NewsProfile

ELLERY ESKELIN

ELLERY ESKELINMusisi jazz kelahiran Whicitta Kansas pada 16 Agustus 1959 ini tergerak untuk memainkan jazz karena pengaruh ibunya yang menjadi musisi professional dan bermain organ, setelah banyak bermain dengan band-band lokal.

Ellery Eskelin pada tahun 1977 mendaftarkan pada suatu institusi untuk belajar saxophone klasik dengan Joseph Briscuso selain juga belajar woodwinds (flute dan klarinet) pada beberapa anggota pemain Baltimore Symphony Orchestra, Ellery kemudian bermain jazz dan menjadi anggota Towson State Jazz Ensemble pimpinan Hank Levy.

Pada tahun 1981 dia lulus dengan gelar Bachelor of Science untuk music Performance. Pada tahun 1983 hijrah ke New York dan meneruskan studi pada pemain saxophone Geoge Coleman dan David Liebman. Tahun 1987 Ellery berkesempatan rekaman bersama pemain trumpet terkemuka Paul Smoker dan juga bassist Drew Gress dalam album Joint Venture.

Akhir tahun 80-an tour ke Eropa dan membuat beberapa rekaman bersama musi jazz kondang Phil Haynes dengan ensemblenya “4 Horn & What?”

Debut pertama Ellery dalam rekaman solonya dimulai pada tahun 1988 dibantu oleh Drew Gress dan Phil Haynes, dia membentuk Trio dan merekam album pertamanya “Setting The Standard” dibawah label Cadence Jazz, disusul album keduanya “Forms” pada tahun 1990 dibawah label Open Mind. Disamping itu Ellery juga masih bermain dan membantu beberapa proyek musisi lain seperti Joey Baron dengan grupnya “Baron Down”.

Ellery dalam membentuk sebuah grup sering memunculkan ide-ide yang baru diman dia membentuk grup dengan memakai musisi-musisi dengan instrumen-instrumen yang tidak lazim dan juga rhythm section yang tidak standard dan hal ini menawarkan sesautu yang lain dari musiknya.

Seperti pada tahun 1994 Ellery bersama Andrea Parkins yang memainkan Accordion dan sampler dan Jim Black yang bermain perkusi dan drum membentukj sebuah Trio dan debut pertama Trio tersebut direkam di label Songline bertitel “Jazz Trash” pada tahun 1995. Album ini menawarkan sesuatu yang baru dan konsep yang baru, keunikan dan kepiawaian Ellery baik sebagai komposer maupun performer banyak mendapat sambutan yang positif dari para pengamat musik jazz.

Beberapa album selanjutnya dari Trio ini banyak di rekam di label independen terkemuka hatOLOGY, album “Five Other Pieces (+2)” yang dirilis tahun 1988 mendapat kategori Excellent dari DownBeat Magazine, dan pada tahun itu pula Ellery mendapatkan gelar dan menduduki rangking teratas “Talent Deserving of Wider recognition” dari Annual Critics Poll ke 46 majalah Down Beat dan majalah ini mengomentari Ellery “One of great emergent talents of our time” dan “A major player in today’s creative music”, sedangkan The Villager memberikan komentar “One of the important jazz figures of his generation”.

Bahkan album solo saxophonenya yang diproduksi sendiri yaitu “Premonition” sekarang sudah menjadi pencarian dan incaran para kolektor.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker