New Release

SHIRLEY EIKHARD

Shirley Eikhard adalah seorang penyanyi, penulis lagu, multi-instrumentalis, produser dan aranser. Dia mulai karier musikalnya kira-kira sejak 33 tahun yang lalu di Mariposa Folk Festival di tahun 1969 pada usia 13 tahun. Setelah itu, dia mengembangkan pada atas dasar akar-akar masa awal tradisi folksong daerahnya.

Kemudian dia mencoba untuk rekaman sebuah album musik country di Capitol Records pada tahun 1972 di mana hal tersebut telah melahirkan sebuah hit lagu country di Kanada dan menghasilkan penghargaan dari Juno Awards untuk vokalis country terbaik pada tahun 1972 dan 1973.

Sepanjang tiga dekade yang lalu, Eikhard telah mendalami pertumbuhan musikalnya dalam sepuluh album. Pada tahun 1970an, dia membuat 3 album musik pop CHILD OF THE PRESENT (1974), LET ME DOWN EASY (1975) dan HORIZONS (1976) yang semuanya direkaman dalam label Attic Records Kanada. Pada tahun 1986 dia mengeluarkan TAKING CHARGE yang merupakan sebuah karya pop kreatif di bawah label WEA Music Kanada. Album ini diedarkan di Amerika di bawah label Cypress Records.

Meskipun Eikhard lebih terkenal sebagai seorang artis rekaman dan pemain, pernah tampil di seluruh Kanada, Israel, Jerman, Cyprus, Syria, Inggris dan Jepang namun cinta pertamanya adalah adalah menjadi penulis lagu. Beberapa karyanya yang terkenal antara lain ‘Something To Talk about’ (Bonnie Raitt), ‘Kickstart My Heart’ (Alannah Myles), ‘I Would Not Change A Thing’ dan ‘I’m Still Learning About Love’ (Rita Coolidge).

Artis-artis lain yang pernah membawakan karya-karya Eikhard antara lain Anne Murray, Emmylou Harris, Ginette Reno, Johanne Blouin dan yang terakhir adalah Cher. Gitaris terkenal Chet Atkins pun pernah membawakan karyanya yang ditulis ketika masih berusia 15 tahun yang berjudul ‘Pickin’ My Way’.

Pada tahun 1995 dia kembali rekaman dengan albumnya IF I HAD MY WAY yang merupakan sebuah kumpulan beberapa jenis musik di mana hal ini menunjukan kemampuan Eikhard dalam hal usaha lintas batas genre musik. Dari musik pop, rock, folk hingga ke sentuhan jazz. Album ini juga banyak digemari oleh para pendengarnya selama bertahun-tahun seperti lagu-lagunya ‘Emily Remembers’ dan ‘Still Chasing That Train’ termasuk juga lagu yang sama judulnya dengan albumnya. Beberapa lagunya dalam album ini juga dijadikan soundtrack sebuah film yang dibintangi oleh Cybill Shepherd yang berjudul Marine Life. Shepherd juga membawakan lagunya dalam beberapa pertunjukannya.

Akhirnya pada tahun 1996 dia memenuhi mimpinya ketika membuat album THE JAZZ SESSIONS. Album ini semuanya berisi komposisi jazz. Baru setelah itu dia membuat 3 album yang lebih berorientasi musik jazz GOING HOME, THE LAST HURRAH dan END OF THE DAY yang sepenuhnya dibuat, diproduksi dan diaransir oleh Eikhard sendiri. Keempat album tersebut dibantu oleh para musisi jazz unggulan dari Kanada.

Album GOING HOME yang dikeluarkan pada tahun 1998 di bawah label Blue Note berhasil memenangkan Best Jazz Performance di tahun 1999 dalam East Coast Music Association Awards. Salah satu komposisi yang ada di album THE LAST HURRAH tahun 2000 yang berjudul ‘Tommorow Is A Lonely Place’ memenagkan hadiah pertama dalam kategori jazz pada tahun 2001 dalam sebuah perlombaan internasional menulis lagu di Amerika. END OF THE DAY merupakan album terakhir yang dikeluarkan tahun 2001 mempunyai keunikan tersendiri. Album ini sepenuhnya dimainkan, ditulis, diaransir, diproduksi dan penyelesaian dalam studionya ditangani sendiri oleh Eikhard di studio rumahnya. Proyek ini selesai dalam waktu 16 bulan dan sekaligus menunjukan kemampuannya bermain gitar, piano, drum, bass, saxophone, perkusi dan harmonika kromatik.

Barangkali semua proyeknya yang berkaitan dengan musik jazz juga atas pengaruh dari kesukaanya untuk mendengarkan Ben Webster, John Coltrane, Paul Desmond, Chick Corea, Keith Jarrett, Flora Purim dan Cleo Laine. Sampai sekarang Eikhard tetap melanjutkan untuk mengembangkan kemampuannya sebagai seorang musisi dan penulisan lagu. (*/WJ)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker