News

ENAM NOMINASI GRAMMY UNTUK BLUE NOTE

Label besar Blue Note Records kembali menunjukkan dominasinya pada nominasi Grammy Award ke 43, bersama dengan Verve Records yang juga mendominasi Blue note records mengukuhkan 6 nominasi untuk para artisnya antara lain Kurt Elling dan Dianne Reeves untuk kategori Best Jazz Vocal Album, Tim Hagans/Bob Belden dan Ronny Jordan untuk Best Contemporary Jazz Album, Joe Lovano untuk Best Large Jazz Ensemble Album dan Chucho Valdis untuk Best Latin Jazz Album. President Blue Note Records Bruce Lundvall berkomentar, “sekarang ini adalah tahun yang menggembirakan bagi Blue Note“, dan dia menambahkan, “kami menunjukkan hal sangat baik dengan enam nominasi Grammy Award dimana mewakili keragaman artis-artis kami termasuk para musisi yang sudah berpengalaman maupun pendatang baru. Kami sangat bangga dengan artis-artis yang sangat hebat yang sudah membuat dan mewujudkan prestasi ini“.

Diantara peraih nominasi adalah penyanyi wanita Dianne Reeves yang masuk nominasi dalam kategori Best Jazz Vocal Album untuk albumnya “In The Moment” yang berupa album konser. Untuk album konsernya ini Playboy Magazine mengomentari penampilan Reeves, “Dianne Reeves may have the most exotic vocal instrument in popular music today“. Nominasi ini adalah nominasi keempat untuk Reeves di Grammy setelah sebelumnya pada tahun 1996 untuk albumnya “Quiet after Storm”, 1999 untuk album “That Day” dan tahun 2000 untuk album “Bridges”. Penyanyi lain yang mendapat nominasi adalah penyanyi jazz pria yang sensasional Kurt Elling untuk albumnya “Live In Chicago”. Album ini adalah album keempatnya yang dirilis di label Blue Note setelah album “Close Your Eyes”, “The Messenger” dan “This Time it’s Love”. Penghargaan lain yang pernah diterima oleh Kurt Elling adalah meraih Male Vocalist of the Year 2000 pada Down Beat Critics Poll dan Readers Poll kemudian juga pada Jazz Times Readers Poll 2000.

Trumpeter Tim Hagans dan saxophonis Bob Belden meraih nominasi dalam kategori Best contemporary Jazz Album untuk albumnya “Re:Animation Live!”, yang merupakan rekaman konser dari album studio mereka sebelumnya yaitu, “Animation/Imagination” yang juga meraih nominasi Grammy pada tahun 2000. direkam pada pertunjukan mereka di Montreal Jazz festival pada tahun 1999, “Re:Animation live!” mempertemukan Hagans dan belden dalam band yang membawa brand fusion, memadukan improvisasi jazz dengan musik drum ‘n’ bass dan menghilangkan keragu-raguan bahwa musik yang sering dikatakan rumit dapat dimainkan di atas panggung pertunjukan. Untuk nominasi kategori Best Contemporary Jazz Album ini juga di raih oleh gitaris acid jazz Ronny Jordan untuk albumnya “A Brighter Day” dan ini adalah nominasi pertama bagi Ronny Jordan. Jordan adalah salah satu pioneer London’s acid Jazz di awal tahun 1990-an , dan berjaya kembali masih dengan jalur jazznya dengan album “A Brighter day” dimana Los Angeles Times memuji permainan Jordan dengan komentar “strong sense of individuality” dan Madison magazine mengomentari album ini “a visionary work”.

Pianis Kuba yang fenomenal Chucho Valdis menerima penghargaan nominasi Grammy untuk ketiga kalinya dalam Best Latin Jazz Group untuk albumnya pada sat konser di klub terkenal di New York , “Live At The Village Vanguard” dan album ini juga mendapat lima bintang (“*****”) dari Down Beat Magazine. Valdis juga pendiri dan pimpinan Irakere Cuban Orchestra yang pernah memenangkan Grammy Award. Sebelumnya Valdis juga pernah meraih dua kali nominasi untuk albumnya “Bele Bele en la Habana” di tahun 1999 dan “Briyumba Palo Congo” di tahun 2000.

Maestro saxophone Joe Lovano meraih nominasi dalam kategori Best Large Jazz Ensemble Album untuk albumnya “52nd Street Themes” bersama kelompok nonetnya dengan orkestrasi oleh Willie “Face” Smith. The Washington Post memuji dia dengan komentar “Lovano consistently reveals the depth of this experience -and his comfort- with the entire language of jazz” dan album ini juga mendapatkan penilaian lima bintang (“*****”) dari Down Beat Magazine dengan menjuluki Lovano album tersebut sebagai “most important and most fully realized recording of date”. Ini adalah nominasi Grammy ke enam bagi Joe Lovano setelah sebelumnya pada tahun 1994 meraih nominasi dengan albumnya “Tenor Legacy”, 1995 untuk albumnya “Rush Hour”, albumnya “Quartet: Live at the Village vanguard” mendapatkan dua nominasi untuk kategori yang berlainan pada tahun 1996 dan albumnya “Celebrating Sinatra” meraih nominasi pada tahun 1997.

Dan memang seperti yang dikatakan oleh Bruce Lundvall bahwa tahun adalah tahun yang baik bagi Blue Note Records walaupun nantinya mereka akan bersaing dengan Verve Records, Warner Bross dan Columbia Record yang juga menempatkan beberapa artisnya pada nominasi Grammy juga beberapa label lain yang juga mempunyai musisi unggulan. Mungkin kita lihat saja nanti hasilnya pada tanggal 21 februari 2001 dengan harapan pemenangnya adalah yang memang benar-benar pantas mendapatkannya dan dapat dipertanggungjawabkan kualitas musikalnya, semoga!

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker