FestivalJazzTraffic

Tohpati Bertiga, G-Pluck Beatles, dan Gugun Blues Shelter “Panas”-kan Jazz Traffic Festival 2012 Surabaya

Tohpati Bertiga tampil memukau di panggung Indoor Exhibition Hall Grand City Surabaya. Trio yang digawangi gitaris Tohpati, drummer Aditya Wibowo, dan bassis Indro Harjodikoro memuncratkan atmosfer rock bercampur blues dengan lagu-lagu “I Feel Great“, “Bertiga“, dan cover instrumental dari nomor legendaris Led Zeppelin, “Black Dog”.  Trio yang terbentuk sejak tahun 2011 ini membawakan kompisisi jazz rock progresif. Ritme cepat yang dimainkan Tohpati dan Indro Hardjodikoro disambut  Bowie dengan gebukan drum yang intens membuat penampilan trio ini sebagai salah satu pertunjukan yang wajib untuk ditonton dalam Jazz Traffic Festival tahun ini di Surabaya.

Para penggemar band The Beatles bisa sedikit mengobati rasa rindu atau pun melihat kembali kejayaan-kejayaan atau pun warisan-warisan band asal Liverpool, Inggris tersebut di masa kini. G-PLUCK, band asal Bandung, menjadi band cover The Beatles yang secara keseluruhan mirip bahkan hampir sama dengan The Beatles yang beranggotakan John Lennon (Vokal, Gitar), Paul McCartney (Vokal, Bass), George Harrison (Gitar, Vokal), dan Ringo Starr (Drum, Vokal). Keaslian musik dan lagu-lagu The Beatles tetap dijaga dan ditampilkan ulang sebagaimana para personil The Beatles memainkannya di masa-masa kejayaan The Beatles kurang lebih 50 tahun yang lalu.

G-PLUCK Beatles sendiri merupakan band jiplakan The Beatles (G-PLUCK = Jiplak) yang beranggotakan Awan Garnida (Vocal, Bass Guitar) berperan sebagai Paul McCartney, Adnan Sigit (Vocal, Rhythm) sebagai John Lennon, Wawan HID (Vocal, Lead Guitar) sebagai George Harrison dan Beni Pratama (Vocal, Drums & Percussion) sebagai Ringo Starr.  G-PLUCK Beatles Band adalah salah satu dari sekian banyak band yang mengenang The Beatles. Band yang terbentuk di awal tahun 2000 ini pernah mengisi acara Beatles Week Festival di Liverpool pada Agustus 2008 dan merupakan satu satunya wakil Asia Tenggara. Awan Garnida sendiri yang berperan sebagai Paul McCartney harus memainkan gitar bass dengan tangan kiri sebagaimana Paul McCartney yang merupakan musisi kidal dengan tujuan tentu saja untuk mempertahankan keaslian The Beatles secara keseluruhan. Busana, gaya rambut, gaya permainan, bahkan suara Adnan Sigit yang berperan sebagai John Lennon bila kita dengarkan lebih dalam ada kemiripan suara dengan John Lennon sendiri. G-PLUCK Beatles Band memang pantas menjadi reinkarnasi The Beatles yang bubar di awal-awal 1970 lalu. Penonton pun dibuat serasa menikmati kembali Penampilan John Lennon dan kawan-kawan di Festival Jazz ini.  “I Want to Hold Your Hand” dijadikan sebagai lagu penutup untuk memuaskan ratusan Beatlemania.

Setelah cukup panas dengan aksi G-PLUCK, penonton kembali dimanjakan dengan penampilan Gugun Blues Shelter.  Band yang terdiri dari tiga personil, yaitu Gugun (gitar), Jono (bass), Bowie (drum) memiliki karir yang cemerlang dalam usia yang relatif muda. Gugun Blues Shelter terbentuk pada tahun 2004 di Jakarta dengan nama awal The Blues Bug memiliki pengaruh musik yang kuat dari Jimi Hendrix, Stevie Ray Vaughn, Bettie Davis, dan Led Zeppelin.

Get the Bug (2004), Turn It On (2007), dan Gugun Blues Shelter (2010) merupakan tiga album yang telah dihasilkan Gugun Blues Shelter hingga saat ini. Hampir setiap albumnya mendapatkan sambutan yang meriah di belantika musik, terutama untuk album “Turn It On”. ” Jazz traffic itu artinya macet jazz, klo jazz-nya macet mari kita nge-blues!” ucap Jono disela-sela penampilan Gugun Blues Shelter. Ucapan Jono tersebut disambut tawa dan juga tepuk tangan dari ratusan penonton yang sudah menunggu aksi dari band yang baru saja bermain di Amerika Serikat  sebelum perhelatan Jazz Traffic Festival di Surabaya. Lagu-lagu seperti “When I See You Again“, “Set My Soul On Fire” , dan “Turn It On” mampu membuat penonton bergoyang sesuai ritme dan irama lagu.

Bagus Kristomoyo

Jazz-holic and Frame-chaser

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker