Festival

Surabaya, bersiaplah menanti Just Jazz Festival 2012 – Tribute to Franky Sahilatua

The Just Jazz Festival Surabaya 2012
The Just Jazz Festival Surabaya 2012The Just Jazz Festival Surabaya 2012

Just Jazz Festival hadir kembali! Kalau tahun 2011 lalu hadir dengan main theme “Tribute to Gombloh”, Just Jazz Festival 2012 kali ini akan membawa tema utama “Tribute to Franky Sahilatua”. Masih berumah di Driving Range Ciputra Golf – CitraRaya, acara akan digelar di 2 Juni 2012, mulai pukul 15.00 WIB hingga selesai.

Kenapa Tribute?
Tribute, yang juga berarti penghormatan, memiliki sebuah arti besar untuk serangkaian event Just Jazz 2012. Pemikirannya sederhana, ingin menghidupkan dan mengenalkan kembali, karya musisi-musisi yang pernah jaya di masanya, kepada masyarakat.

Siapa musisi legendaris Surabaya yang musiknya akan dipersembahkan di Just Jazz Festival 2012? Banyak orang pasti sudah pernah mengenal Franky Sahilatua. Musisi asal Surabaya, yang mulai dikenal publik, sejak paruh kedua dekade 1970-an. Bersama Jane adiknya, mereka membentuk Franky & Jane, dan terkenal lewat beberapa lagu seperti Musim Bunga, Balada Ali Topan, dan Siti Julaika.
Berangkat dari pemikiran, bahwa masyarakat Surabaya perlu untuk mengenal lebih dalam sosok musisi-musisi asal kota mereka sendiri, maka dari situlah kata Tribute terlahir.

Just Jazz Festival 2012, akan menghadirkan Shadow Puppet, Andezzz live D’Jazz set, Drew, Gugun & the Blues Shelter, Riza Arshad Trio-an dan Orient Express (US Navy band). Sementara Nikita Dompas, sebagai music director Just Jazz Festival 2011 lalu, kali ini berperan sebagai music consultant untuk seluruh rangkaian Just Jazz 2012. Tahun ini, Just Jazz Festival dikemas di 2 Juni sebagai rangkaian kado untuk ulang tahun Surabaya ke 719 yang jatuh pada 31 Mei.

Tribute to Franky Sahilatua akan dikemas dengan warna yang berbeda-beda, karena tiap band akan punya PR-nya masing-masing dalam mengolah lagu karya Franky. Beberapa diantaranya adalah Bis Kota oleh Gugun Blues Shelter, Perahu Retak oleh Riza Arshad Trioan, Terminal dan Kemesraan yang masing-masing dibawakan Drew dan Shadow Puppets. Puncaknya adalah Pancasila Rumah Kita yang diaransemen secara jazz oleh Irsa Destiwi (pianis Shadow Puppet) yang akan menjadi kolaborasi all stars dari semua bintang yang tampil di festival tahun ini.

Pancasila Rumah Kita sendiri secara khusus dipilih untuk menyampaikan pesan khusus bagi generasi muda Indonesia, dimana lagu ini akan dikemas sebagai karaoke massal dengan giant screen di kanan-kiri panggung sehingga pesan-pesan penting dari lagu ini tersampaikan pada para penonton. Sebagai penutup, kami akan menerbangkan 2000 Balloons of Hope, dimana para penonton menerbangkan harapan untuk Indonesia ke langit Surabaya dengan warna-warni glow stick.

Just Jazz Festival 2012 kali ini berbeda dengan sebelumnya, dengan kehadiran Community Stage dan penampilan 3 band pemenang Just Jazz Goes To School yang bekerjasama dengan J-Trax JTV.

Community Stage. Stage khusus ini bertempat di Palimanan Resto, yang akan menghadirkan komunitas-komunitas Jazz di Surabaya dan beberapa kota lainnya di luar Surabaya. Sebut saja komunitas Rompok Bolong dari Malang; CTwosix Jazz Club, Goci Fussion Jazz Community, dan Korek Jazz dari Surabaya; Breaktime Blues Community dari Jakarta, dan Gubuk Jazz dari Riau.

Just Jazz Goes To School. Ajang kompetisi sebagai rangkaian Just Jazz Festival Surabaya ini berlangsung atas kerjasama antara ThinkTank! Production dan JTrax JTV. 3 band yang akan tampil di panggung Just Jazz Festival, adalah Six Flat (SMKN 9 Sby), Canopy (St. Louis 1 Sby), dan in Major 7 (SMKN 9 Sby), dan mereka sudah melalui tahap audisi yang diselenggarakan di Alkafellaz Studio sejak akhir April lalu. Selain akan tampil di panggung utama Just Jazz Festival, seluruh band tersebut juga akan mendapatkan coaching clinic dengan all talents Just Jazz Festival 2012 pada 1 Juni 2012 mendatang.

Informasi lebih lanjut mengenai Just Jazz Festival 2012, silahkan menghubungi Gema Swaratyagita 08179319262 atau Kika Dhersy Putri 081330509897 atau klik : www.justjazzfestival.com

Agus Setiawan Basuni

Pernah meliput Montreux Jazz Festival, North Sea Jazz Festival, Vancouver Jazz Festival, Chicago Blues Festival, Mosaic Music Festival Singapura, Hua Hin Jazz Festival Thailand, dan banyak festival lain diberbagai belahan dunia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker