News

3 ALBUM BARU DARI HIGHER OCTAVE JAZZ

Higher Octave Jazz – sebuah perusahaan rekaman yang cukup getol memproduksi album-album bernafas jazz, baru-baru ini melepas 3 album baru dibawah label mereka. Album-album tersebut adalah Paprika Soul, Natural High, dan Shilts.

Paprika Soul, adalah sebuah kelompok yang terdiri dari sejumlah musisi yang memiliki standar internasional dan pernah bekerjasama dengan sejumlah artis seperti Lighthouse Family, Mark Marison hingga Liza Minelli. Album debut di label Higher Octave ini menyajikan Soul-Jazz. Nomor andalan kelompok ini adalah “He Loves You” sebuah nomor vokal Sarah Newell dan Christine Glenn. Selain para vokalis tersebut pendukung kelompok ini adalah Andy Spiller(keyboard, drum programming), Malcom MacFalrane(Gitar), Poli Cousesse(Saksofon), Phil Mulford(bass), Herve Gamillen(saksofon). Sejumlah musisi ini pernah bekerjasama dengan artis seperti Matt Bianco, Shakatak, Liza Minelli, Sammy Davis Jr, Barry White, dan lain-lain.

Album Paprika Soul ini mendapat sambutan yang cukup hangat di kalangan pecinta jazz di UK dan sekitarnya. Jika anda menyukai Basia dan Sergio Mendes mungkin album ini patut anda simak.

Natural High, bermula pada tahun 1998 dimana saat itu Tim Best(piano, keyboard dan gitar) mencoba membuat sebuah ‘gig’ untuk keperluan rekaman. Saat itu Tim Best bisa dikatakan menjadikan Natural High sebagai ‘one-man project’.

Setelah membentuk band “A Way of Life” banyak komposisi yang dihasilkan oleh pianis yang banyak mengadaptasi karya-karya Bill Evans, Herbie Hancock dan Chick Corea ini. Setelah proses itulah lahir album dengan titel “Pacific”, yang berisi 11 track. Album yang beredar dibawah label Higher Octave – untuk pasar AS – ini versi aslinya direkam dibawah label Soulstis untuk wilayah pemasaran UK.

Tim Best banyak menghabiskan waktunya dengan melakukan kolaborasi bersama musisi jazz lainnya dan berkeliling dunia. Salah satu projectnya adalah Down To The Bone, suksesnya tercatat ketika salah satu lagu yang diciptakannya “Brooklyn Heights” mendapat sambutan cukup antusias dan kerap kali diputar dipelbagai stasiun radio di UK dan AS.

Paul “Shilts” Weimar merilis album dengan judul See What Happens. Didukung sejumlah musisi antara lain Mick Wilson(keyboard, gitar dan perkusi), Tony Remy(gitar, vocoder), Mike Casswell(gitar), Dave Goodes(gitar), Paul Turner(electrik bass), Simon Carter(keyboard, hammond & vibes). Album yang terdiri dari 10 lagu ini merupakan solo album yang pertamanya.

Paul yang memulai karir pada usia dini, pernah bergabung dengan National Youth Jazz Orchestra of Great Britain ketika usianya sekitar 15 tahun yang kemudian memberikan jalan untuk bekerjasama bersama sejumlah musisi ternama seperti George Shearing, Mel Tormé, Nancy Wilson, Buddy Greco dan Rosemary Clooney. Jika anda teliti, namanya dapat ditemukan pada kelompok yang cukup populer disini Brand New Heavies – sebuah kelompok Soul & Funk kenamaan. Selain itu, ia juga sempat melakukan tour di AS bersama Jamiroquai.

Agus Setiawan Basuni

Pernah meliput Montreux Jazz Festival, North Sea Jazz Festival, Vancouver Jazz Festival, Chicago Blues Festival, Mosaic Music Festival Singapura, Hua Hin Jazz Festival Thailand, dan banyak festival lain diberbagai belahan dunia.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker