News

BRANFORD MARSALIS MELAUNCH LABEL JAZZ BARU

Saksofonis Jazz Branford Marsalis baru-baru ini mengumumkan berdirinya sebuah perusahaan rekaman baru dengan meletakkan nama keluarga yaitu Marsalis Music. Para anggota keluarga ikut berkolaborasi termasuk Ellis Marsalis. Rencananya, produk mereka ini akan didistribusikan oleh perusahaan Rounder Records, yang berlokasi dekat Boston.

“Konsolidasi dari industri rekaman mengarah pada konglomerasi yang telah menyebabkan bisnis (ini) menjadi sebuah mesin pop mega-hit yang hanya berfokus pada kepentingan jangka pendek”, demikian Branford dalam sebuah pernyataannya. “Para artis yang ingin menjadi musisi, dan bukan kreasi untuk kepentingan marketing semata hanya mendapatkan tempat sedikit untuk rekaman”, lanjutnya lagi.

Branford yang acap melakukan tur dan rekaman dengan tokoh-tokoh jazz terkemuka seperti Clark Terry, Art Blakey Jazz Messengers, Herbie Hancock, Miles Davis, dan Sting, selain tentu dengan saudara tertuanya Wynton – akan menjadi artis pertama yang menandatangani kontrak dengan label baru ini. Album terbarunya nanti yang berjudul “Footsteps of Our Fathers” yang merupakan sebuah album tribute untuk John Coltrane, Ornette Coleman, Sonny Rollins, dan Modern Jazz Quartet, diperkirakan akan dirilis pada akhir musim panas tahun ini akan menjadi album pertama yang dirilis untuk label Marsalis Music. Selain itu diharapkan akan diumumkan pula artis lain yang akan bergabung dengan perusahaan rekaman ini.

Sebelumnya Branford dikenal hanya merilis album solo lewat perusahaan rekaman Sony Columbia Records yang dimulai tahun 1983 lewat “Scenes in the City.” Album terbarunya “Creation,” merupakan album klasik kedua yang juga dirilis oleh label yang sama. Didukung oleh New York’s Orpheus Chamber Orchestra, album ini sempat bertengger di No. 2 Billboard’s Top Classical Albums chart akhir Juni lalu.

Bersamaan dengan dirilisnya album ini, Marsalis Music berencana untuk membuat komitmen untuk mendidik para audiensnya lewat program pendidikan dan kebudayaan. Dengan latar belakang Ellis Marsalis sebagai pengajar di University of New Orleans dan Branford di Michigan State dan San Francisco State Universities, perusahaan rekaman ini akan mensponsori kegiatan Marsalis Jams dengan program berfokus pada musisi dan pendengar di kampus yang tertarik. “Kami berharap akan membuat sejarah”, ujar Marsalis, “namun kami akan menjamin akan memberikan kebebasan pada artis untuk menciptakan musik yang hebat”.

Agus Setiawan Basuni

Pernah meliput Montreux Jazz Festival, North Sea Jazz Festival, Vancouver Jazz Festival, Chicago Blues Festival, Mosaic Music Festival Singapura, Hua Hin Jazz Festival Thailand, dan banyak festival lain diberbagai belahan dunia.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker