Festival

Andien pukau publik Pekanbaru di Riau Jazzin Blast 2010

Andien saat tampil di Riau Jazzin Blast 2010
Andien saat tampil di Riau Jazzin Blast 2010

Lebih dari enam jam penonton hanya duduk-duduk didepan pangung Riau Jazzin Blast 2010 yang digelar mulai siang hari di GOR Pemuda Pekanbaru Riau, Sabtu (29/05) kemarin. Namun kondisi itu berubah tatkala Andien duduk dengan santai di bibir panggung membuka sesi kedua – usai shalat magrib – di pertunjukan berformat festival sehari tersebut.

Pada saat melantunkan lagu Sahabat Setia Andien mengajak penonton untuk berdiri dan itu langsung direspon oleh mereka yang hadir. Dan tak hanya itu, Andien mengundang dua cowok ke atas panggung dan menyanyi bersama. Fajrin didaulat menyanyi sementara Adun yang malu-malu diminta bergoyang.

Berbagi semua kisah / Canda tawa serta ceria / Air mata dalam duka / Kita masih bersama
Menghias dunia kita / Berjanji di dalam cita / kan selalu bersama / Sahabat yang setia

Itulah penggalan lirik yang membuat hampir tak ada jarak antara Andien dan penikmat musik Jazz yang hadir. Seorang kawan yang bersedia menyetir hampir tiga jam dari kota kecil Duri menuju Pekanbaru berujar, “Andien sangat komunikatif”.

Andien yang tampil untuk kali-keempat di Pekanbaru membawakan sejumlah lagu antara lain Masih Bebas, Meniti Pelangi, Pulang, Tentang Aku, Gemintang, Milikmu Selalu dan Menjelma. Temanya memang tak jauh-jauh dari urusan cinta, persahabatan dan diri sendiri. Lagu Pulang adalah satu diantara dua lagu yang belum direkam oleh Andien.

Usai ‘Milikmu Selalu’, Andien mengundang bassis tamu Barry Likumahuwa. Terdengar suara histeris dari kerumunan penonton. Meluncurlah lagu “Menjelma” dengan sedikit vokal gitaris Nikita Dompas yang juga personil dari Tomorrow People Ensemble. Bassline Barry yang diposisikan sebagai ‘lead’ diatas official bassis Bonar Abraham melakukan respon dengan permainan keyboard Ali Akbar pentolan grup kesohor The Groove. Diantara kalimat-kalimat yang dijalin antar musisi diatas panggung Rayendra Sunito (drums) menanggapi sambil sesekali Rifka Rahman (sequenser) turut menimpali.

Pada lagu ini Andien memperkenalkan personil pendukungnya satu persatu dan benar-benar dimanfaatkan oleh masing-masing personil untuk melakukan solo meski hanya sebentar. Namun yang membuat penonton tertawa adalah ketika Rifka memainkan ‘Disko Pantura’, yang terdengar plesetan lagu dangdut.

Movin On menjadi lagu penutup penampilan Andien. Rencananya lagu ini akan hadir dalam album terbarunya dimana Barry Likumahuwa juga tampil sebagai musisi tamu.

Selain Andien, Riau Jazzin Blast juga menampilkan sejumlah musisi antara lain Geliga, Urban Rhythm, Abdul & The coffee theory, Maliq D’Essentials dan Ecoutez.


Tags

Agus Setiawan Basuni

Pernah meliput Montreux Jazz Festival, North Sea Jazz Festival, Vancouver Jazz Festival, Chicago Blues Festival, Mosaic Music Festival Singapura, Hua Hin Jazz Festival Thailand, dan banyak festival lain diberbagai belahan dunia.

Related Articles

3 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker