FestivalNews

NEW ORLEANS JAZZ ASCONA FESTIVAL, MENIKMATI JAZZ DITEPI DANAU

Sebuah festival jazz bertajuk New Orleans Jazz Ascona akan digelar mulai 28 Juni hingga 7 Juli 2002 di Danau Maggiore kota Ascona, Swiss. Acara yang telah memasuki tahun ke-18 dalam penyelenggaraannya kali ini akan mengambil tema “Stringin’ the Blues”.

Kurang lebih 250 konser secara non-stop akan dihadirkan di 14 panggung resmi. Didukung kurang lebih 300 orang artis yang datang dari berbagai belahan dunia akan meramaikan festival tahunan yang kembali akan diproduseri Karl Heinz Ern yang juga bertindak sebagai art director. Kita akan menemukan berbagai gaya mulai dari ragtime hingga gaya era New Orleans, mulai dari Chicago style sampai be-bop, termasuk blues dan gospel.

Ascona sendiri merupakan tempat yang eksotis. Sebuah kota kecil yang lokasinya kurang lebih 10 kilometer dari perbatasan Italia. Sejarah mencatat pertautan kota ini dengan Monte Verità yang artinya Gunung Kebenaran. Ascona juga dikenal sebagai kota yang tenang, dimana keasrian alam dan kecantikan danau Maggiore merupakan daya tarik untuk anda yang ingin berlibur dan merasakan suasana rilek dan santai.
Tribute to Eddie Lang
Dalam rangka mengenang Eddie Lang yang dikenal sebagai pionir dalam memainkan instrumen gitar, akan hadir lima orang gitaris yaitu Howard Alden, Al Viola, Marty Grosz, Frank Vignola, dan Bucky Pizzarelli asal AS yang akan tampil tanggal 4 Juli. Turut bergabung dengan mereka violinis Andy Stein, Mark Shane(piano), Frank Tate(bass) dan Joe Ascione(drum). Namun sebelum ‘The Guitar Players’ ini tampil sebuah interpretasi ulang karya Eddie Lang bersama Joe Venuti akan dimainkan Dan Barrett(cor/tb), Michael Supnick(tb/cor), Charlie Hollering(cl), Jim Galloway(ss), Luca Velotti(ts/ss/cl), Thilo Wagner(piano), Lino Patruno (guitar), Guido Giacomini(bass), Giampaolo Biagi(drums), Andy Stein(violin) dan Clive Riche (vocals).


Nama-nama beken akan hadir
Nama seperti trumpeter Ed Polcer(New York All Star), Lars Edegran(New Orleans Jazz Show) dan trombonis Dan Barrett akan terbang untuk hadir dalam festival ini. Beberapa legendaris seperti Arvell Shaw yang merupakan pemain bass Louis Armstrong dan Franz Jackson juga menyatakan akan hadir. Dideretan solois akan tampil Jim Galloway, Randy Reinhart, Allan Vaché(clarinet), Mark Shane(piano) bersama penyanyi Juanita Brooks dan Rebecca Kilgore. Dari generasi muda tampil Evan Christopher(klarinet), Duke Heitger(trumpet), Jon-Erik Kellso(trumpet), Joe Ascione(drum) serta Joe Scott Robinson.
Dideretan blues ada nama-nama seperti Albie Donnelly, The Topsy Chapman Singers, Swing Machine yang dikomandoi saksofonis asal Kanada, Johnny Ferreira. Lalu Tony Lynn Washington, penyanyi asal Boston yang dijuluki Queen of Blues selain saksofonis Sam Butera yang usianya telah mencapai 70tahun dan rela terbang dari Las Vegas.


Dari Eropa
Tentu aneh jika tak melibatkan musisi dari Eropa sendiri. Sejumlah musisi mulai dari Perancis, German, Inggris, hingga Swedia dan sudah barangtentu Swiss sendiri akan hadir. Mereka adalah Swedish Jazz Kings yang akan tampil pertama kali disini. Lalu Sestetto Swing di Roma yang dipimpin seorang klarinet sekaligus drummer Emanuele Urso yang baru berusia 19 tahun. Kemudian Blues & Boogie Connection asal Jerman, Banjobreakers asal Italia yang akan memainkan berbagai alat musik banjo seperti mandolin banjo, banjo plectrum, tenor banjo dan 5-string banjo, yang kerap dimainkan dalam jazz klasik. Yang lainnya ada nama Barrellhouse Jazzband, Blue Rhythm Makers, Keith Nichols, Big Band of Paolo Tomelleri yang akan tampil bersama penyanyi Amerika, Bill Ramsey.


Tertarik untuk hadir?
Jika anda ingin menikmati suguhan pertunjukan seperti yang telah kami utarakan diatas, anda dapat menghubungi Tourist Office Lago Maggiore – Tel. +41 091 791 00 91 – Email: buongiorno@maggiore.ch Panitia menyatakan bahwa mereka tidak akan melayani pesanan tiket dimuka. Namun mereka memperkirakan harga tiket untuk 10 hari kurang lebih (75 francs – 50€) atau 3 hari yang dapat anda pilih sendiri sebesar 25 francs atau 17€.

Agus Setiawan Basuni

Pernah meliput Montreux Jazz Festival, North Sea Jazz Festival, Vancouver Jazz Festival, Chicago Blues Festival, Mosaic Music Festival Singapura, Hua Hin Jazz Festival Thailand, dan banyak festival lain diberbagai belahan dunia.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker