News

FARFARELLO – QUARTET YANG MEMADUKAN JAZZ, FOLK, POP & KLASIK

Kelompok ini berasal dari daerah Balkan. Digawangi oleh Mani Neumann(violin, flute), Ulli Brand(gitar, harmonika), Stefan Wiesbrock(gitar, cello) dan Urs Fuchs pada bass dan perkusi. Dasar musik yang dimainkan mereka adalah mencampur berbagai musik mulai dari folk, klasik, pop hingga jazz dalam sebuah adonan yang tentu saja hasilnya akan terdengar lebih berwarna dan sukar untuk dilupakan. Quartet yang salah seorang personilnya Mani Neumann, dijuluki ‘devils violinist’ ini telah memukau para pecinta musik di seluruh Eropa selama kurang lebih 20 tahun dan telah tampil lebih dari 2000 konser.

Quartet ini pertama kali terbentuk tanggal 5 Desember 1959. Pada waktu itu Ulli Brand yang memainkan gitar bertemu dengan violinis Mani Neumann pertamakalinya. Selang beberapa tahun kemudian trio Farfarello terbentuk di tahun 1982. Setahun kemudian, mereka tampil pertama kali di TV dan melakukan tour keliling Jerman.

CD Farfarello pertama yang judulnya diambil dari nama kelompok ini sendiri, direkam tahun 1984 di Belanda. Disusul rekaman album kedua bertitel “Farfarello 2″(1986). Menariknya ditahun ini, mereka memutuskan untuk berhenti menggunakan kata Trio. Seperti album pertama sejumlah kegiatan televisi pun acap disambangi oleh mereka. Album selanjutnya “Trio” dan “Saravah” menyusul ditahun 1988 dan 1990. Album “Toys” yang diproduseri Tato Gomez membawa Farfarello menset line-up menjadi Sextet dan sejumlah tur keliling Jerman dan Perancis mereka lakonin.

Menyusul berikutnya album “ich fühle”(1997), “farfarello und freunde(farfarello and friends)”(1998). Lalu kompilasi album “farfarello 1984 – 1986” dan “farfarello 1987 – 1994” yang memuat karya-karya mereka dalam rentang waktu tahun-tahun sebelumnya.

Musim panas 2000 lalu, band ini merekam album kesembilan berjudul “Semikolon” yang bertemat di selatan Portugal dan Jerman. Album ini dirilis bulan Pebruary 2001. Permainan string yang kental memberikan atmosfir yang terasa santai disetiap lagu yang diperdengarkan yang merupakan ciri khas Farfarello. Dalam album ini Farfarello juga menghadirkan sejumlah pemain tamu seperti pemain cello terkenal asal Jerman Wolfram Huschke, drummer Ulf Stricker, pemain Harp yang juga bermain di ‘Cologne Symphony Orchestra’ Ulla van Daelen, Natasha Pederson dari New York yang memainkan Oboe dan co-producer sekaligus keyboardis Heiko Schulz.

Jika anda tertarik ingin mengetahui Farfarello lebih lanjut silahkan kunjungi websitenya dengan mengklik link dibawah ini.

Link terkait:
http://www.farfarello.de/

Agus Setiawan Basuni

Pernah meliput Montreux Jazz Festival, North Sea Jazz Festival, Vancouver Jazz Festival, Chicago Blues Festival, Mosaic Music Festival Singapura, Hua Hin Jazz Festival Thailand, dan banyak festival lain diberbagai belahan dunia.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker