News

TATSU KISARAGI “LAZY BIRD”

TATSU KISARAGI “LAZY BIRD”
(Paddle Wheel, KICJ 392)

Komposisi:
1. Lazy Bird 6:08
2. La Lune 6:37
3. Moon Lighting 6:34
4. One For Jim 7:40
5. Shoshuu (Early Autumn) 6:37
6. West Coast Love Affair 9:56
7. She’s Leaving Home 6:10
8. Juice Is Loose 11:02

Musisi :
Tatsu Kisaragi
: Gitar
Jerry Bergonzi : Tenor, sopran saxophone
Nial Djuliarso : Piano
Massimo Biolcati : Bass
Scott Goulding : Drums

Gitaris jazz muda Jepang ini dalam albumnya Lazy Bird yang mengambil dari judul lagu karya John Coltrane yang juga dimainkan dalam album ini, selain dibantu oleh pemain-pemain jazz muda termasuk pianis muda dari Indonesia Nial Djuliarso, juga dibantu oleh seorang saxophonis senior Jerry Bergonzi . Album ini sendiri selain menampilkan komposisi-komposisi karya Tatsu juga menampilkan dua lagu karya komposer lain yaitu Lazy Bird dari Coltrane dan She’s Leaving Home dari Lennon dan McCartney. Dalam album ini Tatsu banyak memainkan musik-musik bergaya hardbop dan juga postbop selain mengadaptasi sistem modal jazz ke dalam musiknya.

Karya Coltrane Lazy Bird membuka awal album ini, permainan gitar dari Tatsu sendiri mengingatkan saya pada gaya John Scofield hanya dengan sound yang lebih soft, meskipun ini karya Coltrane tapi permainan Jerry Bergonzi sendiri cenderung ke arah gaya Sonny Rollins atau Joe Henderson yang tampaknya mempengaruhi gaya permainan Jerry Bergonzi dan Tatsu sendiri banyak memainkan rhythm daripada memainkan melodi-melodi gitarnya. Pada lagu La Lune, sebuah jazz ballad permainan melodi-melodi yang cukup manis dari Tatsu ditonjolkan demikian juga pada Moon Lighting hanya lebih ke uptempo. One for Jim menampilkan solo dari Bergonzi yang kadang-kadang melakukan blowing dengan tenor saxophonnya dan sepertinya mengadaptasi gaya modal jazz ala Coltrane. Shoshuu juga merupakan jazz ballad dengan menampilkan permainan sopran dari Bergonzi juga variasi tempo.

Pada tiga lagu terakhir West Coast love Affair, She’s Leaving Home dan Juice Is Loose menambahkan permainan piano dari Nial Djuliarso, bisa dikatakan walaupun peran permainan Nial Djuliarso disini belum begitu menonjol tapi permainan Nial bisa dibilang cukup bagus. Dan pada She’s Leaving Home dan Juice is Loose solo piano dari Nial terdengar cukup mengesankan dengan pengambilan nada-nada dan chord yang pas dan bagus terutama dalam Juice Is Loose disini permainan Nial cukup menonjol. Mungkin secara keseluruhan album ini tidak menampilkan sesuatu yang baru sama sekali tapi paling tidak para musisinya menjiwai dalam setiap permainannya dan menampilkan permainan-permainan instrumen yang cukup bagus dan boleh dibilang komposisi-komposisi dan permainan gitar dari Tatsu sendiri sudah menunjukkan bahwa dia seorang gitaris jazz yang cukup handal. (Ajie/WJ)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Check Also
Close
Back to top button
Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker