News

JARED BURROWS QUARTET – NORTHERN EXPOSURE

Jarred Burrows gitaris kelahiran Vancouver Canada tahun 1973 ini telah banyak bermain bersama para musisi jazz terkemuka seperti Muhal Richard Abrams, Bruce Fredman, Francois Houle, Bill Clark dan lain-lain. Selain itu juga telah banyak menghasilkan musik untuk film, theater maupun modern dance dan bermain pada ensemle musik kamar dan kelompok-kelompok musik electroacoustic. Permainan dan musiknya dipengaruhi oleh beberapa musisi dan komposer seperti John Coltrane, Thelonious Monk Jim Hall, Miles Davis, Ornette Coleman, Paul Bley, Kurt Weill dan Stravinsky.

Jared Burrows Quartet adakah salah satu grup dari Jared Burrows yang direkam di labelnya sendiri yaitu Third Rail Music selain kelompoknya yang lain yaitu The Knotty Ensemble. Kelompok quartetnya ini memainkan musik-musik jazz dari bebop, postbop, modal jazz sampai free jazz. Album “Northern Exposure” adalah debut awal dari kelompok quartet ini dan musik atau komosisi-komposisi yang mereka mainkan menampakkan pengaruh-pengaruh-pengaruh dari musisi-musisi jazz ternama yang menjadi influence Jared Burrows.

Monky Business, komposisi yang membuka album ini mengingatkan pada musik dari Monk diawali permainan gitar dan saxophone dengan uptempo, pengaruh teknik dan sound gitar dari Jim Hall sangat terasa sekali, ketukan swing dari permainan drum Charlie Dogett dan permainan solo tenor saxophone Kevin Hoferer yang sangat bersih membuat lagu ini sangat enak untuk dinikmati. Pengaruh modal jazz pun muncul pada beberapa komposisi dari Jared Burrows seperti pada Northern Exposure dimana improvisasi dari Jared dan Kevin mengarah pada bentuk improvisasi free jazz dan gaya Kevin yang mengacu pada John Coltrane sangat terasa sekali. Komposisi bertema ballad dengan alunan tiupan soprano saxophone yang manis muncul pada Adieu, Michel dan Pour toi, M. Cote. Salmonberry dan Stinkin’ Up the Place komposisi dari Jared yang mengacu pada gaya free jazz Ornette Coleman, walaupun improvisasinya banyak mengadaptasi nana-nada atonal tapi masih terkontrol dan dengan permainan yang halus dan bersih juga unsur blues masih diutamakan . Satu komposisi dari Ornette Coleman Turnaround dimainkan sebagai lagu penutup.

Dari album ini tampaknya Jared Burrows belum bisa melepaskan sepenuhnya dari pengaruh-pengaruh musisi jazz yang menjadi idolanya atau mungkin juga album ini dimaksudkan iuntuk menghormati para musisi idolanya tersebut, walaupun yang perlu dikemukakan adalah permainan Jared dan masing-masing musisi yang terlibat menunjukkan teknik dan skill yang sangat bagus, bahkan bisa dibilang sound dari Jared sangat bersih, pada saat dia melakukan free improvisasipun permainannya masih sangat terkontrol dan nada-nada yang dimainkan jelas sekali terdengar dengan bersih.

JARED BURROWS QUARTET – NORTHERN EXPOSURE
Third Rail Music 42498-1

Komposisi :

1. Monky Business 6:19
2. Northern Exposure 7:21
3. Adieu, Michel 3:59
4. Pour toi, M. Cote 10:47
5. Salmonberry 7:34
6. Southbound 8:56
7. Stinkin’ Up the Place 6:30
8. Paradise Lost 8:44 9. Turnaround 8:15

Musisi :
Jared Burrows : Guitar
Rob Kohler : Acoustic Bass Guitar
Charlie Doggett : Drums
Karen Graves : Soprano Saxophone
Kevin Hoferer : Tenor Saxophone (1, 2, 6)

Ajie Wartono

Memimpin divisi Projects & Event Management. Pernah mengikuti Dutch Jazz Meeting di Amsterdam, Belanda. Selama dua tahun dipercaya menjadi Ketua Festival Kesenian Yogyakarta (2007, 2008) selain sebagai Program Director, Bali Jazz Festival dan Ngayogjazz

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker