NewsProfile

PAUL VAN KEMENADE JAZZ QUINTET

Paul van Kemenade, Altosaxophone (1957)
Pemimpin kelompok ini memulai karirnya di bidang musik pada usia 13 tahun dengan mempelajari saxophone. Dari tahun 1976 dia telah aktif sebagai seorang professional, menjadi pemimpin kelompok bandnya sendiri, dengan memainkan komposisi karya sendiri dan juga ikut berperan serta dalam perkembangan musik dengan menjadi anggota dari berbagai organisasi nasional dan internasional. Dia juga bekerja sama dengan Han Bennink, Mischa Mengelberg, Wolter Wierbos, Gerd Dudek, Jasper van’t Hof, Kenny Wheeler. Juga menjadi seorang workshop leader dan artistic director dari “The stranger than Paranoia festival” di kota Tilburg. Pada tahun 1984 Paul menerima penghargaan “Podiumprize” dari Dutch Jazz foundation dan beberapa waktu lalu mendapat penghargaan “Jazz in Duketown Award 1998”. Hingga sekarang, Paul telah mempersembahkan lebih dari 30 rekaman dan bermain di berbagai negara seperti Europe, Canada dan Afrika Selatan.


Hans Sparla
, trombone (1955)
Memulai karir musik dengan memainkan accordion. Dia kemudian melanjutkan dengan mempelajari trumpet selama kurang lebih 4 tahun tapi kemudian berubah pikiran dan memilih trombone ditahun 1973. Setelah menyelesaikan studinya pada tahun 1981 mencoba untuk meraih “‘performers certificate and a teachers certificate” di Brabants Conservatory di kota Tilburg. Dia berhasil memenangkan Larens Jazzfestival concourse di tahun 1977 ketika menjadi anggota kelompok Jazzes, yang dipimpin oleh Hein van der Geyn. Diawal tahun 1982, Hans kemudian bergabung dengan Paul van Kemenade quintet. Pada saat yang bersama dia juga menyibukkan diri dengan menjadi pengajar disebuah sekolah musik di kota Tilburg. Hans juga berpartisipasi dengan berbagai formasi kelompok band. Seperti Paul van Kemenade quintet, Dick de Graaf septet, Bik Bent Braam, the Troupe and Electronic soundprojects with Peter Hofland. Hans telah merekam 15 rekaman.


Jeroen van Vliet,
piano (1965)
Diusianya yang 10 tahun, Jeroen memulai kursus piano yang pertamanya. Saat itulah dia memutuskan untuk menjadi artis. Dari hasil studinya di Brabants Conservatory pada tahun 1988 Jeroen berhasil mendapatkan penghargaan di “the Meervaart festival” sebagai soloist dan sebagai anggota dari kelompok yang juga mendapatkan penghargaan Iris. Sejak tahun 1988 dia bermain dengan van Kemenade quintet dimana kontribusinya cukup besar sebagai pengatur rhythm-section dan tentu saja sebagai soloist. Anggota termuda kelompok ini sangat ramah bahkan kepada orang yang tidak dikenalnya sekalipun. Dia juga bermain di Jeroen Pek band, the Low Motion trio of Wiro Mahieu dan Eric van der Westens Quadrant. Jeroen telah merekam album sebanyak 15 buah.


Eric van der Westen,
doublebass (1963)
Menyukai gitar diusia 10 tahun dan memulai karir dengan mendirikan sebuah group band rock. Selanjutnya dia tertarik dengan bass-guitar. Di usia 19 tahun, Eric kemudian mengenal double-bass, dan jatuh cinta pada jazz setelah mendengarkan rekaman Mingus, Miles Davis dan Monk. Dia belajar di Sweelinck Conservatory di Amsterdam bersama Steve Clover, Misha Mengelberg dan Arnold Dooyeweerd. Pernah mengambil kursus ekstra dengan musisi Miroslav Vitous, Hein van der Geyn, Gary Karr dan Ray Brown. Tahun 1992 mendapatkan undangan dari Dutch Broadcasting Society (NOS) untuk membuat sebuah lagu yang dipersembahkan untuk Groninger Jazzmarathon.


Pieter Bast, drums (1965)
Dilahirkan di Perancis lalu pindah ke Belanda ketika berusia 6 tahun. Pieter yang lulus dari Sweelinck Conservatory of Amsterdam tahun 1988 memimpin groupnya sendiri bernama “PB 5” dan berhasil memenangkan penghargaan sebagai soloist pada International NOS Meervaart jazzconcours 1986. Pieter juga memberikan kontribusinya pada kelompok Amstel Octet, the Houdini’s dan juga pernah bermain dengan musisi Kenny Wheeler, Urbie Green, Joris Teepe. Selain bermain dengan Paul van Kemenade quintet, dia juga bermain di The Low Motion trio, The Jeroen Pek Band, the Eric Vloeimans quartet, Eric van der Westens double octet dan the Steam Team. Pieter telah bermain pada kurang lebih 20 rekaman

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Check Also
Close
Back to top button
Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker