News

INDRA MALAON DALAM KENANGAN

Tanpa terasa lima belas tahun kini telah berlalu tatkala musibah yang sangat menyedihkan itu terjadi. Ia belum sampai ketempat tujuan di Bogor dimana ia bekerja sebagai Hakim. Entah siapa yang membisikan ketelinganya, sehingga ia tanpa berpikir turun dari Bis yang masih berjalan.

Saat itulah Suratan takdir Yang Maha Kuasa tiba. Ia langsung terbentur oleh Bis yang datang dari belakang. Semua penumpang menjerit tetapi tak seorangpun yang dapat merubah suratan nasibnya!.

Kini Indra telah lama tiada. Seorang Tokoh Pengamat dan Penggemar Musik Jazz. Namun semangat menggemari Jazz beserta beribu piringan hitam ia tinggalkan. Semasa hidupnya ia banyak bergaul dengan para musisi Jazz dan banyak diantara mereka menganggapnya sebagai Suhu. Pada tahun 1983 bersama beberapa teman ia mendirikan dan menjadi Ketua Perhimpunan Jazz Indonesia yang anggotanya terdiri dari para musisi Jazz sedangkan ia sendiri tidak dapat memainkan satu instrumen pun.

Dengan koleksi piringan hitamnya yang tak terhitung jumlahnya, ia juga denagn rajin dan setianya mengisi program Musik Jazz di Radio El Shinta.

Pada musim panas tahun 1985, ia bersama Peter Gontha dan beberapa teman lain membawa Grup Band Bhaskara 85 ke North Sea Jazz Festival yang merupakan perjalanan Jazz-nya yang terakhir.

Hanya beberapa bulan setelah ia dikebumikan, berhembuslah kembali semangat almarhum, mendorong istri dan teman-teman untuk mendirikan Himpunan Penggemar Musik Jazz. Salah seorang pengurus adalah istri almarhum, Tuti Indra Malaon yang juga dikenal sebagai Penari Klasik Jawa, Pemain Teater dan Bintang layar lebar.

Beberapa acara Jazz sempat digelar sebelum dia pergi menghadap Sang Khalik. Semoga arwah mereka berdua mendapat tempat terbaik disisi Allah Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang.

Amien ya robbal Allamien!

Agus Setiawan Basuni

Pernah meliput Montreux Jazz Festival, North Sea Jazz Festival, Vancouver Jazz Festival, Chicago Blues Festival, Mosaic Music Festival Singapura, Hua Hin Jazz Festival Thailand, dan banyak festival lain diberbagai belahan dunia.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker
WhatsApp Perlu bantuan?