Festival

Hongkong Jazz Festival digelar 3-9 Oktober 2010

Dikenal sebagai tempat berkumpulnya para penggemar jazz Hong Kong International Jazz Festival sekali lagi akan menghibur para jazz aficionados dan penggemar jazz muda dengan sejumlah musisi kelas dunia yang akan tampil dalam pergelaran yang dimulai dari 3 hingga 9 Oktober 2010 menawarkan program workshop dan konser yang menarik.

“The Old, the New and the Chosen Few” adalah tema yang dipilih tahun ini dengan kombinasi bakat muda baik dari Cina maupun negara asia lainnya plus tentu saja para musisi yang sudah kondang untuk menghiasi festival yang tahun ini masuk dalam tahun ketiga penyelenggaraannya. Sekitar 10 group jazz dalam enam konser menjanjikan pengalaman unik bagi para pecinta musik Jazz.

Acara perdana akan digelar di Piazza – Hong Kong Cultural Centre pada hari Minggu 3 October dengan menampilkan kelompok Logic dari Australia, The Buzz Bros Band dari Belanda, musik mereka dijelaskan sebagai  “adventurous, freely interpreted electric acoustic funky jazz”. Sylvain Gagnon Quintet, Renfrew Group dari Hong Kong, akan menampilkan sejumlah musisi muda Cina yang beberapa diantaranya belajar di Berklee College of Music, plus sejumlah musisi yang baru belajar dan tiba dari Boston.

Musisi papan atas yang akan menjadi andalan festival tahun ini diantaranya Rusconi dari Swiss, Joey Calderazzo Quartet dan Stanley Jordan dari Amerika Serikat.

Rusconi, trio dari Swiss menghasilkan energi Jazz yang penuh. Mereka disebut-sebut sebagai generasi masa depan jazz karena mampu menggerakkan para penontonnya. Kelompok ini digawangi pianis Stefan Rusconi, bassis Fabian Gisler dan drummer Claudio Strüby. Trio ini akan menjamu pengunjung Hong Kong City Hall dengan musik dari album terbaru mereka  “It’s a Sonic Life”, yang terinspirasi dari super Rock group ‘ Sonic Youth ‘.

Joey Calderazzo memiliki reputasi sebagai pianis yang tak memiliki rasa takut. Ia adalah anggota dari  Branford Marsalis dan mendiang saxophonist Michael Brecker. Kini Joey memimpin grupnya sendiri.

Steinar Raknes adalah salah satu bassist jazz asal Norwegia yang mengembangkan karirnya ke arah yang berbeda. Pencipta lagu ini kerap tampil bersama trionya selain bersama Skaidi, duo yang dibentuknya bersama penyanyi Sami kenamaan Inga Juuso, dimana nyanyian Yoik tidak dikenal di Hongkong.

Stanley Jordan
Stanley Jordan

Guitar Hero Stanley Jordan dikenal luas kaerna penjualan albumnya “Magic Touch” tahun 1985 dan sempat dinominasikan Grammy kala itu. Siapa yang tidak mengenal teknik ‘tapping’ dimana gitar tidak dimainkan secara dipetik melainkan di sentuh.

Deretan performer Festival lainnya antara lain Wild Grappa Fruit dari France, Pekka Pylkkanen Global Unit, Ronan Guilfoyle dari Irlandia, John Thomas Trio dari Malaysia.

“Kami berharap bisa memberikan penonton kesan yang mendalam dari berbagai musik yang disajikan,” ujar Direktur Festival Peter Lee. “Tak jadi soal apakah anda jazz aficionado atau masih baru mengenal jenis musik ini. Anda akan mendapatkan bunyi-bunyian cantik dari program yang kami tawarkan dan semoga dapat menambah wawasan musik anda.”

Agus Setiawan Basuni

Pernah meliput Montreux Jazz Festival, North Sea Jazz Festival, Vancouver Jazz Festival, Chicago Blues Festival, Mosaic Music Festival Singapura, Hua Hin Jazz Festival Thailand, dan banyak festival lain diberbagai belahan dunia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker