News

NANTI MALAM, DAYA BIGBAND TAMPIL DI TVRI!

Daya Big Band dari Institut Musik Daya dibawah pimpinan Tjut Nyak Deviana Daudsjah hari Jumat nanti malam (03/05) dijadwalkan tampil menghibur masyarakat Indonesia di acara Jazzclub mulai pukul 21.30 – 23.00 WIB, langsung studio 7 TVRI. Rencananya Daya Big Band akan membawakan beberapa lagu daerah Indonesia dan tentu lagu rakyat Indonesia yang diaransir dalam irama jazz oleh Tjut Nyak Deviana Daudsjah.

Pendukung Daya Big Band sendiri terdiri 18 orang. Untuk alat tiup terdiri dari Eugene dan Ben(Alto Saksofon), Aziz dan Berto(Tenor Saksofon), Sehat, Riri dan Amar(Trumpet). Pada piano ada Rio lalu Indra dan Donny(bass). Urusan gitar diserahkan pada Yulius, dan penggebuk drum ada Titi & Zulham. Sementara vokal hadir Aziz & Tjut Nyak Deani serta Tjut Nyak Deviana Daudsjah yang juga sekaligus menjadi Conductor & Arranger.

Jazz Big Band Pertama
Namanya memang belum dikenal masyarakat luas, tapi Daya Big Band boleh saja mengklaim dirinya sebagai jazz big band pertama di Indonesia. Dipimpin oleh Tjut Nyak Deviana Daudsjah, big band ini diawaki tak kurang dari enambelas pemain musik muda dan handal.

Disiplin adalah kunci utama sukses dari big band yang usianya masih sangat muda ini. Berlatih seminggu sekali setiap hari Selasa malam di Institut Musik Daya, kita dapat merasakan betapa rancak dan kompak mereka memainkan berbagai komposisi. Suasana akrab dan kekeluargaan antara conductor dengan pemain sangatlah terasa, namun demikian pesan pendidikan selalu diselipkan diantara sesi latihan.

Tampil di Istana Negara
Meski para pemainnya masih terbilang muda, Daya Big Band telah punya portfolio yang layak diperhitungkan. Selain tampil di beberapa event berskala internasional, mereka juga tampil di berbagai kedutaan besar negara sahabat, dan puncaknya adalah di Istana Negara dalam rangka penyambutan PM. Australia bulan Februari 2002 yang lalu.

Apa tidak ingin memperkenalkan Daya Big Band kepada publik secara luas? “Tentu saja kami ingin Daya Big Band dikenal masyarakat luas, tapi saya yakin semuanya perlu waktu, karena kualitas bermusik adalah hirauan utama saya. Kepada anggota Daya Big Band saya selalu tekankan untuk terus mengasah ketrampilan bermusik mereka. Latihan, latihan, latihan!!! Saya ingin Daya Big Band dikenal sebagai Big Band professional dan bertanggung jawab. Selain itu teamworking dan profesionalisme adalah dua hal yang juga selalu saya sampaikan kepada seluruh anggota Daya Big Band, bahkan sampai kepada tim produksi dan tim marketingnya. We deliver quality to the public” demikian tutur Deviana.

Untuk informasi lebih lanjut silakan hubungi: Yayasan Daya Bina Budaya Jl. Taman Kemang I kav. 11 Jakarta Selatan Ph: 71792331

Agus Setiawan Basuni

Pernah meliput Montreux Jazz Festival, North Sea Jazz Festival, Vancouver Jazz Festival, Chicago Blues Festival, Mosaic Music Festival Singapura, Hua Hin Jazz Festival Thailand, dan banyak festival lain diberbagai belahan dunia.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker