News

DAINIUS PULAUSKAS – PIANIS ASAL LITHUANIA

Jika anda belum memiliki nama pemain jazz dari Lithuania, saatnya anda menambahkan nama Dainius Pulauskas dalam memori kepala anda. Pianis ini dikenal karena formasi kelompoknya Dainius Pulauskas Sextet yang belakangan ini jadi perhatian karena kreatifitas musik dan eksperimentasi jazznya yang kental.

Dainius yang lahir tahun 1960 ini belajar piano di J. Tallat-Kelpsa conservatoire tahun 1975. Lalu melanjutkan ke Vilnius Music Academy tahun 1979. Setelah memenangkan Vilnius Music Academy Contest of Jazz Improvisations tahun 1980 namanya mulai diperhitungkan. Mulai bermain dengan kelompok Oktava Ensemble sejak tahun 1981 dan sangat aktif mulai 1990-an di percaturan musik jazz Lithuania.

Dainius Pulauskas sextetIa membentuk Dainius Pulauskas Sextet tahun 1996 yang setahun kemudian menelorkan debut album bertitel “Penetration” yang banyak mendapatkan sambutan. Pada saat yang bersamaan kelompok ini acap tampil dalam kegiatan festival jazz mulai Lithuania, Jerman, Finlandia, Belarus, Estonia dan Latvia. Selain Dainius Pulauskas sebagai anggota sekaligus leader, juga hadir Valerijus Ramoska(trumpet, flugerhorn), Vytautas Labutis(saksofon, bass clarinet), Vladislav Borkovski(bass), Linas Buda(drum) dan Arkady Gotesman(perkusi).

Album kedua “1999” kemudian dirilis ditahun yang sama dengan judulnya. Masih dengan formasi yang sama plus seorang pemain tenor saksofon tamu Rimantas Brazantais, Sextet ini boleh dikatakan makin matang dengan musik yang mereka mainkan dan komunikasi antar pemain. Musik yang dimainkan merupakan keseimbangan antara gaya ‘fusion’ belakangan dengan musik kontemporer lainnya dengan menciptakan sebuah interseksi diantaranya. Namun uniknya mereka tetap mempertahankan tradisi jazz. Semua komposisi dialbum ini merupakan karya Dainius Pulauskas. “Keseimbangan harmoni antara emosi dan refleksi, nostalgia nan lembut, ataupun gerakan yang spontan merupakan karakteristik dari musiknya”, seperti diungkapkan Alfredas Kukaitis dalam liner-notes album ini. Ada satu lagu dalam album ini yang cukup menarik dari sisi judul yaitu pada track no 2 yang bertitel ‘Ménulis’. Pada posisi yang sama tertulis dalam bahasa inggris ‘Moon’. Bisa diambil kesimpulan sepihak, lagu ini artinya Bulan.

Disatu malam pada saat musim gugur tahun 1998 Dainius Pulauskas tampil di stage yang menakjubkan. Belakangan permainan mereka tersebut direkam dan hadirlah CD berjudul “Autumn Suite”. Sebuah album yang terdiri dari four-part mini-epic yang masing-masing memberikan kebebasan pada personilnya untuk unjuk kemampuan sebagai musisi. Namun lebih dari itu juga menggabung-gabungkan berbagai genre seperti fusion, freeform, retro, progressive, klasik dan lainnya. Dengan kata lain, album ini benar-benar album eksperimental, penuh dengan improvisasi dan berbicara mengenai jazz di Lithuania.

Corak permainan Dainius Pulauskas mengingatkan kita pada gaya Joe Zawinul dan Chick Corea ditahun 70an namun hanya dalam intensitas yang kecil. Ia lebih banyak memberikan ruang terbuka pada musisi lain untuk lebih menonjol tidak hanya pada saat tampil namun juga ketika menulis komposisi.

Peraih Bravo Award dan the best Lithuanian Jazz musician tahun 1998 ini juga meraih Grand Prix of the International Yesterday – Pärnu’99 competition karena proyeknya bersama Neda yaitu “John Lennon’s and Paul McCartney’s Yesterday”. Inipun berlanjut pada tahun 2000 saat meraih Grand Prix pada Birstonas Jazz Festival. Sepanjang tahun lalu ia hadir disejumlah festival diantaranya Jazz Yatra di India, SKIF-5 (Sergey Kuryokhin Festival) di St. Petersburg, Jazz Province’2001, Russia, selain tampil di Porgy&Bess Jazz club Austria.

Kritikus jazz ternama asal Finlandia, R.Haapsamo menyebut musik Dainius Pulauskas “a powerful pulse of modern Jazz”. Belakangan ini Dainius Pulauskas disibukkan dengan aktifitas di Vilnius Jazz Festival, sebuah even jazz bergengsi yang dilangsungkan di Lithuania.

Jika anda tertarik ingin mengetahui Dainius Pulauskas lebih lanjut silahkan kunjungi websitenya dengan mengklik link dibawah ini.

***

Saksikan Dainius Pulauskas Group dari Lithuania di DJI SAM SOE SUPER PREMIUM JAK JAZZ FESTIVAL 2007 “PAINT THE TOWN JAZZ” pada tanggal 23 – 25 November 2007 di Istora Senayan Jakarta.

Link terkait:
http://www.vilniusjazz.lt

Agus Setiawan Basuni

Pernah meliput Montreux Jazz Festival, North Sea Jazz Festival, Vancouver Jazz Festival, Chicago Blues Festival, Mosaic Music Festival Singapura, Hua Hin Jazz Festival Thailand, dan banyak festival lain diberbagai belahan dunia.

Related Articles

Back to top button
Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker