Festival

Copenhagen Harbour Jazz Festival, menyuburkan tradisi jazz klasik

Queen Jazz Band di Copenhagen Harbour Jazz
Queen Jazz Band di Copenhagen Harbour Jazz

Selalu ada upaya untuk kembali memurnikan Jazz atau usaha kembali mendengarkan bagaimana Jazz bermula. Barangkali kegiatan Copenhagen Harbour Jazz bisa disebut salah satu festival Jazz di Eropa yang masih memegang teguh tradisi memainkan jazz Swing di akhir pekan.

Kegiatan selama tiga hari digelar di kota Kopenhagen, ibukota Denmark yang terletak di sebelah utara Jerman yang dikenal sebagai salah satu kota terbaik didunia untuk ditinggali.

Acara tahun ini akan digelar dari tanggal 14 hingga 16 September 2012 bertempat di Nyhavn Ankeret, Tango Y Vinos Argentinean Wine Bar dan Charlie Scott’s (Selina), indoor dan outdoor venue.

Sejumlah musisi beraliran Swing, New Orleans Jazz, Swing, Second Line, Boogie-Woogie akan hadir memeriahkan seperti Queen of Jazz Band yang bermain jazz diatas sebuah perahu dan akan mengitari kanal.

Lalu ada penyanyi Anne Kristine Lauritzen, Majken & Fjeldtetten, Baked Beans Jazz’ers with Eva Lolle – Classic Jazz. Band swing-blues Barkerole Jazz Group, Brass Flavour – Untraditional traditional jazz serta klarinetis Erik “Krølle” Andersen dan kawan-kawan.

Jika anda menyukai musik seperti yang dimainkan Sidney Bechet bisa menyimak penampilan Henning Munk & Plumperne feat. Freddie John, seorang peniup trombone kenamaan asal Swedia.

Anda berpikir yang tampil adalah hanya orang tua di festival jazz bertema tradisi ini?. Anda keliru, karena ada Jack Street yang terdiri dari Björn Ingelstamn (trumpet, vokal), Jeppe Zacho (saxophone, vokal), Morten Jessen (trombone), Johannes Buhl Andresen (piano), Morten Mandel (bass, tuba, vokal), Andreas Svendsen (drums), kelompok anak muda yang memainkan melodi jazz tradisional terasa segar.

Musisi atau grup lain yang akan turut berpartisipasi antara lain Johan Bylling Lang Trio, Kloster Band, Peruna Jazzmen dan Jazz Bravour. Plus bakal hadir pula Piano Battle dengan para pianis yakni Lasse “Boggie” Jensen, Frank Rothstein – “Boppin’ Frank” dan Tom Skovgaard.

***

Sejak tahun lima puluhan, Kopenhagen kerap menggelar konser jazz yang mengetengahkan musisi jazz tradisional dan klasik terbaik dunia yang singgah ke kota ini.

Awalnya Copenhagen Harbour Jazz memiliki nama Foreningen Copenhagen Harbour Jazz. Tujuan utama dari asosiasi ini adalah menyediakan sarana untuk mereka yang tertarik mempelajari musik jazz klasik.

Festival yang digelar dengan dengan pelabuhan ini memiliki beberapa venue besar dan kecil. Sebuah alasan agar pengunjungnya dapat berjalan kaki mengitari satu venue dengan yang lain sehingga mereka dapat menyaksikan beberapa penampilan band dalam setiap harinya.

Salah satu tempat menarik dengan panggung Jazz adalah Nyhavns Ankeret, yang merupakan pelabuhan komersial sejak 1673. Pebisnis, turis dan banyak orang datang ke Nyhavn untuk menikmati suasana, sajian makanan yang lezat, bir dingin dan musik jazz sambil bercengkerama.

 

Tags

Agus Setiawan Basuni

Pernah meliput Montreux Jazz Festival, North Sea Jazz Festival, Vancouver Jazz Festival, Chicago Blues Festival, Mosaic Music Festival Singapura, Hua Hin Jazz Festival Thailand, dan banyak festival lain diberbagai belahan dunia.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker