News

WEAVER OF DREAMS, SUGUHAN DARI KRIS ADAMS

Masih ada beberapa penyanyi jazz pendatang baru beberapa tahun terakhir ini. Salah satunya adalah Kris Adams. Berkaitan dengan artis baru ini, baru-baru ini Jazzbird Records mengumumkan album keduanya yang berjudul ‘Weaver of Dreams’ segera dikeluarkan.

Sebagaimana album ini sebagai tindaklanjut dari album pertamanya yang cukup sukses ‘This Thing Called Love’ tiga tahun yang lalu. Album ini mendokumentasikan atas kelompoknya yang serba bisa selama beberapa tahun ini dengan sepuluh aransemen komposisi-komposisi standar untuk formasi quartet, quintet maupun sextet garapan Kris Adams bersama suaminya Steve Prosser yang sekaligus juga sebagai pianisnya.

Sementara pemain yang lain adalah Matt Marvuglio (flute), Greg Hopkins (trumpet), Dino Giovani (saxophone), Tim Ray (piano), Paul Del Nero (bass) dan Bob Tamagni (drum). Sedangkan penulis liner note-nya adalah kritikus jazz Bob Blumenthal.

Dia mengembangkan perannya dengan kreatif dalam ‘Weaver of Dreams’ dengan sebuah perubahan kalau dibandingkan dengan albumnya yang pertama di mana bernyanyi adalah tanggungjawab utamanya. Selain itu, dengan latar belakang akan pengalamannya sebagai guru mata kuliah harmoni di Berklee College of Music, Adams lebih banyak memberikan sentuhan harmonisasi ulang akan daya ciptanya dan aransemennya sendiri untuk memberikan sebuah suasana yang “non-mainstream” sampai menampilkan kemampuan olah vokalnya.

Sebagaimana komentar Adams sendiri, “Materi dikembangkan dari permainannya sehingga saya dapat mengambil lebih banyak kesempatan. Ada ruang improvisasi yang lebih besar dan saya membentangkannya lebih jauh lagi karena saya sendiri yang memberikan aransemennya termasuk juga karena secara alamiah saya sudah akrab dengan materi tersebut.

Saya membayangkan dengan seperti apa yang dilakukan oleh Chet Baker ketika dia memainkan ‘It Could Happen To You’. Lagu tersebut saya aransemen ulang untuk tiga suara dan dinyanyikan di mana semua bagiannya sebagai penghormatan kepada Baker. Saya juga membuatkan aransemen untuk flute, trumpet dan saxophone. Dalam album ini ada berbagai kombinasi yang berlainan”.

Informasi lebih jauh dengan Kris Adams dapat ditemui di www.krisadams.com dengan contact person Scott Menhinick.

Agus Setiawan Basuni

Pernah meliput Montreux Jazz Festival, North Sea Jazz Festival, Vancouver Jazz Festival, Chicago Blues Festival, Mosaic Music Festival Singapura, Hua Hin Jazz Festival Thailand, dan banyak festival lain diberbagai belahan dunia.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker