News

STICKS & STONES, KELOMPOK ANYAR DARI CHICAGO

Sebuah trio asal Chicago yang baru berusia 3 tahun bernama Sticks & Stones mencoba menginjakkan pertama kalinya dalam industri musik dengan akan dikeluarkan albumnya yang berjudul sama dengan nama kelompok itu ‘Sticks & Stones’ di bawah label 482 Music.

Personil trio ini terdiri dari Matana Roberts (alto sax), Joshua Abrams (bass) dan Chad Taylor (drum). Perayaan dalam rangka peluncuran album perdananya ini akan dilakukan di Velvet Lounge Chicago pada tanggal 12 Juli 2002 dan di Jazz Gallery New York pada tanggal 18 Juli 2002 dengan bintang tamu pianis Vijay Iyer.

Sebagamana halnya dengan pengakuan dari Matana Roberts sendiri, “Saya kira kami semua menyadari bahwa hanya dari beberapa kali saja tampil bersama ada sesuatu yang tidak bisa dijelaskan. Suasana yang mengasyikkan tersebut begitu otomatisnya muncul dan kita dapa mengembangkan dari titik itu. Karakter kami benar-benar sebuah hal yang kolektif dan apa yang anda dengarkan dalam album itu merupakan musik yang terhormat yang direkaman dengan cara yang sama. Kehormatan adalah kata favorit saya untuk menggambarkan ‘Sticks & Stones’ karena kami meneruskan tradisi dari Chicago dengan mengukir ciri khas kita sendiri”.

Meskipun hampir semua anggota trio tersebut tidak lama lagi akan meninggalkan Chicago, namun Sticks & Stones bangga akan kotanya dan ciri khas kemandirian para musisi terkenal yang muncul dari kota tersebut.

Roberts sendiri adalah anggota dari sebuah lembaga yang bersejarah Association for the Advancement of Creative Musicians atau yang lebih populer dengan singkatan AACM. Joshua Abrams dan Chad Taylor sendiri dengan beberapa musisi inovatif dari Chicago pernah membentuk sebuah ensemble.

Abrams yang mendemonstrasikan kemampuannya yang luwes dan ekletis tersebut pada awal tahun ini me-release sebuah album solo yang berjudul ‘Busride Interview’ (Lucky Kitchen), anggota dari ‘Town and Country’ (Thrill Jockey) dan tampil dalam albumnya David Boykin, ‘Expanse’ (Dreamtime).

Sementara Chad Taylor adalah pemain drum ensemble terkenal dari Chicago, Chicago Underground (Delmark) dan pernah tampil bersama Joe McPhee, Roscoe Mitchell, William Parker, Peter Brotzmann serta masih banyak lagi. Dalam album baru ini mereka mengetengahkan beberapa karya mereka sendiri. Informasi lebih lanjut mengenai Sticks & Stones ini dapat dijumpai di www.482music.com atau dengan Mike Lintner

Agus Setiawan Basuni

Pernah meliput Montreux Jazz Festival, North Sea Jazz Festival, Vancouver Jazz Festival, Chicago Blues Festival, Mosaic Music Festival Singapura, Hua Hin Jazz Festival Thailand, dan banyak festival lain diberbagai belahan dunia.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Check Also
Close
Back to top button
Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker