NewsProfile

KONSER SIMAKDIALOG DAN PELUNCURAN TRANCE/MISSION

Sebuah hiburan menarik akan kembali digelar untuk anda pecinta jazz di Indonesia. Adalah kelompok simakDialog yang akan menggelar sebuah pertunjukan bertempat di Gedung Kesenian Jakarta, Hari Rabu, (17/07) pukul 19.30 wib mendatang.

simakDialog yang dalam kesempatan ini juga akan meluncurkan album ketiganya ‘Trance/Mission’ setelah sebelumnya merilis album Lukisan dan Baur, akan tampil dengan formasi baru seperti yang pernah mereka tampilkan di Malaysia 4-5 Februari 2002 lalu. Mereka adalah Riza Arshad(keyboard), Tohpati(gitar), Budhy Haryono(drum), Aditya(bass), Jalu G Pratidina(kendang) dan Adi Dharmawan yang memegang beberapa instrumen.

Kelompok yang didirikan oleh Riza Arshad dan Arie Ayunir(drum), Indro Hardjodikoro(bass) dan Tohpati(gitar) tahun 1993 ini telah melakukan pergantian personil beberapa waktu yg lalu. Arie yang juga drummer band terkenal Potret, telah mengundurkan diri dan saat ini tengah menetap di AS. Posisinya lantas digantikan oleh Budhy Haryono yang juga penggebuk drum, band pop-rock GIGI. Sementara pada bassis saat ini diisi oleh Aditya yang sebelumnya dipegang Indro Hardjodikoro.

Dengan formasi lama, dua album telah diluncurkan oleh simakDialog yakni ‘Lukisan’ dan ‘Baur’. Penjualan kedua album ini terbilang lumayan. Bahkan untuk ‘Lukisan’ saat ini sudah sangat sulit -jika tak bisa menyebutkan ‘sold out‘- ditemukan ditoko-toko kaset ditanah air.

simakDialog kerap tampil dipelbagai panggung terutama di pulau Jawa. Mereka juga pernah tampil diberbagai tempat termasuk diantaranya Batam Jazz Festival, Jazz Goes to Campus – UI dan Jakarta Jazz Festival dari 1994 hingga 1997. Bahkan awal tahun ini seperti disebutkan diatas, simakDialog diundang oleh Dewan Filharmonik Petronas di Malaysia untuk tampil disana yang sekaligus merupakan penampilan perdana simakDialog didunia internasional.

Corak musik yang diusung simakDialog terbilang unik. Mereka mencoba memainkan musik jazz dengan banyak pengaruh dari gaya Eropa yang dipadu dengan nuansa khas Indonesia. Mereka juga menggabungkan permainan alat elektrik dan akustik. Dengan dukungan materi pemain yang sudah cukup berpengalaman, simakDialog tentu berharap penampilan mereka akan memberikan tontonan yang menarik untuk masyarakat khususnya pecinta jazz.

Untuk anda yang tertarik menonton acara ini, tiket dapat dibeli/pesan di Gedung Kesenian Jakarta, Jalan Gedung Kesenian 1 Jakarta 10710 Phone : (021) 3808283 – 3441892 Fax. : (021) 3810924
e-mail : tu@gkj-online.com. HTM Rp 50.000,- & Rp 35.000,-

Agus Setiawan Basuni

Pernah meliput Montreux Jazz Festival, North Sea Jazz Festival, Vancouver Jazz Festival, Chicago Blues Festival, Mosaic Music Festival Singapura, Hua Hin Jazz Festival Thailand, dan banyak festival lain diberbagai belahan dunia.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker