Java Jazz Festival

Miles Smiles featuring Larry Coryell, Joey DeFrancesco, Omar Hakim, Darryl Jones, Rick Margitza, Wallace Rooney

javajazzfest2013Ikon jazz Miles Davis (1926-1991) dikenal atas berbagai inovasi serta visi musikal yang jauh ke depan, walau tak jarang menuai kontroversi pada zamannya. Bagaimanapun, jazz yang terdengar saat ini – banyak atau sedikit, dipengaruhi oleh apa yang telah Miles gagas di masa lampau. Selain itu, Miles pula seorang mentor teladan yang menginspirasi sejumlah musisi generasi setelahnya lewat beberapa grup yang ia bentuk.

“Milles Smiles” merujuk pada rilis seminal tahun 1967 yang digarap oleh Miles bersama second quintet menampilkan Wayne Shorter, Herbie Hancock, Ron Carter dan Tony Williams. Di album ini pula terdapat dua komposisi Miles ternama; “Footprints” dan “Gingerbread Boy.”

Kini, Miles Smiles adalah sebuah ansambel yang terdiri dari pemusik yang pernah bekerjasama dengan Miles Davis. Personilnya antara lain gitaris Larry Coryell (membentuk The Guitar Trio bersama John McLaughlin, Paco de Lucia dan Al Di Meola), drummer Omar Hakim yang sempat memperkuat Weather Report, pemain bas Darryl Jones yang dipercaya Miles pada dua album; Decoy (1984) dan You’re Under Arrest (1985), saksofonis tenor Rick Margitza, serta organis prominen Joey DeFrancesco yang menarik perhatian Miles saat usianya masih 17 tahun dan pernah ikut tur Eropa bersama sang maestro serta turut bermain di album Amandla (1989) dengan Omar, Rick, Kenny Garrett, Al Foster dan Marcus Miller.

 

Tags

Thomas Y. Anggoro

Lulusan ISI Yogyakarta. Telah meliput festival di berbagai tempat di Indonesia dan Malaysia.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker