Festival

Sajian 40 band dari 18 negara hiasi Jazzahead! 2018

40 band dari 18 negara akan tampil di panggung jazzahead! yang terdiri dari Polish Night (19/04), European Jazz Meeting (20/04), German Jazz Expo dan Overseas Night (21/04) dengan tawaran pilihan beragam gaya dan formasi yang mengesankan. Mereka dipilih dari dari 609 pelamar dari 49 negara, oleh para juri independen.

Seperti yang kami telah informasikan sebelumnya dalam tautan berikut Jazzahead! 2018 dibuka dengan penampilan band terbaik dari negara mitra Polandia,  dimana delapan aksi band jazz asal Polandia mewakili skena jazz kontemporer. “Dalam 60 tahun terakhir, sebuah tradisi jazz yang sangat independen telah berkembang di Polandia dengan improvisasi kuat hingga generasi termuda dari pemain baru yang menjanjikan,” kata anggota juri Peter Schulze dari tim artistik jazzahead !.

Batas-batas dan gaya genre bergabung dan didefinisikan kembali – campuran yang menarik yang juga tercermin dalam pilihan band yang ditampilkan di jazzahead ! tahun ini. Kelompok kenamaan asal Polandia berkaliber internasional seperti seperti  Trio Marcin Wasilewski dan Atom String Quartet serta perwakilan dari generasi termuda yang namanya akan menjadi baru bagi penonton internasional profesional turut disertakan. Karolina Juzwa, juga anggota juri, sangat senang dengan partisipasi Kamil Piotrowicz, Kuba Więcek dan High Definition Quartet yang secara khusus mewakili kekuatan pendorong dari skena jazz saat ini dan layak mendapat terobosan internasional. “Kami memiliki dua pemimpin wanita – Monika Borzym, yang mana para anggota juri memuji kemampuan vokalnya dan profesionalitasnya serta Joanna Duda dalam proyek eksperimentalnya yang sangat asli dan stilistik, yang mewakili sisi avant-garde dari skena kami.” Power of the Horns, band jazz bebas energik dengan musisi Polandia yang terkenal, juga akan tampil di program ini. “Saya yakin mereka akan menghipnotis penonton!” Lanjut Juzwa. The Adam Mickiewicz Institute, mitra utama dari jazzahead! dalam realisasi program negara mitra, mengomentari pilihan para juri, “Kami senang dengan pilihan untuk Polish Night. Juri memilih berbagai musisi yang mencerminkan kekayaan skena jazz Polandia dengan sangat baik. ”

Hari kedua jazzahead! berfokus pada European Jazz Meeting di mana 16 band dari sebelas negara akan tampil pada sore dan malam tanggal 20 April.

Kategori ini memiliki entri terbanyak dan juri harus memilih dari 335 band yang saling bersaing – angka ini 17,5% lebih banyak dari tahun sebelumnya. Ini bukan pilihan yang mudah karenanya Peter Schulze menegaskan: “Tahun ini banyak pelamar berkualitas tinggi juga memasukkan banyak personel – tidak hanya bigband tapi juga orkestra simfoni. Beats & Pieces Big Band mewakili kehadiran Inggris tahun ini. Berbagai macam gaya diwakili dari jazz melodi elegiak dari Islandia (Einar Scheving Quartet) dan improvisasi yang kuat dari Belgia (Hermia/Darrifourcq/Ceccaldi) dan Finlandia (Pauli Lyytinen Magnetia Orkesteri) untuk menggerakkan alur jazz dari Swiss (Aly Keïta – Jan Galega Brönnimann – Lucas Niggli).

Di hari ketiga German Jazz Expo dimulai dengan menampilkan delapan band terbaik asal Jerman. Tahun ini sebanyak 119 band Jerman mengikuti prosedur seleksi. Uli Beckerhoff dari jazzahead! yang merupakan Tim direksi artistik dan anggota juri mengatakan: “Dewan juri memilih campuran yang mengesankan dari bintang-bintang internasional dan kelompok-kelompok eksperimental yang lebih muda yang membawa berbagai macam gaya dengan mereka.” Perwakilan dari skena masa depan termasuk saxophonist peraih multi-penghargaan Anna-Lena Schnabel dan Max Andrzejewski´s HÜTTE.

Markus Stockhausen dengan Quadrivium dan Paul Heller / Jasper van Hof Group merupakan pengisi showcase yang namanya termasuk bintang panggung jazz internasional. “Pilihan ini pasti untuk meyakinkan pengunjung profesional serta pecinta jazz kualitas internasional yang tinggi dari jazz Jerman,” kata manajer proyek jazzahead! Sybille Kornitschky. Line-up juga mencakup proyek-proyek khusus seperti Shinya Fukumori Trio, seorang musisi Jepang yang tinggal di Munich dan menggabungkan suara Jepang dengan estetika jazz Eropa dan band Quiet Fire yang menyertakan harpist.

Dan pada akhirnya showcase pada bagian penghujung di hari ketiga, pada malam harinya adalah The Overseas Night dengan delapan band dari lima negara non-Eropa. Pilihan juri mencerminkan aplikasi yang diterima dengan fokus yang kuat di Selatan serta Amerika Utara. Dengan Aca Seca dan Freedoms Trio, kami memilih dua band dari Amerika Selatan yang membuat kami terkesan dengan kecintaan mereka bermain dan keterampilan instrumental yang menakjubkan. Jazzmeia Horn dan Justin Kauflin, sementara itu, mewakili tradisi jazz Amerika dengan cara yang luar biasa, ” kata Uli Beckerhoff. Suara Karibia dijanjikan oleh Gregory Privat Trio dari Martinique. Dan sebuah grup yang memiliki rute perjalanan terpanjang menuju Bremen yakni Mn ‘JAM experiment dari Australia yang membawa penyanyi ekspresif mereka yang beserta penampilan multimedia bersama vokal, turntable, live loop dan efek khusus ke panggung. Namun sayang sekali tak ada band asal Asia yang di ambil peran.

Dalam beberapa tahun terakhir tiket konser Jazzahead! telah terjual habis dan panitia merekomendasikan agar penonton konser memesan tiket terlebih dahulu. Tiket pengunjung untuk konser tersedia melalui situs dan berbagai gerai tiket.

Penyelenggaraan proyek mitra negara Polandia merupakan bekerja sama dengan Adam Mickiewicz Institute yang beroperasi di bawah Culture.pl, sebuah program budaya internasional POLSKA 100 yang menemani seratus tahun Polandia untuk merebut kemerdekaan. Dibiayai bersama oleh Kementerian Kebudayaan dan Warisan Nasional Republik Polandia sebagai bagian dari Program Multi-tahunan NIEPODLEGŁA 2017-2021.

Tags

Agus Setiawan Basuni

Pernah meliput Montreux Jazz Festival, North Sea Jazz Festival, Vancouver Jazz Festival, Chicago Blues Festival, Mosaic Music Festival Singapura, Hua Hin Jazz Festival Thailand, dan banyak festival lain diberbagai belahan dunia.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker