NewsProfile

SAKSOFONIS PATRICK LAMB

Patrick Lamb adalah musisi yang dilahirkan di Jackson, Mississippi. Ia mulai bermain musik ketika masih remaja ketika ia banyak mendengar Wayne Shorter dan Stan Getz. Dia begitu tertarik dengan musik Jazz dan mulai mempelajari tradisi musik tersebut dengan waktu tidak terlalu lama. Ketia usia ayahnya mencapai 80 tahun – seorang guru sekolah menengah atas – membawa ia sekeluarga pindah ke Portland, Oregon. Semenjark itu ia memiliki kesempatan untuk bermain dan bernyanyi sambil mengembangkan karir. Ia berkesempatan untuk tampil dan tour bersama sejumlah vokalis jazz diantaranya Diane Schuur. Hal ini dilakukannya hingga suatu ketika ia bertemu dengan pianis Jazz Tom Grant. Ia lalu melakukan rekaman dan tour keliling dunia bersama Tom Grant band selama beberapa tahun terakhir.

Sebagai musisi muda, Patrick memiliki bakat yang luar biasa dimana ia memadukan bakat alami dengan kemampuan menarik audien dengan kehangatan, ketulusan dan daya magnnetis yang murni yang diciptakannya. Dia adalah peniup saxophone yang mampu berdiri diposisi yang memegang teguh tradisi jazz seperti John Coltrane dan Sonny Rollins dengan musisi abad 20-an, Junior Walker, Maceo Parker dan David Sanborn.

Sejumlah rekaman telah ditelorkan termasuk diantaranya karya bersama Gino Vanelli, Tony Gable dan lain-lain. Patrick saat ini mulai menciptakan katalog dari rekamannya sendiri. Ia telah merilis 3 album yaitu “Home for the Holidays,” kerjasamanya dengan Pianis Ed Bisquera. Lalu “For the Love,” yangmerupakan debut solonya. lalu “The Closer I Get,” album terakhir yang ia rilis lewat perusahaan rekaman Lucky Records. Lambat laun namanya mulai dikenal karena banyaknya permintaan dari berbagai stasiun TV dan radio selain tampil diberbagai even dan festival.

Di tahun 1996 dan 1997 ia diundang untuk tampil di Gedung Putih dalam acara the holiday Congressional VIP Tours dan menghadiri “The Peace on Earth Celebration,” sebuah pertemuaan dengan President Bill Clinton.

Patrick juga sangat peduli dengan komunitas dan tanggung jawabnya sebagai bahagian dari masyarakat. Ia sering mengadakan show untuk pengumpulan dana amal di sekolah-sekolah untuk perkembangan senin. Selain ia juga ikut serta mengumpulkan dana bagi bencana alam banjir di daerah Northwest di tahun 1996, juga untuk American Cancer Society dan Doernbecher Children’s Hospital. (WJ)

Link terkait :
Patrick Lamb website

Agus Setiawan Basuni

Pernah meliput Montreux Jazz Festival, North Sea Jazz Festival, Vancouver Jazz Festival, Chicago Blues Festival, Mosaic Music Festival Singapura, Hua Hin Jazz Festival Thailand, dan banyak festival lain diberbagai belahan dunia.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Check Also
Close
Back to top button
Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker