News

RCA MERILIS BOX SET DUKE ELLINGTON ‘RARE ELLINGTON’

Sekitar tiga tahun yang lalu, RCA mengeluarkan sebuah box set yang terdiri dari 24 CD (Duke Ellington Centennial Edition) yang berisikan berbagai album Duke Ellington di bawah bendera perusahaan rekaman legendaris itu.

Semasa kontrak dengan RCA DukeEllington banyak menghasilkan album masterpiece-nya, katakanlah seperti ‘The Blanton Webster Band’, ‘Black Brown and Biege’, ‘The Great Ellington Units’, ‘Far East Suite’ dan lain sebagainya. Termasuk juga ada banyak materi yang belum pernah dikeluarkan sebelumnya dan sedikit cuplikan wawancara dengan Duke Ellington. Paling tidak untuk mendengarkan habis bertumpuk-tumpuk CD tersebut dengan nikmat barangkali membutuhkan waktu isebulan atau lebih.

Namun ada hal yang membatasi kebanyakan dari kita, yaitu masalah anggaran untuk membelanjakan koleksi yang sangat berharga tersebut yang sudah barang tentu harganya akan membumbung tinggi, itulah berita buruknya.

Berita baiknya adalah baru-baru ini, RCA mengumumkan akan segera mengeluarkan sebuah box set yang terdiri dari tiga CD yang berjudul ‘Rare Ellington’ paling tidak di bulan Juni mendatang. Komposisi-komposisi yang ada dalam koleksi tersebut tergolong langka. Banyak diantaranya rekaman konser pada masa-masa terakhir Duke Ellington (sebuah era yang sering diabaikan) dan sebuah periode ketika dia banyak menuliskan komposisinya mengenai negara atau kawasan lain seperti ‘Togo Brava Suite’, ‘Far East Suite’ ataupun ‘Latin America Suite’.

Beberapa materi yang ada dalam album ini memang sudah ada dalam koleksi Centennial Edition, namun begitu beratnya jika harus membeli CD sebanyak itu sekaligus. Bisa jadi koleksi ‘Rare Ellington’ ini akan sedikit menutupi kekecewaan kita.

Adapun sinopsis isi materi dalam album ini. Disc one: Tracks 1-12: penampilan di Eastbourne, tahun 1973 (di luar Duke Ellington Centennial Edition). Tracks 13-15: Pittsburgh Jazz Piano Workshop tahun 1965 (di luar Duke Ellington Centennial Edition). Tracks 16-18: Pesta Promosi Newport Jazz Festival, RCA Studio A, tahun 1968 (belum pernah dikeluarkan).

Disc two: Tracks 1-20: The Duke at Tanglewood, 1965 yang disela dengan wawancara Duke Ellington yang menggambarkan musiknya (pertama kali dikeluarkan dalam bentuk album asli dan diluar Duke Ellington Centennial Edition. Bagian wawancaranya pertama kali dikeluarkan di luar sebuah rekaman promosional untuk iklan radio). Tracks 21-28: Tanglewood pada waktu rehearsal (sebelumnya belum pernah dikeluarkan).

Disc three: Tracks 1-11: Reader’s Digest tracks, 1969 (sebelumnya hanya tersedia dalam bentuk piringan hitam edisi terbatas dari Reader’s Digest). Tracks 12-26: Reader’s Digest additional tracks and outtakes, 1969 (belum pernah dikeluarkan sebelumnya).

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker