 JGTC mengemban peran baru sebagai mesin penggerak perkembangan musik jazz dengan cara terus proaktif dalam memberikan wadah bagi mahasiswa mengapresiasi musik Jazz. Panitia menawarkan terapan pemikiran tersebut lewat tema “Sense of Rejuvenation”. Arti kata rejuvenation itu sendiri mencoba mengambil esensi dari pembaharuan, revitalisasi, penyegaran kembali, ataupun menghidupkan kembali musik jazz di Indonesia.

Diperkirakan sekitar 23.000 akan hadir dalam acara yang digelar seharian penuh di Kampus Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia tanggal 29 November 2009 mendatang.

Mereka akan disuguhi penampilan 35 artis lokal dan internasional yang terdiri dari dari berbagai tipe musik jazz. Seperti halnya tahun lalu, tersedia 3 stage yang berada dalam komplek yang tidak terlalu jauh jarak antar panggungnya. Penampilan para artis ini, akan dilangsungkan bersamaan dengan adanya Bazzar yang terdiri dari makanan & minuman dan juga lainnya.

Selain konser juga akan digelar sejumlah kegiatan lain seperti Jazz Competition 14-15 November 2009
bertempat di Blitz Megaplex, Grand Indonesia dan finalnya 22 November 2009 di EX (Entertainment Center), Jakarta dan akan dimeriahkan Endah n Rhesa dan Soulvibe. Buat kamu yang tertarik menjadi peserta Jazz Competition pendaftaran dibuka hingga 6 November dengan membayar Rp 200.000,- untuk biaya administrasi.

Pada tanggal 21 November 2009 juga akan digelar klinik musik bersama Oele Patiselano (Guitar)Barry Likumahuwa (bass), Riza Arshad (keyboard) dan Sandy Winarta (drums). Biayanya Rp 35.000

Panitia 32th JGTC kali ini juga menggelar Road Show to Jazz Goes to Campus antara lain di Fakultas Ekonomi UGM, 11 November 2009 dengan performers: Sketsa, Endah n Rhesa, 21st night, Jazz on the Street, ESB (Economic Session Band) UGM, kemudian di Campus Centre ITB, 18 November 2009 dengan performers: Esqief and the Queenfireworks feat Syaharani, Sketsa, Indra Aryadi and friends dan IT Jazz and APRES! ITB plus di Margo City Depok, 20 November 2009 dengan performers: Margo Friday Jazz, KJK, , Soulvibe, 21st night dan jam-session bersama Benny Likumahuwa.

Tags

Agus Setiawan Basuni

Pernah meliput Montreux Jazz Festival, North Sea Jazz Festival, Vancouver Jazz Festival, Chicago Blues Festival, Mosaic Music Festival Singapura, Hua Hin Jazz Festival Thailand, dan banyak festival lain diberbagai belahan dunia.

Related Articles

4 Comments

  1. The 32nd Jazz Goes To Campus Festival ticket price:
    early bird IDR 37rb
    start from H-2 IDR 40rb.

    Jazz Clinic “Feel the Rhythm and Get the Groove” will be held at Cafe Pisa Mahakam.
    For registration and more info for Jazz Clinic contact Karin 0817788969 or Galuh 087877247802

    Ayo dataaang…. :))

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Check Also
Close
Back to top button
Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker