News

PERTUNJUKAN MUSIK JAZZ DARI BELANDA DALAM RANGKA ART SUMMIT INDONESIA 3

Publik pecinta musik khususnya jazz di Jakarta akan kedatangan tamu dari Belanda yaitu Kelompok musik Trio Michiel Braam yang akan tampil selama dua hari di Gedung Kesenian Jakarta, tanggal 19-20 September mendatang pukul 20.00 WIB. Kehadiran kelompok musik ini dalam rangka Art Summit Indonesia III yang berlangsung dari tanggal 27 Agustus hingga 27 September 2001.

Trio Michiel Braam terdiri dari Michiel Braam(piano), Wilbert de Joode(double bass) dan Michael Vatcher(drum). Kelompok ini banyak mendapatkan pujian dari berbagai kritikus musik karena permainan mereka yang energik dan dinamis. “The trio invested their selection with an entertaining, bright and breezy energy and crisp technical virtuosity”, tulis The Wire(UK).

Kelompok Trio ini telah merilis album yaitu Trio BraamDeJoodeVatcher: Monk Materials(Playing the Second Coolbook) dalam format dobel CD yang dirilis oleh label BVHAAST Belanda di tahun 1995. CD pertama yang berisikan 13 nomor karya Thelonious Monk, dan direkam dalam sebuah live program. Sementara CD kedua menghadirkan live quintet bersama Saksofonis Frank Gratkowski(Alto) dan Frank Nielander(Alto) serta Iain Ballamy(Tenor) dengan menyuguhkan 10 komposisi Braam. Anda dapat melihat bagaimana Braam mengajak untuk melewati perjalanan dari swing hingga freejazz yang kaya dengan improvisasi.

Untuk anda yang berminat, tiket masuk seharga Rp. 30.000,- dan Rp. 50.000,- dapat dipesan dengan menghubungi Gedung Kesenian Jakarta, Jl. Gedung Kesenian No. 1, Telpon(62-21) 3808283, 3441892. Tiket juga dapat dibeli di tiket box pada hari pertunjukan.

****

Michiel Braam(piano), lahir pada tanggal 17 Mei 1964, (2 minggu sebelum Eric Dolphy melakukan tour bersama Mengelberg dan Bennink). Selain memimpin Trio Braam, ia juga memimpin Bik Bent Braam, sebuah ensembel yang terdiri dari 13 personel yang selama kurang lebih 10 tahun telah membuktikan bahwa sejarah jazz tetap merupakan sumber dari wawasan musik baru yang tidak ada habis-habisnya. Ia juga menjadi leader pada Quintet Bentje Braam. Braam juga sempat merekam proyek solonya selan proyek lain bersama Bo’s Art Trio, Circus Colourful City, Globe Orchestra dan The Hobbit. Michiel Braam memenangkan penghargaan Podium Prize dari the Foundation for jazz and improvised music di Belanda tahun 1989.

Wilbert de Joode(double bass) lahir tahun 1955. Permainannya dapat disimak pada kelompok seperti Chris Abelen Quintet, Ab Baars Trio, Bik Bent Braam selain tentunya Trio Braam/DeJoode/Vatcher. Ia juga sempat rekaman dengan Cor Fuhler/Han Bennink album Bellagram (1998), Eric Boeren album Cross Breeding(1997).

Michael Vatcher,
selain bersama Trio Braam juga tampil dalam album rekaman bersama Maarten Altena Ensemble, di album City Music(1991), Maarten Altena Octet, album Rif(1987), selain bersama Eric Boeren lewat album Cross Breeding(1997). Ia tak hanya piawai menggebuk drum tapi juga memainkan perkusi. Ia mendapatkan penghargaan the Boy Edgar Prijs pada tahun 1986.(

Agus Setiawan Basuni

Pernah meliput Montreux Jazz Festival, North Sea Jazz Festival, Vancouver Jazz Festival, Chicago Blues Festival, Mosaic Music Festival Singapura, Hua Hin Jazz Festival Thailand, dan banyak festival lain diberbagai belahan dunia.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker