News

TONY MALABY – SABINO

Baginya, aktualisasi diri merupakan puncak dari sebuah proses kreativitas yang mengalir. Setelah lama membantu banyak musisi jazz tekenal, baru dalam kesempatan ini dia mendapatkan moment-nya. Berbagai pengalamannya menjadi musisi pendamping Marty Ehrlich, Mark Helias, Michael Formanek, Tom Varner dan masih banyak lagi kalau disebut satu per satu ini membuatnya yakin untuk lebih menfokuskan lagi dalam permainan tenor saxophone. Formasi pilihan dalam album ini didukung oleh para penjaga rhythm section-nya Ehrlich, Formanek dan Rainey, ditambah gitaris jazz muda dari Perancis yang juga terlibat dalam berbagai proyek musisi jazz Amerika, Marc Ducret.

Meskipun masih sering dianggap sebagai pendatang baru, sebelum nanti “di-singamudakan”, dilihat dari permainannya memang boleh dipertimbangkan juga musisi kelahiran Tucson 1964 ini. Dengan pola-pola improvisasi yang mengalir, kekuatan lirikal dan melodi dalam menggarap dan memainkan sebuah komposisi menjadikannya terasa leluasa ketika menghadapi sebuah komposisi dengan struktur yang cenderung terbuka. Dalam konteks ini, memang dia mempunyai kelebihan. Dia memikat dalam mengendalikan dan mengikat improvisasinya yang mengalir dan juga kadang-kadang muncul keliarannya namun juga masih dalam sebuah tema melodi yang melekat kuat dalam sebuah pola ritmik yang berubah-ubah. Karakter sound-nya sendiri cenderung kasar.

Ada beberapa komposisi yang menarik. Seperti ‘Remolino / Hamza’, ‘Gate’s Pass’, ‘Mia’ dan ‘Third Mystery’ dimana dia mencurahkan secara total ekspresi emosionalnya. Sementara itu, pemain yang lainnya di hampir semua komposisi dalam album ini lebih banyak perannya sebagai counterpoint terutama yang dilakukan oleh Ducret. Ducret terasa menyokong improvisasi Malaby dengan cantik atau paling tidak memberikan sebuah lapisan warna transparan yang menyelimuti alur improvisasi Malaby. Sedangkan peran Formanek dan Rainey menfasilitasi upaya Malaby dan Ducret. Apapun hasilnya bagi Malaby barangkali tidak penting, yang lebih penting lagi adalah menciptakan sebuah proses kreatifitas yang menantang. Selain itu, mungkin juga album ini dilakukannya dalam rangka mencari bahasa musiknya sendiri.

TONY MALABY – SABINO
(Arabesque Jazz AJ0153) 

Komposisi:
1. Ajo Comino 4:46
2. Sabino 4:32
3. Remolino / Hamza 13:42
4. Gate’s Pass 3:32
5. Mia 8:47
6. Cosas 6:45
7. Third Mystery 8:46
8. Love Dogs 4:48

Musisi :
Tony Malaby :
tenor saxophone
Marc Ducret : guitar
Michael Formanek : bass
Tom Rainey :
drums

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker