NewsProfile

NOMINASI CALON PEMENANG BBC RADIO JAZZ AWARD TELAH DIUMUMKAN

Nominasi calon pemenang BBC Radio Jazz Award telah diumumkan. Sedangkan acara pengumuman pemenangnya akan diselenggarakan di Queen Elizabeth Hall London pada tanggal 31 Juli 2002 mendatang.

Penyelenggaraan BBC Radio Jazz Award ini kebetulan bersamaan dengan meningkatnya ketertarikan masyarakat Inggris terhadap musik jazz sekalipun penyelenggaraan pada tahun ini merupakan yang kedua kalinya. Coba lihat penyanyi Robbie Williams pun menyanyikan dengan gaya yang lebih nge-jazz dari pada sebelumnya atau pun album konser terbaru dari Sting yang dibantu oleh Christian McBridge dan Christ Botti.

Selain itu, ada RadioHead, St. Germain dan Courtney Pine bermain di Hyde Park, jutaan kopi album Diana Krall terjual. Di kawasan “underground” masih eksis orang-orang veteran seperti John Surman, Derek Bailey, Evan Parker dan Paul Rutherford.

Menurut Mintel menunjukan bahwa musik jazz masih menjadi musik pertunjukan yang paling populer di Inggris. Renaissance ini tercermin dalam ribuan daftar undangan yang diharapkan dapat menghadiri perayaan yang gemilang ini.

Berbagai opini atas lebih dari seratus anggota dalam kalangan industri musik di Inggris telah dikumpulkan dan tiga nominator yang paling populer dari masing-masing katagori ini antara lain adalah:

BEST ALBUM:
‘Alan Barnes and the David Newton Trio bersama tamu spesial Conte Candoli – Manhattan (Concord Records)’, ‘Jazz Jamaica All Stars – Massive (Dune Records)’ dan ‘Brian Kellock Trio – Live At Henry’s (Caber Music).

BEST BAND: ‘Guy Barker Septet’, ‘Dave O’Higgins Biggish Band’ dan ‘Jazz Jamaica All Stars’.

BEST VOCALIST: ‘Stacey Kent’, ‘Claire Martin’ dan ‘Ian Shaw’.

BEST INSTRUMENTALIST: ‘Alan Barnes’, ‘Brian Kellock’ dan ‘John Surman’.

RISING STAR: ‘Ben Castle’, ‘Soweto Kinch’ dan ‘Robert Mitchell’.

BEST NEW WORK: ‘Simon Fell – 13 Rectangles’, ‘John Taylor – Green Man Suite’ dan ‘Stan Tracey & Clark Tracey – Continental Drift’.

JAZZ INNOVATION: ‘Matthew Bourne’, ‘Springheel Jack’ dan ‘Oren Marshall’.

SERVICES TO JAZZ: ‘Gary Crosby’, ‘Chris Hodgkins’ dan ‘David Mossman’.

JAZZ HERITAGE: akan diumumkan dalam acara penyerahan penghargaan.

LIFETIME ACHIEVEMENT: akan diumumkan dalam acara penyerahan penghargaan.

INTERNATIONAL ARTIST OF THE YEAR: seorang komposer dan pemain trumpet dari Afrika Selatan Hugh Masekela akan mendapatkan penghargaan ini.

Upacara penyerahaan penghargaan ini akan dituanrumahi oleh seorang penyiar Radio, TV, pemimpin band Jools Holland bersama Courtney Pine sebagai salah satu pemenang dari BBC Radio Jazz Award tahun 2001.

Dalam acara tersebut akan dimeriahkan juga dengan penampilan dari beberapa nama besar dalam musik jazz. Selain itu, para pemain yang akan tampil dipilih diantara para pemain yang paling bersinar yang ada dalam berbagai nominasi tersebut dengan tambahan beberapa bintang tamu. Acara ini akan disiarkan juga melalui radio BBC 2 pada tanggal 5 Agustus 2002 jam 7.00 – 8.30 pm (waktu setempat) dan radio BBC 3 dalam acara Jazz Line-Up pada tanggal 3 Agustus 2002 pukul 4.00 pm (waktu setempat).

Informasi lebih lanjut bisa didapatkan di BBC Radio 2 Online: www.bbc.co.uk/radio2 dan BBC Radio 3 Online: www.bbc.co.uk/radio3.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker