Festival

Dari Surabaya Yohanes Gondo Trio siap ramaikan Indonesian Jass Festival

yohanes-gondo-trio

Salah satu performer yang siap menyuguhkan penampilan terbaiknya adalah Yohanes Gondo dalam formasi Trio yang terdiri dari pianis Yohanes Gondo, drummer Dhanny Ugik Wahyu dan ahot atau Graha Ryzkyka pada upright bass.

Menurut pengakuan pria asal Yogyakarta yang kini menetap di Surabaya itu, mereka akan memainkan komposisi standard dengan konsep komunikatif dan tidak terlalu mengedepankan teknik, namun lebih menyuguhkan permainan spontan yang nyaman diantara sesama personil dan komunikasi dengan audiens.

Kelompok Yohanes Gondo Trio terdiri musisi Surabaya dan Malang. Yohanes Gondo sendiri belajar piano dengan almarhum Bubi Chen sementara Dhanny Ugik Wahyu adalah murid drummer Edy Syahroni. Lain halnya dengan Ahot yang menimba ilmu kontra bass bersama Totok Aviat (bassis asal Surabaya) dan Agung Prasetya (bassis asal Yogyakarta)

Mereka berencana memainkan komposisi-komposisi standard yang cukup dikenal audiens seperti The Song Is You milik Jeremy Kern, Autumn Leaves, Blue Moon dan One.

Ketika ditanya soal album kelompok yang sudah berusia tiga tahun ini, Yohanes Gondo mengungkapkan bahwa sudah ada beberapa karya dengan komposisi sendiri, namun masih dalam proses kreatif.

Yohanes Gondo Trio telah mengikuti sejumlah kegiatan Jazz cukup bergengsi di Indonesia seperti Ngayogjazz (2011 dan 2012), Jazz Gunung (2012), Jazz Traffic (2011 dan 2012). Mereka juga aktif dalam kegiatan komunitas seperti Jazz Mben Senen Yogyakarta, Etawa Jazz Yogyakarta, Jazz Ngisoringin Semarang, Jazz Corner Rompok Bolong Malang, komunitas FJC Surabaya, KJK dan Chick Jazz Community Rawamangun Jakarta.

Yohanes Gondo juga mengungkapkan, “IJF menurut saya sangat bagus. Positif. Merangkul musisi-musis legend seperti Idang Rasjidi, Benny Mustapha,  Margie Siegers, Jilly Likumahua. Dan musisi-musisi muda Indonesia termasuk juga kami yang dari daerah”.

Yohanes Gondo Trio dijadwalkan tampil dalam Indonesian Jass Festival 2013 di Essence Stage pukul 17.00 wib.

 

Agus Setiawan Basuni

Pernah meliput Montreux Jazz Festival, North Sea Jazz Festival, Vancouver Jazz Festival, Chicago Blues Festival, Mosaic Music Festival Singapura, Hua Hin Jazz Festival Thailand, dan banyak festival lain diberbagai belahan dunia.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker
WhatsApp Perlu bantuan?