Festival

Jazz Traffic 2013 Malam Hari: Easy, Groovy, Jazzy

Setelah break maghrib, penonton dikejutkan dengan penampilan band yang berisikan musisi-musisi muda berbakat Indonesia, Indonesia Youth Regeneration (IYR), di Outdoor Stage. Band yang seharusnya dijadwalkan manggung sebelum break maghrib ini akhirnya tampil dengan memboyong Matthew Sayerz untuk berkolaborasi dengan mereka. Penampilan mereka yang memukau benar-benar sukses dalam menghidupkan semangat penonton setelah sedikit padam karena terpotong break Maghrib. Jazz Traffic Festival 2013 is back on!

Debut Andien di Jazz Traffic Festival (Alfan WJ)
Debut Andien di Jazz Traffic Festival (Alfan WJ)

Setelah pemanasan di Outdoor Stage dengan penampilan IYR, sebagian penonton beralih ke Exhibition Stage untuk melihat penampilan Andien. Andien membawakan beberapa hits miliknya seperti Moving On, Gemilang dan juga Teristimewa. Andien sebisa mungkin mendekatkan dirinya dengan penonton di penampilan pertamanya di Jazz Traffic Festival ini. Kejadian unik dalam penampilan Andien di panggung JTF ini adalah pada saat dia duduk di panggung dan mengajak para penonton untuk menyanyi bersama, Andien sempat kesusahan saat hendak berdiri kembali. Sejauh yang saya ingat, penampilan Andien adalah salah satu penampilan terbaik di Jazz Traffic Festival tahun ini.

When Ludruk Meet Jazz, Kartolo vs Kanelop (Iyori WJ)
When Ludruk Meet Jazz, Kartolo vs Kanelop (Iyori WJ)

Ada yang berbeda dengan Jazz Traffic Festival tahun 2013 ini. Bagaimana tidak, di tahun ini JTF mencoba mengkolaborasikan musik jazz dengan banyolan khas Cak Kartolo, seorang legenda Ludruk di Indonesia. Cak Kartolo berkolaborasi dengan Kanelop di Convention Hall Stage, bertepatan dengan penampilan Andien. Penonton dan wartawan yang menonton pun tak henti-hentinya tertawa sepanjang penampilan Kartolo dan Kanelop ini. Kanelop yang kali ini tampil dengan formasi Koko Harsoe, Dodot Suhargo, Bogie Prasetyo, Michel Hack dan Eko ini mengiringi Kartolo dalam kidungan. Setelah Kartolo meninggalkan panggung, Kanelop pun melanjutkan penampilannya dengan membawakan musik bernuansa jazz khas miliknya.

Raisa Tampil Atraktif di JTF2013 (Alfan WJ)
Raisa Tampil Atraktif di JTF2013 (Alfan WJ)

Selain Andien, JTF2013 juga merupakan debut Raisa dalam ajang Jazz Traffic Festival. Lebih dari 1000 orang yang memadati Outdoor stage demi melihat debutnya tersebut. Penampilannya yang sangat atraktif sukses mengajak penonton ikut menyanyikan lagu-lagu yang dibawakan olehnya seperti Serba Salah, Bye Bye, Terjebak Nostalgia, Pemeran Utama dan hits miliknya lainnya. Ia menutup penampilannya dengan membawakan lagu Could It Be Love. YourRAISA — julukan untuk para fans Raisa — bisa dipastikan dapat pulang dengan senyuman penuh kepuasan atas penampilan penyanyi bertanahkelahiran Jakarta ini.

BLP Tampil Kompak (Iyori WJ)
BLP Tampil Kompak (Iyori WJ)

Barry Likumahuwa Project tidak absen pada gelaran Jazz Traffic 2013 ini. BLP membuka penampilan mereka dengan Intro yang sangat asik, yang kemudian langsung disambungkan dengan lagu Mati Saja milik mereka. Bubu Giri juga ikut menyumbangkan kolaborasinya pada penampilan BLP kali ini. Pada lagu Walkin’ With The Bass, kini giliran Barry mengundang Nicky Manuputty untuk berkolaborasi dengannya. Nicky Manuputty memang sudah sering bermain bersama BLP, terutama di lagu Walkin’ With The Bass dan juga The Journalist yang ada di album Good Spell (2008). Kejutan lain dari BLP adalah saat Matthew Sayerz naik ke panggung untuk naik ke panggung. Bagaikan seseorang yang bertemu dengan kekasih lamanya, Matthew Sayerz disambut oleh para penonton seakan-akan menginginkannya untuk bergabung kembali dengan band lamanya tersebut. Penampilan Barry Likumahuwa Project ini kemudian ditutup dengan membawakan lagu Generasi Sinergy. Bedanya dengan saat pagelaran Jazz Gunung 2013 kemarin, di tengah lagu ini, Barry Likumahuwa Project juga membawakan lagu Surabaya Oh Surabaya selain membawakan lagu Indonesia Pusaka.

Tulus Salah Satu Artist Yang Paling Ditunggu (Alfan WJ)
Tulus Salah Satu Artist Yang Paling Ditunggu (Alfan WJ)

Lain halnya dengan penampilan Tulus dan Eva Celia bersama LLW. Penampilan perdana mereka di Surabaya benar-benar membuat macet Grand City, tempat Jazz Traffic 2013 ini berlangsung. Kolaborasi Eva Celia dan band sang ayah, LLW, merupakan salah satu show yang paling menarik di JTF 2013. Bagaimana tidak, untuk menonton show tersebut penonton harus antri sejak lantai dasar,padahal show dilakukan di lantai 3. Antrian panjang ini sempat berlangsung sekitar 30 menit, sampai akhirnya pintu Convention Hall stage dibuka oleh pihak panitia. Yang berbeda pada penampilan LLW kali ini adalah formasi mereka dengan adanya Raffi dan Chairis. Meski sudah sering menghibur penikmat musik jazz Surabaya, penampilan LLW tetap ditunggu-tunggu.

Penampilan Tulus juga tak kalah menyedot perhatian para pencinta jazz. Lebih dari 1000 orang rela menunggu penampilan perdana Tulus di Surabaya tahun ini. Para debutan di pentas musik surabaya, ternyata langsung mampu membuat macet event jazz tahunan ini. Di penampilan pertamanya ini, Tulus membawakan beberapa lagu seperti Teman Pesta, Jatuh Cinta, dan Tuan Nona Kesepian. Penampilannya ditutup dengan lagu Teman Hidup dan Sewindu, yang pastinya sudah dinanti-nantikan oleh para fansnya.

Glenn Penutup Pagelaran JTF2013 (Alfan WJ)
Glenn Penutup Pagelaran JTF2013 (Alfan WJ)

Penampil terakhir di Jazz Traffic Festival tahun ini adalah Glenn Fredly. Penyanyi yang juga tampil pada ajang Jazz Traffic Festival 2011 lalu ini beraksi di outdoor stage dengan crowd yang sangat padat. Lagu yang dibawakan olehnya adalah Kau, Sedih Tak Berujung, Habis, Malaikat Juga Tahu, dan Belum Saatnya. Glenn Fredly juga tak lupa mengucapkan bahwa dia merasa senang dipilih menjadi artist penutup acara jazz tahunan ini. Dia juga terkagum-kagum atas antusias para penonton Jazz Traffic Festival 2013 yang tetap setia menanti penampilannya meski sudah larut malam.

***

Bagi kalian yang belum menonton Jazz Traffic Solo 2013 maupun Jazz Traffic Festival 2013 di Surabaya ini, jangan khawatir. Masih ada Djarum Super Mild Jazz Traffic Jogja 2013 yang mengusung tema When Jazz Meet Blues di Grand Pacific Hall Jl. Magelang, Jogjakarta pada 7 Desember 2013 mendatang. Pack your bags, and we’ll meet you there!

Iyori Kharisma

Kontributor WartaJazz.com. Suka menulis, suka jazz, dan suka makan. I'm not Michael Buble, people. Stop calling me Michael.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker