Jazz di BandungKomunitas

Sunday Jazz @ Dago Plaza VI

Sunday Jazz adalah program reguler yang diselenggarakan oleh Klab Jazz sejak bulan April 2010, (awalnya) di dua titik kota; di Potluck Kitchen (pada minggu kedua) dan di Dago Plaza (pada minggu terakhir setiap bulannya). Peralihan management membuat Sunday Jazz @ Potluck Kitchen bulan September ini terpaksa terhenti.

Sementara di Dago Plaza, bulan ini memasuki bulan ke-enam, yang merupakan bulan terakhir kontrak penyelenggaraannya. Dilanjutkan atau tidak di Dago Plaza, Sunday Jazz diharapkan masih bisa terus bergulir di tempat-tempat lain, mengingat kebutuhan tempat bermain kelompok-kelompok musik jazz (dan turunannya) saat sekarang dinilai begitu besar, namun wahananya begitu terbatas.

Sunday Jazz @ Dago Plaza VI

Sebagaimana setiap hari Minggu terakhir di Dago Plaza, Klab Jazz bekerjsama dengan Management Dago Plaza dan didukung oleh Djarum Super, kembali akan menyelenggarakan Sunday Jazz @ Dago Plaza, yang akan diselenggarakan pada  Hari Minggu, tanggal 25 September 2011 mulai pukul 16.00 ~ 20.00 bertempat di Dago Plaza, Jl. Ir. H. Juanda no. 61-63, Bandung.

Dalam acara yang terbuka untuk umum alias Gratis ini, akan tampil ESENSI (ITB Jazz) yang mengusung fusion pop, lalu
Iman Brata Trio bergaya jazz rock dengan anggota Abang Sulaiman Kramadibrata (guitar), Ade Sulaiman Kramadibrata (drums) dan Gabriel Surya (bass). Selain itu ada juga JUICY LUICY dengan groove-nya yang terdiri dari Julian (vocal), Bisma (jimbe, vocal), Dennis (guitar), Billy (guitar), Yanuar (bass), Dolly (keyboard), Dwi (drums) dan Andreas (soprano saxophone).

Dua kelompok lainnya yang juga berpartisipasi adalah LA BELLE memainkan acoustic jazzy dengan personil Puspith March (vocals, percussions), Ernan (guitar), Abbag (electric bass) dan Ramadoni (percussion) serta KOSA KATA yang berasal dari Jakarta dan bergaya fusion funk  dengan anggota Andri Brendley (guitar), Baroka Ismail (bass), Gerinov Medaimanto (saxophone) dan Chrismareza Prakoso (drums).

***

Penyelenggaraan Sunday Jazz @ Dago Plaza ini kebetulan berbarengan waktunya dengan beragam kegiatan musik jazz di berbagai tempat; Solo City Jazz, di mana Tesla Manaf, andalan Sunday Jazz selama ini tampil di sana. Lalu ada kegiatan Braga Jazz (23/9), Maja Jazz (24/9) serta penyelenggaraan usaha expo kerajinan Locafore dengan sajian jazz selama tiga hari yang diselenggarakan di Kota Baru Parahyangan yang berakibat Klab Jazz memperoleh kesulitan yang amat teramat sangat dalam pemenuhan materi talent (grup/artist) pengisinya.

Menimbang Klab Jazz berupaya menghindari grup yang sama bermain dalam lebih dari satu acara, bila hari penyelenggaraannya diselenggaraan berdempetan. Plus, para pemusik ibukota yang jauh-jauh hari sudah menyanggupi untuk tampil, banyak yang urung, dikarenakan personil kelompoknya yang tidak lengkap (bermain pada acara lainnya tersebut di atas). Setelah dilakukan upaya intensif dalam 5 hari terakhir, Sunday Jazz @ Dago Plaza VI pun kita putuskan untuk tetap diselenggarakan dengan menampilkan 5 kelompok diatas.

***

 

 

Agus Setiawan Basuni

Pernah meliput Montreux Jazz Festival, North Sea Jazz Festival, Vancouver Jazz Festival, Chicago Blues Festival, Mosaic Music Festival Singapura, Hua Hin Jazz Festival Thailand, dan banyak festival lain diberbagai belahan dunia.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker