Interview

Interview Fay Claasen seputar album Red, Hot & Blue, the music of Cole Porter

fay_claassen_red_hot_blue-cover
Fay Claassen - Red, Hot & Blue - The Music of Cole Porter

Fay Claassen merupakan penyanyi asal Belanda yang juga pengajar di Rotterdam Conservatory yang pernah meraih Chet Baker Award. Baru-baru ini ia merilis album Red, Hot & Blue, the music of Cole Porter dibawah Challenge Records, sebuah perusahaan rekaman tersohor. Rencananya ia akan menggarap lima buah proyek songbooks. Salah satunya adalah Cole Porter. Berikut ini petikan wawancara WartaJazz.com dengan Fay Claassen.

WartaJazz (WJ): Apa ide yang mendasari album baru anda ini?
Fay Claassen (Fay): Ini merupakan seri pertama dari kemungkinan lima buah album yang akan saya kerjakan dengan perusahaan rekaman Challenge Records, dan idenya adalah membuat lima [album] songbooks yang sangat berbeda. Perbedaannya bisa disisi arah musikalitasnya atau subyek yang berbeda dari lagu yang akan saya nyanyikan.
Songbook Cole Porter ini sangat menarik karena kerjasama antara kami, musisi dengan arranger Michael Abene. Lagu-lagu Cole Porter sangat nge-swing dan saya ingin membuat album yang gembira dan ngeswing. Semoga kamu menyukainya!

(WJ) Berapa lama prosesnya hingga album ini tersedia di pasaran
Fay: Kami merekam musiknya dalam dua sesi siang di bulan November 2007. Kemudian perlu sehari dua untuk memix-nya. Kemudian kami pergi ke New Yrk untuk melakukan photo session yang sangat menggembirakan dan menunggu kritikus yang beken untuk menulis liner-notes-nya. Lalu kamu harus menunggu beberapa waktu sampai design dan semua hal-hal teknis selesai, yang mana saatitu semuanya tidak ditangan anda lagi…, tapi dengan label besar seperti  “Challenge” anda tak perlu khawatir sama sekali.

WJ: Ini perusahaan berbeda, ada yang spesial dari perusahaan [rekaman] baru ini??
Fay: Sebenarnya “Challenge Records” adalah label pertama saya dan disela-sela itu saya bekerjasama dengan “Jazz N´Pulz” untuk tiga buah album saya. Jazz Impuls adalah sebuah yayasan yang mendukung musisi-musisi muda jazz yang berhak mendapatkan pengakuan lebih dan membantunya untuk mengembangkan karir. Saat ini karir saya terus berkembang (dan saya makin tua!…ha-ha) jadi saya kembali ke “Challenge Records”. Dengan mereka saya dapat melanjutkan proyek-proyek saya.

WJ:  Challenge sepengetahuan kami merupakan label prestisius dari Belanda. Bagaimana rasanya bekerjasama dengan mereka?
Fay: Challenge Records adalah “THE” Dutch Jazz label – perusahaan rekaman belanda – yang memiliki sejarah yang kaya dalam menghasilkan rekaman musik jazz. Sungguh luar biasa dapat bekerja dengan team dan gembiar bisa kembali setelah mengerjakan dua CD pertama di 1994 dan 2000 untuk Challenge Records!

WJ: Apa cara yang mudah menggambarkan dirimu dan caramu bernyanyi?
Fay: Saya selalu mencoba seflexible mungkin dengan music dan suara saya. Itu artinya saya mencintai beragam hal dalam musik: bernyanyi dan menerjemahkan repertoire standard termasuk pula menciptakan materi orisinil yang baru. Saya senang mengagetkan diri saya sendiri (dan termasuk audiens) dengan cara mencoba hal-hal menantang dalam musik.
Saya dapat mencari berbagai aspek dalam musik untuk mengekspresikan kedalaman dan kecantikan sebuah lagu, termasuk pula disisi virtuositas dan kemampuan bermain di segala lini- yang keduanya sangat penting dalam musik jazz.

WJ: Kenapa songbook? Sudah banyak sekali album serupa yang dirilis. Apakah ada hal yang berbeda menurut pandangan anda?
Fay: Hal menarik dari songbooks adalah menggunakan konsep itu – bukan dengan cara mengkopi-nya, tetapi melakukannya dengan cara saya sendiri. Sebagai seorang musisi jazz anda harus mengetahui dan menggunakan sejarah untuk dapat menciptakan ceritamu sendiri.Selain itu, setiap CD songbook yang akan kami kerjakan that memiliki subyek lengkap yang berbeda seperti kami memulai dengan merayakan music Cole Porter dari sudut pandang modern. Berikut tak memfokuskan pada seorang komposer namun lebih kepada berbagai penyanyi perempuan dalam sejarah musik, lalu yang ketiga menjadi koleksi lagu dan balada dalam konteks bagaimana saya merasakannya, tentu saya tidak akan membicarakannya terlalu banyak sekarang! 🙂
Jadi saya rasa ada banyak hal tentang saya disetiap songbooks [nanti].

WJ: Apakah ada perbedaan cara bernyanyi untuk album di perusahaan rekaman Jazz N’Pulz dengan Challenge Records? Maksud saya perbedaan pendekatan mungkin?
Fay: Bukan, bukan perbedaan pendekatan. Cuman soal usia dan lebih pada pengalaman saja saya rasa.
I tidak akan menyanyikan lagu tertentu berbeda untuk label ini dan lainnya, tapi waktu dan pengalaman membuatnya menjadi berbeda.
I lebih tau tentang yang saya inginkan, dan seperti sebuah kebetulan saja memiliki orang-orang terbaik disekitar saya!

WJ:  Ketika kami menyebut nama Cole Porter, apa yang terlintas dibenak anda pertama kali?
Fay: Swing, melodies yang paling cantik dan lirik yang indah(musik DAN lirik selalu ditulis Cole Porter sendiri, itu hal yang sangat unik juga, ngomong-ngomong!)

WJ: Apa yang anda kerjakan selain bernyanyi?. Masih punya waktu senggang?
Fay: Saya pengajar utama di untuk pelajaran jazz singing di Rotterdam Conservatory di Belanda. Sangat menyenangkan dan menginspirasi untuk mentransfer pengalaman saya dengan talenta muda dan membantu mereka berkembang dalam dunia musik jazz!

Agus Setiawan Basuni

Pernah meliput Montreux Jazz Festival, North Sea Jazz Festival, Vancouver Jazz Festival, Chicago Blues Festival, Mosaic Music Festival Singapura, Hua Hin Jazz Festival Thailand, dan banyak festival lain diberbagai belahan dunia.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Check Also
Close
Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker