NewsProfile

GITARIS BALAWAN AKAN TAMPIL DI GOETHE HAUS 7 AGUSTUS MENDATANG

Sebuah konser jazz akan kembali disuguhkan untuk anda yang berdomisili di Jakarta. Adalah gitaris asal Bali, I Wayan Balawan dengan kelompok Balawan Trio yang dijadwalkan manggung di Auditorium GoetheHaus – Goethe Institut di Jl. Sam Ratulangi Menteng, Jakarta pada Rabu, 7 Agustus 2002 Pukul 19.30.

Untuk anda yang tertarik menonton pertunjukan menarik ini, informasi dan tiket dapat dibeli/pesan lewat WartaJazz.com dengan HTM sebesar Rp. 50.000,-. Silakan hubungi kami di No. Telepon (021) 8310769. Tempat terbatas. Buruan!.

***

Balawan - Balawan(Acoustic Music Records)Sekilas tentang Balawan

Pria kelahiran Gianyar, Bali pada 9 September 1972 ini mulai bermain gamelan pada usia 8 tahun dan mulai belajar gitar pada usia 12 tahun. Ia mendapat beasiswa untuk belajar di Australian Institute of Music di Sydney selama 3 tahun. Beberapa tahun belakangan ini Balawan mulai mendalami teknik bermain gitar yang dikenal sebagai touch technique (tapping technique) dengan menggunakan 8 jari yang menyerupai piano. Dimana tangan sebelah kiri berfungsi memainkan kord dan bass sedang tangan kanan memainkan melodi.

Sekembalinya ia dari Australia tahun 1997, Balawan kemudian membentuk kelompok Batuan Ethnic Fusion yang terdiri dari I Wayan Balawan, I Wayan “pecok” Suastika, I wayan “mangku” Sudarsana, I Nyoman Marcono, I Nyoman “panak supire” Suwidha, I Gusti Agung Bagus Mantra, I Gusti Agung Ayu Risna Dewi dan Ito Kurdhi.

Kelompok ini tampil secara reguler di Bali, juga sempat tampil di Jakarta Jazz Festival tahun 1997. Oktober 1999, Balawan & Batuan Ethnic Fusion merilis album debut mereka yang berjudul gloBALIsm. Sebuah album yang digarap oleh produser Dewa Budjana, dengan label Chico & Ira Productions dan didistribusikan oleh Aquarius Musikindo. Komposisi yang ditawarkan merupakan paduan antara musik tradisional Bali dengan sentuhan modern, dengan lirik yang mencampurkan bahasa Bali dan Inggris. Terdapat juga penampilan Balawan secara solo dan duet dengan Dewa Budjana.

Tahun 2001 lalu, I Wayan Balawan lewat sebuah label Jerman, Acoustic Music Records merilis album yang diberi titel sesuai dengan namanya sendiri, Balawan. Album ini berisi 17 lagu yang merupakan paduan antara nomor standar dan orisinil bahkan tradisional bali yang khas

Agus Setiawan Basuni

Pernah meliput Montreux Jazz Festival, North Sea Jazz Festival, Vancouver Jazz Festival, Chicago Blues Festival, Mosaic Music Festival Singapura, Hua Hin Jazz Festival Thailand, dan banyak festival lain diberbagai belahan dunia.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker