News

KELOMPOK BARU PEMAIN DRUM LOUG GRASSI, THE NU BAND

Penabuh drums Lou Grassi yang banyak terlibat dalam jazz tradisional maupun avant-garde dan bermain mulai dari musik ragtime sampai free improvisation dan juga banyak terlibat dalam musik-musik teater dan modern dance ini mempunyai grup atau kelompok baru yaitu The Nu Band. Dalam The Nu Band selain Lou Grassi juga tergabung banyak musisi-musisi terkenal kelas dunia lainnya antara lain pemain reeds dan electronic Mark Whitecage, trumpetis Roy Campbell dan bassis Joe Fonda.

Lou Grassi dari tahun 1970-an sudah banyak bermain bersama musisi-musisi terkenal lainnya dalam berbagai jenis musik dari tradisional jazz, free jazz, free improvisation sampai avant-garde antara lain Borah bergman, Karen Borca, Rob Brown, The Copascetics,Urbie Green, Johnny Hartman, Sheila Jordan, William Parker, Perry Robinson, Roswell Rudd, Steve Swell, Charles Gayle, Gunter Hampel, dan masih banyak yang lainnya. Lou grassi juga dinilai sebagai drummer dan musisi yang memainkan starigt ahead bebop sama bagusnya dengan dia memainkan musik-musik total free improvisasi dan salah satu musisi yang kreatif dan produktif. Mark Whitecage salah seorang multi instrumentalis dan komposer dalam musik jazz dan new music dan sekarang mempunyai beberpa proyek musik dengan format solo, duos, trios, quartet, quintets dan merekam beberapa albumnya di label Acoustic, CIMP dan GM Recording. Sejak tahun 1960-an mark sudah banyak tampil dan membuat rekaman dengan musisi-musisi avant-garde dan modern jazz seperti Jeanne Lee, Anthony Braxton, Gunter Hampel, Dominic Duval, Joe McPhee, Steve Swell, Marshal Allen dan Saheb Sarbib dan tampil di Amerika, Canada dan Eropa. Roy Campbell salah seorang musisi kreatif yang merupakan salah satu bagian dari para musisi “downtown” New York jazz, juga salah satu pemain dalam grup big band The Little Huey Orchestra pimpinan bassis William Parker dan band Other Dimensions dan sering tampil bersama para musisi free jazz improvisation Matthew Shipp, Daniel Carter dan Rashid Bakr. Salah satu komentar dari jurnalis steve Tignor pada permainan Roy adalah ” Campbell.can play everything: long, sustained lines.shrieking vertical runs.and best of all, thoughtful, well-sapaced constructions that work especially well.Campbell plays with humor and willingness to try something new anytime”. Joe Fonda bassis ulung yang sudah mempunyai reputasi internasional bersama The Fonda/Stevens Group, terutama di Eropa dan Amerika. Pengalaman bermain dengan musisi-musisi terkenal sudah sangat banyak dan pernah menjadi sideman bersama Anthony Braxton, Archie Shepp, Kenny Barron, Ken McIntyre, Charlie Persip, Lou Donaldson, “Wadada” Leo Smith, Curtis Fuller, Mark Whitecage, Majeed Greenley, Kunle Mwanga dan masih banyak lainnya. Komentar dari Anthony Braxton terhadap Joe Fonda ” The music of Joe Fonda is part of a living tradition of belief and dedication. Future historians will be surprised at the breadth of Mr. Fonda’s offering. This is a real virtuoso and composers of the highest order”.

Melihat dari para personal musisinya dan curriculum vitae mereka memang The Nu Band yang banyak memainkan musik-musik free jazz improvisasi ini sangat menjanjikan untuk disimak dan menambah apresiasi bagi para penikmat musik khususnya jazz.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker