FestivalNgayogjazz

Klinik jazz di Ngayogjazz 2009

Ngayogjazz 2009 yang digelar di Bantul Yogyakarta tahun ini memiliki tambahan agenda yaitu adanya Klinik Jazz yang digelar pada pada 20 Nopember 2009, pukul 10:00 WIB, bertempat di Dusun Tembi, Bantul.

Ajie Wartono dari WartaJazz.com yang juga menjadi salah satu Board Director festival Ngayogjazz mengungkapkan bahwa workshop musik jazz akan dibawakan oleh tiga narasumber yang juga performer Ngayogjazz 2009. Mereka adalah Harri Stojka (Austria) yang akan memberikan workshop tentang bagaimana belajar jazz dari awal/basic, kemudian ada bassis Albert Yap (Malaysia) yang juga pentolan kelompok Eye2Eye Jazz Mix dan Bassgroove akan memberikan materi mengenai bagaimana membentuk sebuah group jazz. Disesi terakhir ada pianist/keyboardist pentolan grup Krakatau Dwiki Dharmawan yang memang piawai meramu atau meracik musik jazz dengan musik tradisi dan akan berbagai pengalamannya bagaimana melakukan hal tersebut.

Acara ini terbuka bagi umum dan gratis. Diharapkan mereka yang ingin mempelajari musik jazz dapat hadir dalam acara ini. Panitia menyarankan agar para peserta membawa alat musik, karena dimungkinkan adanya jam-session sebagai bagian dari klinik.

Acara Ngayogjazz 2009 merupakan tahun ketiga penyelenggaraan festival yang mengambil tema Jazz Basuki Mawa Beya dan akan digelar di Pasar Seni Gabusan, Bantul.

Sejumlah kegiatan lain juga sudah disiapkan misalnya peluncuran CD Kompilasi Jazz Jogja, Reriungan Komunitas Jazz Se-Indonesia, Festival Foto Ngayogjazz, dan tentu saja event pertunjukkan Ngayogjazz Bantul 2009 itu sendiri yang akan diadakan pada 21 Nopember 2009, pukul 15:00 – 24:00 WIB.

Agus Setiawan Basuni

Pernah meliput Montreux Jazz Festival, North Sea Jazz Festival, Vancouver Jazz Festival, Chicago Blues Festival, Mosaic Music Festival Singapura, Hua Hin Jazz Festival Thailand, dan banyak festival lain diberbagai belahan dunia.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker