Festival

Digelar Medan Jazz Nation, Sumatera International Music Festival 2011

Jika Jazz tumbuh diberbagai daerah di Indonesia bisa jadi karena jenis musik yang kaya improvisasi ini kembali menghiasi ruang publik masyarakat kita. Tak kenal maka tidak tahu, begitu barangkali kuncinya.

Sebagai salah satu kota besar dibagian barat Indonesia “Demam” jazz juga sampai di kota Medan. Pelan namun pasti bakat-bakat terpendam di aliran musik ini semakin berani menampilkan diri.

Medan memiliki sebuah komunitas bernama Medan Jazz Community, mereka mencoba mengakulturasikan aliran musik Jazz dengan musik etnis/tradional daerah dari berbagai etnis lokal yaitu Batak (Toba, Karo, Simalungun, FakFak Dairi, Mandailing) dan Melayu. Kelompok ini sempat tampil di Java Jazz Festival 2009 lalu. Mereka telah merilis dua album dan masuk dalam salah satu band favorit dari sepuluh band yang terpilih di Music Road Rhythm Program oleh US Dept. Of Foreign Affairs.

Potensi diatas dibaca oleh Dimardi Abas, pecinta musik jazz dan pendiri dari KISS Group FM, bersama teman-temannya yang menggandeng Dinas Kebudayaan dan Pariwisata kota Medan lalu berinsiatif untuk mengadakan Medan Jazz Nation, Sumatera International Music Festival 2011, sebuah acara yang akan diadakan di Plaza Medan Fair dan The View Music Lounge and Bar, Grand Swiss-bel Hotel Medan pada hari Jumat 27 hingga Sabtu 28 Mei 2011.

Selain menampilkan Medan Jazz Community, sejumlah musisi dijadwalkan akan tampil, mereka antara lain Yeppy Romero P, Nita Aartsen Quattro, Tengku Ryo, Dwiki Dharmawan World Peace Ensemble, Idang Rasjidi.

Sebagai bagian dari program Medan Jazz Nation, Sumatera International Music Festival 2011, akan digelar pula audisi pencarian bakat band jazz akan dilakukan di beberapa kampus universitas di kota Medan. Tiga band finalis akan diadu kepiawaiannya dalam memainkan musik jazz. Band terbaik akan mendapat kesempatan tampil bersama Dwiki Dharmawan Band saat kegiatan festival berlangsung.

Untuk menandai pembukaan Medan Jazz Nation, Sumatera International Music Festival 2011, pada tanggal 27 Mei 2011 sejumlah pengusaha kota Medan akan menyumbangkan beberapa pohon yang digunakan untuk menggalakkan penghijauan di kota Medan. Bersama dengan walikota, para artis yang ikut tampil di festival akan melakukan penanaman pohon bersama.

Tags

Agus Setiawan Basuni

Pernah meliput Montreux Jazz Festival, North Sea Jazz Festival, Vancouver Jazz Festival, Chicago Blues Festival, Mosaic Music Festival Singapura, Hua Hin Jazz Festival Thailand, dan banyak festival lain diberbagai belahan dunia.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker