News

PEMENANG JAZZ JOURNALIST ASSOCIATION JAZZ AWARD 2001

Jazz Journalist Association yang dipimpin oleh Howard Mandel dan beranggotakan 350 journalist telah memilih para pemenang penghargaan tersebut pada tanggal 14 Juni 2001. Penghargaan ini merupakan salah satu penghargaan yang cukup bergengsi dan diperhitungkan dalam khasanah Jazz.

Para pemenang Jazz Journalist Association Jazz Awards 2001 :

Kategori Lifetime Achievement in Jazz
Dimenangkan oleh John Lewis pianis yang baru saja meningal dunia dan salah seorang pendiri group legendaries Modern Jazz Quartet dan telah berjasa mengembangkan gaya Third Stream.

Kategori Musician of The Year
Pemenang untuk kategori ini adalah Joe Lovano musisi dan pemain saxophone yang sudah banyak juga menerima penghargaan termasuk Grammy Awards dan banyak albumnya yang mendapat pujian dari para kritisi.

Kategori Album of The Year
Album 52nd Street Themes dari saxophonist Joe Lovano memenangkan penghargaan untuk kategori ini, album yang dimaksudkan untuk menghormati para pendekar-pendekar bebop yang dahulu banyak berkiprah di klub jazz yang bertempat di 52nd Street New York berisi karya-karya Lovano maupun beberapa lagu standard yang sudah terkenal seperti 52nd Street Themes karya Theolonius Monk, If You could See Me Now karya Thad Dameron dan Embraceable You ciptaan George Greswhin. Album ini juga telah memenangkan Grammy Award ke 43 tahun ini untuk kategori Best Jazz for Large Ensemble.

Kategori Reissue of The Year
Sekali lagi album reissue Hot Five and Hot Seven berupa box set CD yang dikeluarkan oleh Columbia dari pemain trumpet legendaris dan salah seorang innovator dalam dunia jazz Louis Amstrong meraih penghargaan pada tahun ini selain sebelumnya album ini juga memenangkan Grammy Awards ke 43 untuk kategori Best Jazz Historical.

Kategori Events Producer of the Year
George Wein
yang dikenal sebagai pianis dan figur yang membidani Newport Jazz Festival dinobatkan sebagai produser tahun ini, George Wein telah banyak memproduseri album-album terkenal dari para musisi-musisi jazz kenaman antara lain album Complete Town Hall Concert (1962) dari Charles Mingus, Money Jungle (1962) dari Duke Ellington, Konitz (1954) dari Lee Konitz dan album dari Michel Camilo pada tahun 1988.

Kategori Composer of the Year
Pianis dan komposer Andrew Hill meraih kehormatan menyandang gelar sebagai komposer tahun ini. Andrew Hill telah banyak menelorkan album-album yang selalu mendapat pujian dari para kritisi dan pengamat jazz seperti albumnya Point of Departure yang dianggap sebagai album jazz yang sangat inovatif dan pelopor gaya jazz modern pada masanya dan tahun ini pun albumya Dusk cukup mendapatkan pujian dan dianggap sukses.

Kategori Male Singer of the Year
Kategori ini dimenangkan oleh vokalis legendaris Jimmy Scott yang pernah bermain bersama Lionel Hampton dan George Fame.

Kategori Female Singer of The Year
Dianne Reeves
yang baru saja memenangkan Grammy Awards ke 43 untuk Best Jazz Vocal Album meraih penghargaan untuk kategori penyanyi wanita tahun ini.

Kategori Recording Debut of the Year
Penyanyi wanita muda berusia 23 tahun yang pernah memenangkan Theolonius Monk Institute vocal competition Jane Monheit dengan albumnya Never Never Land meraih predikat dalam kategori ini. Jane Monheit dua tahun yang lalu juga dinominasikan di Grammy Awards untuk kategori penyanyi jazz wanita bersama Dianna Krall. Dalam album Never Never land ini Jane dibantu oleh musisi-musisi kenamaan antara lain Ron Carter, Kenny Baron, Hank Crafword, Lewis Nash dan David “Fathead” Newman.

Kategori Afro-Cuban Jazz Album of the Year
Sekali lagi untuk tahun ini Chuco Valdez dengan albumnya Live at The Village Vanguard meraih peghargaan, selain dinobatkan sebagai pemenang untuk kategori ini album Live At The Village Vanguard sebelumnya juga meraih Grammy Award tahun ini dalam kategori Best Jazz Latin Album.

Kategori Brazilian Jazz Album of the Year
Album Everything I Love dari pianis Eliane Elias meraih penghargaan dalam kategori ini, dalam album Everything I love, istri dari trumpetis Randy Brecker ini selain mebawakan komposisinya sendiri juga banyak mengaransir karya-karya jazz standard yang dimainkan dalam irama Brazillian Jazz dan dalam albumnya kali ini Eliane Elias dibantu oleh Marc Johnson, Jack DeJohnette , Rodney Jones dan Carl Allen.

Kategori Small Ensemble of the Year (nonet or smaller)
Setelah hanya mendapat nominasi di Grammy Awards pemain bass Dave Holland bersama grupnya Dave Holland Quintet meraih penghargaan sebagai Small Ensemble of the year dari Jazz Journalist Association untuk tahun ini, quintet ini beranggotakan pemain trombone Robin Eubanks, vibraphonist Steve Nelson, pemain drums Billy Kilson dan saxoponis Chris Potter.

Kategori Large Ensemble of the Year (tentet or bigger, including big bands, jazz orchestras, contemporary symphonies)
Maria Schneider Orchestra yang dipimpin oleh pianis, arranger dan komposer Maria Schneider meraih penghargaan untuk kategori ini, musik yang dimainkan oleh orchestra ini adalah post bob, avant-garde jazz dan modern classical, orchestra ini juga beberapa kali masuk dan bahkan meraih tempat terhormat dalam Readers Poll maupun Critics Poll dari Majalah Down Beat dan salah satu album terbaiknya adalah Evanescence yang direkam pada tahun1992.

Kategori Trumpeter of the Year
Pemain trumpet Dave Douglas yang pernah meraih penghargaan Triple Crown dari majalah Down Beat dan dianggap sebagai salah satu musisi yang brilian meraih gelar sebagi pemain trumpet tahun ini, selain menggarap beberapa proyek musknya Dave Douglas juga banyak membantu musisi lain seperti John Zorn di grupnya Masada, Don Byron, Marc Ribot dan Myra Melford.

Kategori Trombonist of the Year
Wycliffe Gordon,
pemain trombone yang banyak membantu dan terlibat dalam beberapa proyek Wynton Marsalis dinobatkan sebagai pemain trombone tahun ini, albumnya The Search yang dikeluarkan tahun lalu banyak mendapatkan pujian dari para pengamat dan kritikus musik.

Kategori Brass of the Year (tuba, French horn, etc.)
Kategori ini dimenangkan oleh pemain tuba Howard Johnson, selain sukses dengan albumnya Gravity, Howard Johnson juga telah bermain dan membantu para musisi jazz kenamaan antara lain pernah menjadi anggota dari Gil Evans Orchestra dan Charlie Haden Liberation Music Orchestra, bermain bersama Coleman Hawkins, George Benson, Dizzy Gillespie, Muhal Richard Abrams, Jaco Pastorius, David Sanborn, John Scofield , Charles Mingus, Rahsaan Rolland Kirk, Abdullah Ibrahim, John Lennon, Yoko Ono, Taj Mahal dan masih banyak lagi musisi kenamaan lainnya mulai dari yang memainkan jazz sampai rock dan pop.

Kategori Alto Saxophonist of the Year
Predikat sebagai pemain alto saxophone tahun ini diraih oleh Greg Osby, altoist ini adalah salah seorang yang menggagas dan membentuk M-Base Collective bersama Steve Coleman, dikenal sebagai musisi yang memainkan dan memadukan banyak style mulai dari Post Bop, Avant-garde Jazz, Free Funk dan konsep baru M-Base yang dimainkan antara lain dengan kelompoknya Sound Theatre.

Kategori Tenor Saxophonist of the Year
Saxophonis senior dan legendaris Sonny Rollins memenangkan penghargaan sebagai pemain tenor tahun ini. Saxophonist yang sudah bermain sejak tahun 50-an ini juga telah masuk ke dalam Hall of Fame dari Majalah terkemuka Down Beat pada tahun 1973 dan beberapa kali terpilih dalam readers polls dan critic poll dari majalah tersebut, album legendarisnya Saxophone Colossus (1957) dianggap sebagai salah satu peletak dasar jazz modern, dan Sonny Rollins masih aktif bermusik dan mengeluarkan album sampai saat ini.

Kategori Soprano Saxophonist of the Year
Saxophonist wanita Jane Ira Bloom dinobatkan sebagai pemain soprano saxophone tahun ini, saxophonist kelahiran tahun 1955 ini banyak memainkan gaya Post Bop dan Avant-garde Jazz. Saxophonist yang pernah meraih penghargaan dalam Critics Poll dari majalah Down Beat ini albumnya yang bertitel Art and Aviation ditempatkan sebagai salah satu album jazz terbaik oleh majalah Jazz Times, Village Voice, CD Review dan Toronto Star.

Kategori Baritone Saxophonist of the Year
Pentolan dan pendiri dari World Saxophone Quartet, Hamiet Bluiett memenangkan gelar sebagai pemain baritone saxophone tahun ini. Musisi yang dahulu aktif dalam komunitas Black Artist Group ini juga beberapa kali masuk dalam Readers Poll dan Critics Poll di Down Beat dan banyak terlibat dalam komunitas Free Jazz dan Avant Garde Jazz.

Kategori Winds and Reeds of the Year
Marty Ehrlich terpilih untuk memenangkan gelar ini, sebagai seorang pemain reeds dan winds instrument Marty Ehrlich banyak memainkan dan menguasai alat-alat musik tiup seperti saxophone, clarinet, flute dan bass clarinet, permainannya yang bagus membuat dia banyak bermain dan membantu musisi-musisi terkenal antara lain Anthony Braxton, John Zorn, Muhal Richard Abrams dan George Russell. Selain aktif sebagai anggota New York Composer Orchestra, Marty juga telah menghasilkan kurang lebih 15 album solo dan saat ini sebagai salah satu pemain reed di Downtown New York yang diperhitungkan.

Kategori Pianist of the Year
Pianis yang sudah lama berkiprah di dunia jazz, Kenny Baron mendapat kehormatan sebagai pianis tahun ini. Sudah aktif bermain jazz mulai dari tahun 60-an dan bergabung bersama Dizzy Gillespie dari tahun 1962 sampai 1966 dan pada tahun 1980 membentuk grup Sphere bersama Ben Riley dan Buster Williams dan Charlie Rouse yang kemudian digantikan oleh Gary Bartz ,grup ini bertahan sampai sekarang dan cukup sukses sebagai grup yang memainkan gaya Hard Bop.

Kategori Organ-keyboards of the Year
Larry Goldings
pemain organ yang banyak memainkan Hammond B3 ini terpilih sebagai pemain organ dan keyboard tahun ini. Selain beberapa lama bermain bersama gitaris jazz kenamaan Jim Hall, Larry juga merupakan pemain penting dalam beberapa album dari gitaris John Scofield dan sampai saat ini sudah menghasilkan beberapa album solo.

Kategori Guitarist of the Year
Gitaris tahun ini jatuh pada gitaris Bill Frissell, gitaris yang mempunyai gaya unik ini juga telah beberapa kali nangkring di urutan pertama Poll dari Down Beat. Saat ini merupakan figure gitaris yang penting dalam blantika musik jazz dan bermain dengan banyak gaya mulai dari Fusion, Post Bop, Noise music sampai Avant-garde. Frissel juga pemain gitar yang penting dalam grup Naked City yang dibentuk John Zorn, selain terlibat dalam grup John Zorn yang lain seperti Big Gun Down yang legendaris. Selain itu juga bergabung bersama Paul Motian dan menghasilkan beberapa album sukses. Solo albumnya sendiri banyak yang mendapat pujian dari para kritikus dan tahun lalu baru saja mengeluarkan album solo gitarnya yang pertama Ghost Town dan cukup sukses.

Kategori Acoustic Bassist of the Year
Dave Holland
selain memenangkan penghargaan bersama quintetnya juga memenangkan penghargaan secara individual sebagai pemain akustik bass tahun ini. Pemain bass yang bermain mulai dari Post Bop sampai Free Jazz dan Avant-garde jazz ini sudah banyak menghasilkan album solo yang sukses antara lain Conference The Bird (ECM) yang dibantu oleh Anthony Braxton dan merupakan figure musisi penting dengan keterlibatannya pada grup Circle bersama Braxton dan Corea yang dianggap seagai salah satu grup Avant-garde Jazz yang cukup penting. Holland mempunyai kontibusi yang penting dalam era jazz rock awal tahun 70an yang diparkarsai oleh Miles Davis, dia terlibat dengan beberapa album jazz rock dari Miles Davis antara lain Bitches Brew yang legendaris. Banyak juga terlibat membantu beberapa album Anthony Braxton dan Chick Corea selain aktif rekaman solo dan membantu para musisi di ECM.

Kategori Electric Bassist of the Year
Steve Swallow
yang beberapa kali juga meraih penghargaan Poll dari Down Beat memenangkan penhgargaan sebagai pemain bass elektrik tahun ini. Steve juga figure yang ikut dalam mengembangkan jazz modern bersama grup Jimmy Giuffre 3 dan George Russell , selain bersolo karir juga merupakan figure yang penting dalam Carla Bley Big Band dan Michael Mantler Orchestra.

Kategori Strings Player of the Year
Pemain violin wanita Regina Carter dinobatkan sebagai pemain alat musik strings tahun ini. Wanita yang pernah menjadi anggota Uptown Strings Quartet, Straight Ahead dan Strings Trio of New York ini juga salah satu musisi yang sibuk dan terlibat proyek dengan banyak musisi kenamaan seperti Oliver Lake dan Max Roach, juga ikut terlibat dalam album Blood on the Field dari Wynton Marsallis yang memenangkan Pulitzer. Album solonya Motor City Moments yang dikeluarkan tahun lalu dianggap sebagai salah satu albumnya yang sukses.

Kategori Mallets Player of the Year
Musisi jazz muda dan pemain vibraphone Stefon Harris yang juga dijuluki sebagai slah satu the Young Lions memenagkan penghargaan untuk kategori ini. Musisi muda berbakat yang telah mengeluarkan dua album solo juga merupakan anggota dari New York Philharmonic. Bersama Greg Osby dan Jason Moran, Stefon membentuk grup atau proyek New Direction yang cukup sukses.

Kategori Percussionist of the Year
Poncho Sanchez pemenang pemain perkusi tahun ini adalah musisi yang cukup penting dalam perkembangan Latin Jazz, sejak tahun 1975 telah sukses bersama grup dari Cal Tjader dan awal 1980 sudah mulai membuat album solo sendiri. Sebagai pemain perkusi untuk gaya latin yang cukup bagus banyak permintaan dari para musisi lain untuk ketrlibatannya antara lain Duke Ellington, David Benoit dan Stanley Clarke.

Kategori Drummer of the Year
Drumer Hard Bop dan Free Jazz Billy Higgins berhasil mendapatkan anugerah sebagai pemain drum tahun ini. Figur ini mulai diperhitungkan sejak keterlibatannya dengan Ornette Coleman dalam album-albumnya yang memelopori era Free Jazz. Selain itu keterlibatannya dengan banyak musisi kenamaan juga membuktikan bahwa Billy Higgins merupakan drummer yang cukup diperhitungkan, dia sudah banyak terlibat dengsan musisi-musisi antara lain Thelonious Monk, Steve Lacy, Sonny Rollins, Lee Morgan, Donald Byrd, Dexter Gordon, Jackie McLean, Hank Mobley, Mal Waldron, Milt Jackson, Art Pepper, Joe Henderson, Pat Metheny dan David Murray’s big band. Dan Billy Higgins juga merupakan salah seorang drummer yang banyak menjadi inspirasi para pemain drummer muda saat ini.

Selain untuk ketegori-ketegori diatas Jazz Journalist Association Jazz Awards 2001 juga menganugerahi penghargaan khusus untuk bidang Journalisme Jazz, para pemenangnya antara lain. Dan Morgenstern memenangkan Jazz Journalism Lifetime Achievement Award, Chuck Stewart meraih penghargaan untuk Excellence in Photography/the Lona Foote-Bob Parent Award, Bob Blumenthal memenangkan Excellence in Newspaper, Magazine or Online Feature or Review Writing/the Helen Dance-Robert Palmer Award, Michael Bourne dari WBGO-FM meraih Excellence in Jazz Broadcasting/the Willis Conover-Marian McPartland Award, Ken Burn’s “Jazz” dinobatkan sebagai pemenang Best Film/Video Regarding Jazz of the Year, Jazz Times meraih Best Periodical Covering Jazz, Howard Mandel, Bob Brookmeyer, Teddy Charles, Bill Crow, David X. Young, Juan Osaka McFelsnir, dalam David X. Young’s Jazz Loft (JazzMagnet) memenangkan penghargaan Best Jazz Liner Note/Program Note of the Year, Best Jazz Website of the Year dimenangkan oleh www.jazzhouse.org dan Oxford Companion of Jazz karya Bill Kirchner dari Oxford University Press dinobatkan sebagai Best Book on Jazz of the Year.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker