News

PATA MASTERS – GRAFFITI Pata 9

Graffiti” bila didengarkan sekilas akan terkesan banyak mempunyai  gaya post-bob, free jazz dan free improvisation banyak mewarnai komposisi-komposisi dalam album ini dan tentu saja gaya kahas dari musik modern Eropa juga muncul dalam gaya komposisinya atau jika boleh dikatakan merupakan suatu album avant-garde jazz.

Pada  llbum ini musiknya lebih terkesan ada suasana “magis” dan “spritual” yang mengingatkan pada musik-musik dari Don Chery, John Coltrane dan Albert Ayler, juga ada beberapa komposisi yang mengingatkan pada gaya Ornette Coleman, dipadukan dengan basic dari para musisinya yang berlatar belakang musik klasik dan modern Eropa menjadikan musik yang khas dari grup ini apalagi dalam album ini juga sering dimasukkan unsur-unsur musik lain baik beatnya maupun ritmenya.

Pada album “Graffiti” sepertinya improvisasi lebih ditekankan dan menjadi bagian yang utama dari setiap komposisi sehingga dari album ini kita bisa selalu mendapatkan banyak kejutan-kejutan yang ditampilkan oleh permainan para musisinya. Sepertinya inilah salah satu kelebihan dari Norbert Stein yang ide-idenya selalu mengalir sehingga perpaduan-perpaduan dari semua hal terutama gaya musik yang mempengaruhinya bisa dilebur dalam suatu gaya “Pata Masters” yang khas.

Yang istimewa dan khas dari album ini juga adalah permainan macam-macam flute dari Michael Heupel dan permainan bass-slit drum yang sering menjadikan suasana yang khas, selain dari improvisasi saxophone Norbert Stein yang kadang melakukan “over blow” maupun “power play” dalam permainannya, jika kita mendengar beberapa album dari Pata Masters akan ditemui sound yang khas dari Norbert Stein, dengan mendengarkan musik-musik ini setidaknya akan kita temui hal-hal yang baru dan pengalaman-pengalam baru dalam mendengarkan musik jazz.

PATA MASTERS ” GRAFFITI” Pata 9

Komposisi:
Community; Liquid bird; Sharkey’s; Blue stomp; Thermidor; DuduWawa; Basic instinct; Graffiti; X-mas . (51:07)

Musisi :
Norbert Stein, tenor saxophone; Michael Heupel, flute, bass flute, sub-contra bass flute; Horst Grabosch, trumpet; Matthias von Welck, bass-slitdrums; Klaus Mages, drums.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Check Also
Close
Back to top button
Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker