Jazz di Jakarta

PERESMIAN JAKARTA JAZZ SOCIETY

Jum’at malam kemarin (25/08/2000) Hotel Kemang nampak lebih ramai dari biasanya. Ternyata sedang ada perhelatan Jazz rupanya. Tepatnya di Ball Room Hotel Kemang di kawasan Jakarta Selatan ini, sedang berlangsung sebuah acara yang diberi nama ‘A Tribute to TIM KANTOSO AND INDRA MALAON’.

Acara yang dimeriahkan oleh sederet artis dan musisi Jazz ternama di tanah air seperti Bill Saragih, Benny Likumahua, Didi Tjia, Kiboud Maulana, Syaharani, Patiselano bersaudara (Ule, Perry dan Joe) dan lain-lain juga merupakan peresmian hadirnya JAKARTA JAZZ SOCIETY (JJS) atau Masyarakat Jazz Jakarta.

Salah seorang pengurus JJS dalam sambutannya diawal acara mengatakan bahwa JJS merupakan salah satu upaya mempersatukan atau memberikan wadah bagi pecinta dan pemerhati Jazz yang ada di Jakarta agar dapat saling bertukar informasi mengenai Jazz dan melaksanakan kegiatan lainnya.

Kehadiran JJS ini juga dilatarbelakangi dari sejarah bahwa di tahun 1983 berdiri Perhimpunan Jazz Indonesia yang diprakarsai almarhum Indra Malaon. Yang kemudian diteruskan oleh Tuti Indra Malaon ditahun 1986, bernama Himpunan Penggemar Musik Jazz (HPMJ). Sepeninggal beliau Tim Kantoso yang juga merupakan salah seorang pengurus pergi menemui sang ‘khalik’. Semenjak itu para penggemar musik jazz tidak memiliki wadah lagi.

Oleh karena itu bermaksud dengan semangat yang sama, Les Soebarjo(Ketua), Ida Malaon Baharson(Marketing), Piping Sastradipradja(Event), Azrim Kasmir(Sekretaris) dan Tripudjo Djuliarso Djulham(Musik) bermaksud menghimpun diri menjadi JAKARTA JAZZ SOCIETY.

Para pengunjung yang hampir dipastikan sebagian besar merupakan ‘wajah lama’ di dunia jazz, membuat suasana pertunjukan ini menjadi acara reuni bagi mereka. Pada malam tersebut juga diberikan penghargaan kepada Keluarga Almarhum Indra Malaon dan Tim Kantoso.

JJS memiliki slogan ‘Jazz As Always’ yang merupakan perkataan yang pernah dilontarkan oleh Almarhum Tim Kantoso semasa hidupnya yang sempat menjadi Pengamat dan Pembawa Acara Jazz di USIS Kedutaan Amerika Serikta, RRI dan Radio Ramako.

Jika anda tertarik untuk bergabung, JJS membuka diri untuk semua lapisan masyarakat yang berkeinginan menghimpun diri dalam Jakarta Jazz Society. Selamat untuk JJS!

Jika anda kebetulan tidak mempunyai kesempatan mengikuati acara tersebut, Jangan khawatir, kami menyediakan Foto-foto dokumentasi kegiatan A Tribute to INDRA MALAON dan TIM KANTOSO ini. Silahkan Klik link dibawah ini untuk melihat dokumentasi acara tersebut.

Agus Setiawan Basuni

Pernah meliput Montreux Jazz Festival, North Sea Jazz Festival, Vancouver Jazz Festival, Chicago Blues Festival, Mosaic Music Festival Singapura, Hua Hin Jazz Festival Thailand, dan banyak festival lain diberbagai belahan dunia.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker