FestivalJazz di SamarindaMahakam Jazz Fiesta

Mahakam Jazz Fiesta digelar di tepi sungai Mahakam Samarinda, 3-4 November 2012

Setelah sukses menyelenggarakan Ramadhan Jazz Festival, kali ini WartaJazz kembali mempersembahkan sebuah perhelatan perdana bagi masyarakat pecinta musik di kota Samarinda dan kota-kota yang berdekatan dengan ibukota provinsi Kalimantan Timur ini dengan menggelar acara bertajuk “Mahakam Jazz Fiesta” Samarinda (MJFS) yang akan diselenggarakan pada hari Sabtu-Minggu, 3 dan 4 November 2012 bertempat di Coffee Time yang lokasinya disamping Jembatan Mahakam Samarinda.

Sejumlah bintang jazz asal Jakarta dan Bali akan hadir memeriahkan acara festival jazz perdana di Kalimantan ini. Mereka yang datang antara lain Barry Likumahuwa Project, Rieka Roslan, Wayan Balawan, Sandy Winarta, Dennis Junio, Adi Darmawan, Nita Aartsen dan penyanyi Matthew Sayerz. Tampil secara khusus legenda Jazz Indonesia, Benny Likumahuwa.

Selain itu sejumlah band dari Kalimantan Timur juga akan turut memeriahkan antara lain Harmonic’s, Borneo Bass Line dan Ebony Band dari Samarinda, lalu Edelweiss, Deni Urband Jazz dan Four Fantasy dari Balikpapan. Serta Orkes Sekar Kedaton Tenggarong dan Mahakam Jazz dari Handil KuKar.

Agus Setiawan Basuni selaku Festival Director mengungkapkan, “Acara ini merupakan sumbangsih kami dari WartaJazz untuk menggali potensi musisi-musisi Jazz berbakat dari Kalimantan Timur. Selain itu kami berharap acara ini bisa menjadi agenda wisata tahunan bagi kota tepian, Samarinda”.

Lebih jauh mengenai kegiatan Mahakam Jazz Fiesta, Aji Wartono selaku Program Director menjelaskan, “Selain pergelaran musik, MJFS juga mengajak partisipasi rekan-rekan yang tertarik dalam dunia fotografi dengan menyelenggarakan lomba fotografi sekaligus pameran fotografi jazz”.

Panitia juga menyiapkan acara tambahan berupa pemutaran film jazz, bazaar yang diisi dengan merchandise MJFS serta menampilkan koleksi album-album Jazz Indonesia.

Acara Mahakam Jazz Fiesta didukung penuh oleh Djarum Super Mild dan Pemerintah Kota Samarinda. Kegiatan festival jazz ini menjadi rangkaian dari Festival Mahakam XII.

Bapak Roland Halim dari Djarum Super Mild mengungkapkan ”Indonesia merupakan salah satu pasar Jazz terbesar di dunia dan Djarum Super Mild sebagai lifestyle product berkualitas tinggi asli Indonesia ingin ikut mendukung perkembangan musik berkualitas di Indonesia khususnya di Samarinda ini.  Sehingga dengan terselenggaranya Djarum Super Mild Mahakam Jazz Fiesta, yang merupakan festival jazz yang pertama di pulau Kalimantan ini, kami berharap audiens mendapatkan pertunjukan bermutu dan potensi-potensi jazz baru dapat tergali dan terekspos secara nasional maupun internasional.”

Sementara itu HM Faisal Kepala Dinas Kebudayaan, Pariwisata & Kominfo Kota Samarinda menegaskan dukungannya, “Menyongsong go to national event 2013 nanti, kami memulainya tahun ini sebagai try out dengan Mahakam Jazz Fiesta yang berskala nasional”.

Kegiatan Mahakam Jazz Fiesta di organise oleh Jalamaya Productions – sister company WartaJazz, juga turut didukung komunitas Jazz, Mahakam Jazz River dan Balikpapan Jazz Lovers, serta Coffee Time Samarinda dengan dukungan media partner: RRI Pro 2 Samarinda, KPFM 96,8 FM, M Radio 102.7 FM , Dino 90.9 FM, Majalah E-Musikaltim, Majalah Apakabar, JanganTulalit.com, ABODMU.net dan OkeZone.com

Informasi lebih lanjut mengenai Mahakam Jazz Fiesta silakan menghubungi:
Agus Setiawan Basuni 081927825299
Ajie Wartono 08122701719

Tags

Agus Setiawan Basuni

Pernah meliput Montreux Jazz Festival, North Sea Jazz Festival, Vancouver Jazz Festival, Chicago Blues Festival, Mosaic Music Festival Singapura, Hua Hin Jazz Festival Thailand, dan banyak festival lain diberbagai belahan dunia.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker