News

WORLD PORT JAZZ FESTIVAL, SAJIAN DARI ROTTERDAM

Kini, festival jazz di negeri Belanda tidak lagi hanya menjadi monopoli kota Den Haag. Kota Rotterdam menyajikan sebuah alternatif lain yang bertajuk “World Port Jazz Festival”. Walaupun festival ini baru diselenggarakan untuk yang kedua kalinya, namun potensi yang dimiliki cukup besar. Sama seperti pada penyelenggaraan tahun lalu, festival ini diadakan selama akhir pekan; kali ini tepatnya pada tanggal 21 sampai dengan 23 Juni 2002.

Festival tahun ini menampilkan pula musisi dari Indonesia, yaitu Elfa’s Singers. Mereka akan tampil di “Hotel New York”, Sabtu 22 Juni mendatang, pukul 15 waktu setempat. Sebelum Elfas, akan tampil kelompok London Community Gospel Choir yang membuka acara pada pukul 14 waktu setempat.

Festival ini sendiri akan digelar di beberapa lokasi sekaligus, yaitu: Luxor Theater, Rotterdam Jazz Tent, Cruise Terminal, LasPalmas, Pakhuis Meesteren, Rijnfoyer Podium, serta Cruise Club “Jazz Dizzy”. Sedangkan pertunjukan yang berlokasi di “Hotel New York” adalah pertunjukan ekstra yang gratis. Seluruh lokasi tersebut terpusat di “De Wilhelminakade”, yang disebut-sebut sebagai lokasi festival paling modern di Belanda.

Berdasarkan laporan koresponden WartaJazz di Delft, Belanda Gea O.F. Parikesit, dipastikan sejumlah musisi jazz manca negara yang akan tampil di festival ini adalah Freddy Cole, Randy Crawford, Jazzanova, serta George Duke Band.

Sejauh ini, greget dan publikasi World Port Jazz festival masih terasa kurang. Kita nantikan saja, apakah festival yang berlokasi di Rotterdam ini mampu menyaingi reputasi North Sea Jazz Festival, yang akan diselenggarakan untuk ke-27 kalinya di Den Haag bulan Juli mendatang

Agus Setiawan Basuni

Pernah meliput Montreux Jazz Festival, North Sea Jazz Festival, Vancouver Jazz Festival, Chicago Blues Festival, Mosaic Music Festival Singapura, Hua Hin Jazz Festival Thailand, dan banyak festival lain diberbagai belahan dunia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker