News

LULUK PURWANTO, MENGGEBRAK 42 UNIVERSITAS DI AMERIKA SERIKAT

Pemain biola sekaligus vokalis kelahiran kota gudeg Yogyakarta, Luluk Purwanto bersama The Helsdingen Trio yang terdiri dari René van Helsdingen(Piano), Marcello Pellitteri(Drum) dan Essiet Okon Essiet(Bass) akan menjamu sedikitnya 42 Universitas di Amerika Serikat mulai tanggal 25 Juni hingga 15 Oktober 2002 deng

Pemain biola sekaligus vokalis kelahiran kota gudeg Yogyakarta, Luluk Purwanto bersama The Helsdingen Trio yang terdiri dari René van Helsdingen(Piano), Marcello Pellitteri(Drum) dan Essiet Okon Essiet(Bass) akan menjamu sedikitnya 42 Universitas di Amerika Serikat mulai tanggal 25 Juni hingga 15 Oktober 2002 dengan The Stage Bus-nya.

Acara yang bertema ‘Born Free’ merupakan kegiatan Cross Cultural Promotion Tour yang bersifat non-profit dengan dukungan dari Kedutaan Amerika Serikat di Jakarta, Kedutaan Besar Belanda, KBRI Washington DC dan KBRI di Roma, Italia.

Luluk Purwanto dan The Helsdingen Trio akan berkeliling sedikitnya ke 24 negara bagian di Amerika Serikat. Mereka akan mampir diantaranya ke Yale University(Connecticut), Cornell University(New York), Florida State University(Florida), University of New Orleans(Louisiana) dan University of California, Los Angeles.

Luluk Purwanto yang kini menetap di Belanda ini, juga pernah mampir ke tanah air dengan stage bus-nya, dan sempat menjamu sejumlah kota seperti Jakarta, Bandung, Surabaya dan kota kelahirannya, Yogyakarta. Lewat program yang juga bertitel sama dengan album terbaru yang dirilisnya ‘Born Free’ lewat perusahaan rekaman Munich Records – yang juga mendukung kegiatan ini – Luluk berusaha meramu sebuah perpaduan musikal dan budaya antara Indonesia, Belanda dan AS.

The Stage Bus sendiri merupakan sebuah bus yang bisa diset untuk sebuah pertunjukan jazz ditempat terbuka yang hanya memakan waktu 10 menit dalam persiapannya. Bersama sang suami, René van Helsdingen, Luluk Purwanto tahun lalu sempat sibuk mengurusi kegiatan seni dan budaya JAK@RT 2001. Beberapa hari yang lalu ia juga sempat terlihat di Jakarta, kabarnya kali ini dalam rangka JAK@RT 2002. Kita boleh bangga ada artis jazz dari Indonesia yang memiliki kemampuan sekaliber Luluk Purwanto.

Selamat dan sukses untuk Luluk Purwanto dan The Stage Bus-nya.

Agus Setiawan Basuni

Pernah meliput Montreux Jazz Festival, North Sea Jazz Festival, Vancouver Jazz Festival, Chicago Blues Festival, Mosaic Music Festival Singapura, Hua Hin Jazz Festival Thailand, dan banyak festival lain diberbagai belahan dunia.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker