News

LYNA NYBERG – I WRITE

LYNA NYBERG – I WRITE
Prophone Records PCDS7

Komposisi:
1. I write 3.36
2. Photograph 4.43
3. Trial 5.38

Musisi :
Lina Nyberg :
vokal
Anders Persson :
grand piano
Palle Danielsson :
double bass
Anders Kjellberg : drum dan perkusi
Fredrik Ljungkvist :
tenor saxophone
Göran Klinghagen : gitar
Henrik Frendin : biola
Lina Nyberg adalah satu dari sekian jazz vokalis asal Swedia yang sangat berbakat. Selain kemampuan bernyanyi, ia juga menulis, menaransemen bahkan menyediakan berbagai keperluan untuk setiap pertunjukannya. Lewat “I Write” yang merupakan sample dari albumnya “Open” ia ingin membuktikan hal tersebut.

Dibantu sejumlah musisi seperti Anders Persson(grand piano), Palle Danielsson(double bass), Anders Kjellberg(drum dan perkusi), Fredrik Ljungkvist(tenor saxophone), Göran Klinghagen(gitar), Henrik Frendin(biola) pada 3 lagu di CD ini, sungguh sangat menawan. Dibuka dengan “I Write” yang ditulis Nyberg sendiri mempersembahkan permainan akustik gitar sebagai prolog dan vokal Nyberg seperti bersahut-sahutan menciptakan keasyikan tersendiri untuk menikmatinya.

Dilanjutkan sebuah nomor dari Antonio Carlos Jobim bertitle “Photograph”, suara bening Nyberg yang diiringin suara-suara seperti burung yang sedang berkicau sebagai latar, serasa sedang melayang-layang di Brasilia. Ditambah ketukan piano dari Anders Persson yang akan membuat kaki anda bergoyang. Album ini ditutup dengan sebuah “Trial”, sebuah nomor yang bercorak balada, dan dinyanyikan seperti bertutur kepada para penggemarnya.

Lina Nyberg juga tercatat pernah belajar di Royal University College of Music di Stockholm, mempelajari lagu, komposisi, aransemen dan improvisasi. Ia juga di mendapatkan sejumlah beasiswa salah satunya dari Association of Swedish Composers of Popular Music. Album Lina Nyberg Quintetnya malah mendapatkan Swedish Grammy Award untuk kategori best jazz album di tahun 1995. Saat ini ia melakukan tour keliling secara teratur diseputaran Swedia dan Skandinavia bersama trionya (Anders Persson, piano; Palle Danielsson, double bass and Anders Kjellberg, drums), dan terkadang juga melakukan formasi duo atau big band. Kegiatan lainnya adalah tampil diberbagai radio dan acara TV. (WJ)

Agus Setiawan Basuni

Pernah meliput Montreux Jazz Festival, North Sea Jazz Festival, Vancouver Jazz Festival, Chicago Blues Festival, Mosaic Music Festival Singapura, Hua Hin Jazz Festival Thailand, dan banyak festival lain diberbagai belahan dunia.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker